Penerapan Strategi Modelling The Way untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Melakukan Sholat Wajib pada siswa SD
RiyaniÂ
12 Universitas Fatmawati  Bengkulu, Indonesia
Abstrak:
Â
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan dalam melaksanakan sholat wajib pada siswa SD melalui penerapan strategi Modelling The Way. Strategi ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempraktikkan keterampilan yang dipelajari dengan cara mendemonstrasikannya. Penelitian dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam memahami syarat dan rukun sholat, serta peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada akhir siklus kedua, seluruh siswa dinyatakan tuntas. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya penerapan metode pembelajaran yang bervariasi dalam Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran praktik ibadah seperti sholat.
Â
Kata Kunci: Modelling The Way, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Sholat Wajib, Pendidikan Agama Islam).
 Pendahuluan
Sholat merupakan rukun Islam kedua yang wajib dilaksanakan oleh setiap Muslim. Sholat lima waktu adalah bentuk ibadah harian yang menjadi kewajiban dan tanggung jawab bagi setiap umat Islam yang sudah mencapai usia baligh. Oleh karena itu, sejak dini, siswa sekolah dasar harus diberikan pemahaman dan keterampilan yang baik dalam melakukan sholat. Â pembelajaran tentang sholat telah menjadi bagian dari kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI). Namun, hasil observasi menunjukkan bahwa banyak siswa belum mampu melaksanakan sholat dengan benar, baik dalam aspek gerakan maupun bacaan.
Pembelajaran yang bersifat praktikal seperti sholat menuntut metode pengajaran yang lebih dari sekadar pemberian materi secara teoritis. Salah satu strategi yang dianggap efektif adalah Modelling The Way, yang menekankan pada demonstrasi keterampilan yang harus dikuasai siswa (Hisyam Zaini, 2008). Strategi ini memungkinkan siswa untuk belajar dengan cara mencontoh dan mempraktikkan langsung di depan kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas strategi Modelling The Way dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan siswa kelas IV dalam melaksanakan sholat wajib.