Mohon tunggu...
Riyana Mustikawaty
Riyana Mustikawaty Mohon Tunggu... Guru - guru

saya hobi memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Matriks Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Bandar Negeri Suoh

28 November 2023   10:35 Diperbarui: 28 November 2023   10:50 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MATRIKS PESERTA DIDIK KELAS XI 

SMA NEGERI 1 BANDAR NEGERI SUOH 

Riyana mustikawaty

SMA Negeri 1 Bandar Negeri Suoh

ABSTRAK

Pembahasan pada laporan best practice ini yaitu tentang "Problem Based Learning (PBL) Meningkatkan hasil Belajar Matematika Materi Matriks Peserta didik Kelas  SMA Negeri 1 Bandar Negeri Suoh" sengaja penulis pilih untuk memecahkan permasalahan pada kompetensi. 4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 3 x 3. Hal itu dilakukan karena hasil belajar Matematika peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Negeri Suoh Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024 rendah. Oleh karena itu penulis berusaha memecahkan permasalahan pada kompetensi dasar tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Adapun tujuan penulisan laporan best practice ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Matematika pada Relasi dan Fungsi. Adapun yang menjadi subjek Penerapan pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Negeri Suoh. Pelaksanaan pembelajaran dengen model Problem Based Learning (PBL) sangat efektif dan berdampak pada peningkatan hasil belajar secara klasikal. Kesimpulan yang dapat diambil pada laporan best practice ini yaitu, pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, proses pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) sebaiknya mengikuti langkah-langkah sesuai prosedur pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL). Dampak positif dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran  kelas XI SMA Negeri 1  materi Matriks yaitu adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, hal ini terlihat dari adanya peningkatan rata-rata ketuntasan klasikal yang pada kondisi awal nilai rata-rata yang diperoleh 73 dan ketuntasan klasikal sebesar 45,62 % menjadi nilai rata-rata 75 dan ketuntasan klasikal sebesar 85,71 % (137 orang).

Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Metode Problem Based Learning (PBL), Prestasi, Matriks

 PENDAHULUAN

Belajar matematika harus menekankan pada pembelajaran pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Sikap ilmiah biasa dikembangkan ketika siswa melakukan diskusi atau kerja kelompok karena pada saat itulah berlangsung kerjasama sehingga diperoleh pengetahuan yang lebih banyak. Dengan demikian tugas guru adalah membangkitkan semangat belajar peserta didik dan meningkatkan partisipasi mereka dengan cara menciptakan suasana belajar yang dinamis, harmonis, menarik dan menciptakan komunikasi dua arah.

Guru harus bertindak sebagai fasilitator untuk membentuk dan mengembangkan pengetahuan, bukan untuk memindahkan pengetahuan. Oleh karena itu, apabila guru mengajar tanpa memperhatikan kemampuan peserta didik sebelum materi diajarkan, guru tidak akan berhasil menanamkan konsep yang benar dan hanya sebagian peserta didik yang mampu memahami materi yang diajarkan oleh guru.

Model pembelajaran matematika yang dapat mengakomodasi kepentingan untuk mengkolaborasikan pengembangan diri didalam proses pembelajaran adalah model Pendekatan Problem Based Learning (PBL), yaitu membelajarkan kepada siswa ketrampilan dan kerja sama dan berkolaborasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun