Mohon tunggu...
Rita Nur Rahayu
Rita Nur Rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta - Pendidikan Sosiologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Program Kesejahterahan Masyarakat di Masa Pandemi (Studi PT Gojek Indonesia)

3 November 2021   02:54 Diperbarui: 3 November 2021   02:58 526
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rita NUr Rahayu - 1405618055

Universitas Negeri Jakarta - Pendidikan Sosiologi 

Latar Belakang Masalah 

World Health Organization menjelaskan bahwa Coronavirus adalah virus yang menginfeksi sistem pernafasan. Infeksi virus ini disebut Covid-19. Pernafasan Timur Tengah dan Sindrom Pernafasan Akut Parah . Virus Corona adalah zoonatic yang artinya ditularkan antara hewan dan manusia. 

Setiap negara yang berjibaku dalam mempertahankan dan menyelamatkan jutaan jiwa yang tengah berjuang melanjutkan hidupnya ditengah serbuan virus ini maupun mempertahankan keberlangsungan roda kehidupan stagnat bahkan menurun tajam yang disebabkan oleh hadirnya virus ini. Kesehatan dan ekonomi menjadi salah satu factor kehidupan yang terpengaruh paling besar. 

Salah satu gerakan yang paling fenomenal adalah gerakan 3M dan gerakan mencuci tangan. Kesadaran masyarakat akan kesehatan pun semakin meningkat akibat gerakan ini. Bahkan sector ekonomi turut terdorong mundur karena pembatasan aktivitas dan tingkat kewaspadaan masyarakat yang meningkat sehingga menimbulkan kewaswasan tersendiri dalam melaksanakan roda perekonomian. Kegiatan hampir beralih ke online, namun ini bukan solusi yang pasti dalam menghadapi masalah ini.

Namun, Covid19 tidak hanya berdampak negatif, tetapi juga berdampak positif bagi Indonesia. Peluang penguatan ekonomi nasional juga dapat terwujud karena pemerintah akan memprioritaskan dan memperkuat daya beli dalam negeri daripada menarik keuntungan dari luar negeri. Kondisi ini juga bisa dijadikan koreksi agar investasi tetap stabil meski ekonomi global sedang goyah. Ekonomi merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan manusia. 

Dapat dilihat bahwa manusia membutuhkan ekonomi dalam kehidupan sehari-harinya. Adanya perekonomian dapat memberikan peluang bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pentingnya ekonomi dalam kehidupan manusia mewajibkan negara untuk mengatur kebijakan ekonomi dan menjamin perekonomian  warga negara, khususnya di Indonesia yang memproklamirkan diri sebagai negara kesejahteraan (welfare  staat). Oleh karena itu, stabilitas perekonomian nasional harus dijaga untuk kepentingan bersama. 

Melihat kondisi saat ini akibat pandemi Covid-19  yang meruntuhkan perekonomian Indonesia, tidak bisa dikatakan bahwa resesi jauh dari Indonesia. Banyak pihak yang akhirnya turun bahu membahu dalam mengatasi masalah penyebaran virus ini dari pemerintah, swasta, organisasi, maupun komunitas yang secara sukarela turut andil bagian dalam membantu mensejahterahkan masyaratakat atau para pekerja, terlebih dari salah satu pihak yang turut berlomba dalam mensejahterahkan pekerja dalam perusahhannya salah satunya PT Gojek Indonesia.

Jaminan keamanan tempat kerja berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan pengemudi layanan e-transportasi. Dari berita yang beredar di media usaha mensejahterahkan salah satunya datang dari Pusat Studi Komunikasi Universitas Indonesia bekerja sama dengan PT.Gojek Indonesia ditemukan bahwa setelah menjadi mitra Gojek, banyak dari pengemudi menikmati fasilitas yang di sediakan oleh perusaaan kehidupan telah meningkat dan setengah persen merasa mereka tahu bagaimana menggunakan fasilitas jaminan keamanan tempat kerja. 

fakta unik terjadi ketika fenomena pandemi Covid19 melanda Indonesia, pandemi Covid19 memunculkan relasi sosial yang menarik di luar hubungan kerja, antara penyedia jasa transportasi online (Gojek), mitra pengemudi dan konsumen dalam bentuk bantuan sosial timbal balik (dari perusahaan ke mitra, kolega dan konsumen ke mitra) Hal ini tampaknya terkait dengan niat mitra untuk menjaga kerjasama jangka panjang dengan perusahaan. Kegiatan bantuan sosial dari perusahaan kepada mitra memberikan dampak positif, dimana mitra merasa didukung dan dihargai oleh penyedia jasa transportasi online di luar konteks bisnis.  yang umumnya memberikan bantuan sosial.

Berdasarkan website tentang Gojek Gojek (sebelumnya ditulis GO-JEK) merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Salah satunya adalah PT Aplikasi Karya Anak Bangsa yang membawahi nama PT Gojek Indonesia dengan menawarkan layanan ojek berdasarkan aplikasi.

Aplikasi inilah yang membuat Gojek semakin dikenal masyarakat luas. Selain fitur ojek online untuk penumpang (Go Ride), Gojek mulai mengembangkan fitur taksi online (Go Car), fitur pengantaran barang (Go Box), fitur resto online (Go Food), dan berbagai fitur pembayaran lainnya.

Solusi yang ditawarkan oleh organisasi PT Gojek Indonesia.

PT Gojek Indonesia menjalankan berbagai program yang merujuk pada bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terkena imbas maupun memerlukan jangkauan kesejahteraan mitra PT Gojek, Gojek menawarkan fasilitas dari program-program Social Responbility (CSR). Program-program kesejahteraan bagi mitra mencakup sebagai berikut:[1]

Penyediaan Layanan Kesehatan

  1. Penyediaan perlengkapan kesehatan bagi mitra driver - Gojek telah mendistribusikan masker, sanitizer, dan vitamin bagi mitra driver agar mereka mendapatkan perlindungan yang memadai selama bekerja
  2. Jaminan Asuransi Kesehatan bagi mitra driver - jaminan asuransi kesehatan untuk mitra driver tidak hanya mencakup COVID-19. Dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, mitra driver akan memperoleh polis asuransi yang mencakup biaya kesehatan rawat inap dan rawat jalan untuk penyakit umum selama masa pandemi COVID-19.
  3. Meningkatkan kesadaran mitra untuk menaati prosedur kesehatan dengan materi-materi edukasi yang dikomunikasikan kepada mitra melalui notifikasi di Aplikasi.

Keringanan Beban Biaya Harian 

  1. Program distribusi paket sembako - Gojek juga telah meluncurkan program distribusi 'Bahan Pokok' bagi para mitra driver berusia di atas 60 tahun di kota-kota utama.
  2. Program sembako melalui kolaborasi dengan Alfamart - pemberian voucher bagi para mitra driver dan service provider untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari di Alfamart.
  3. Program sembako oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa - Program sembako ini dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, yang akan diberikan dalam bentuk voucher.
  4. Paket makanan hemat dan sehat bagi mitra driver - mitra driver akan berkesempatan untuk membeli paket makanan hemat dan sehat di merchant UMKM GoFood. Program yang akan dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa ini akan dimulai di Jabodetabek.
  5. Bantuan pembayaran pinjaman kendaraan - Gojek bekerja dengan lembaga pemerintah terkait perihal prosedur-prosedur keringanan pembayaran cicilan kendaraan bagi para mitra driver yang sebagian besar mencicil kendaraan bermotor mereka.

Bantuan Pendapatan 

  1. Fitur pada produk untuk mendukung peningkatan penghasilan driver - Gojek telah menambah fitur-fitur baru di aplikasinya, antara lain menambah opsi pilihan agar para konsumen dapat menambah tip mitra (hingga senilai Rp100.000) yang disalurkan langsung ke e-wallet mitra.
  2. Program bantuan pendapatan bagi mitra driver yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang sudah berjalan saat ini.
  3. Perluasan cakupan bantuan pendapatan didukung oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa - mitra driver yang menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atas rujukan pemerintah juga akan mendapatkan bantuan pendapatan, yang akan disalurkan oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa.
  4. Partisipasi dalam program bantuan pendapatan pemerintah - Gojek bekerja sama dengan sejumlah kementerian untuk memastikan agar para mitra drive yang memenuhi syarat - dapat berpartisipasi dalam skema bantuan pemerintah, antara lain Bantuan Langsung Tunai.

 Program ini diharapkan dapat menarik minat dan memfasilitasi acara vaksinasi guna membantu program pemerintah dalam mengejar target vaksinasi di Indonesia.

 Analisis penulis mengenai kegiatan organisasi PT Gojek Indonesia  

CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan bentuk dari tanggung jawab social atas pegawainya,masyaraka lokal dan lingkungan sekitar. Sedangkan charity/corporate philanthropy merupakan bentuk tertua dan tersimpel dari CSR. Menurut saya, kegiatan yang dilaksanakan oleh PT Gojek Indonesia dalam menyediakan program-program  dalam rangka mendukung kesejahteraan masyarakat. 

Acara ini diinisiasi oleh PT Gojek Indonesia dengan harapan untuk menarik minat sekaligus menaikan tingkat vaksinasi masyarakat. Kegiatan ini tidak hanya berpusat diibu kota saja, namun menyebar ke berbagai kota di Indonesia dan bebera negara luar seperti. Pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Gojek dalam memandang dampak yang diakibatkan dengan adanya penyebaran covid-19 yang semakin meresahkan masyarakat. 

Menurut saya, program ini termasuk sebagai charity/corporate philanthropy, karena acara ini tidak memantau lebih lanjut akan kehidupan bagi si penerima program kesejahteraan masyarakat, terkhususkan perusahaan ingin bertemu. Program ini dijalankan secara continue dalam membagian kesejahteraan kepada masyarakat, sehingga acara ini terbilang merupakan cara dalam memberikan bantuan dalam bentuk kesempatan untuk diberikan program dari perusahaan, secara gratis yang disesuaikan dengan jenis manis karnakan ke rasa kemanusiaan yang tersedia. 

Program ini dilakukan dibeberapa lini bisnis di bawah naungan PT Gojek Indonesia  sehingga secara tidak langsung, program ini sekaligus dapat mengangkat reputasi, citra perusahaan, dan kesadaran branding atas produk maupun jasa yang tersedia di dalam lini bisnis ini.Salah satu lini bisnis yang terlibat dalam program ini adalah Trans maret.

Dengan memilih Trans maret sebagai salah satu tempat vaksinasi gratis, secara tidak langsung perusahaan mengajak masyarakat untuk berkunjung dan mengenal Trans maret yang dituju.Hal ini berpotensi menaikan traffic pengunjung maupun kemungkinan untuk menambah pelanggan baru maupun pelanggan setia yang akan berkunjung ke Trans maret Tersebut.

Menurut saya, dampak yang diterima perusahaan selain dari peningkatan reputasi maupun citra perusahaan adalah perusahaan dapat mempererat kerja sama atau kolaborasi dengan mitramitra terkait serta berpotensi menambah mitra baru yang akan bekerja sama maupun berkolaborasi baik dalam lini bisnis maupun programprogram CSR atau Charity/Corporate Philanthropy dikemudian harinya.

 Penutup 

World Health Organization menjelaskan bahwa Coronavirus adalah virus yang menginfeksi sistem pernafasan. Kesehatan dan ekonomi menjadi salah satu factor kehidupan yang terpengaruh paling besar. Adanya perekonomian dapat memberikan peluang bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Pentingnya ekonomi dalam kehidupan manusia mewajibkan negara untuk mengatur kebijakan ekonomi dan menjamin perekonomian warga negara, khususnya di Indonesia yang memproklamirkan diri sebagai negara kesejahteraan (welfare staat). fakta unik terjadi ketika fenomena pandemi Covid19 melanda Indonesia, pandemi Covid19 memunculkan relasi sosial yang menarik di luar hubungan kerja, Jaminan Asuransi Kesehatan bagi mitra driver - jaminan asuransi kesehatan untuk mitra driver tidak hanya mencakup COVID-19. 

Dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, mitra driver akan memperoleh polis asuransi yang mencakup biaya kesehatan rawat inap dan rawat jalan untuk penyakit umum selama masa pandemi COVID-19. Paket makanan hemat dan sehat bagi mitra driver - mitra driver akan berkesempatan untuk membeli paket makanan hemat dan sehat di merchant UMKM GoFood. 

Program yang akan dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa ini akan dimulai di Jabodetabek. CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan bentuk dari tanggung jawab social atas pegawainya,masyaraka lokal dan lingkungan sekitar. Menurut saya, kegiatan yang dilaksanakan oleh PT Gojek Indonesia dalam menyediakan program-program dalam rangka mendukung kesejahteraan masyarakat. 

Menurut saya, program ini termasuk sebagai charity/corporate philanthropy, karena acara ini tidak memantau lebih lanjut akan kehidupan bagi si penerima program kesejahteraan masyarakat, terkhususkan perusahaan ingin bertemu. Program ini dijalankan secara continue dalam membagian kesejahteraan kepada masyarakat, sehingga acara ini terbilang merupakan cara dalam memberikan bantuan dalam bentuk kesempatan untuk diberikan program dari perusahaan, secara gratis yang disesuaikan dengan jenis manis karnakan ke rasa kemanusiaan yang tersedia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun