Mata Kuliah Psikologi Belajar
Dosen Pengampu:
Dr. Syarifan Nurjan, M. A.
Â
A.Pendahuluan
Belajar dapat dipahami sebagai tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai basil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif. Sehubungan dengan pengertian ini perlu diuraikan sekali lagi bahwa perubahan tingkah laku yang timbul akibat proses kematangan fisik, keadaan mabuk, lelah, dan jenuh tidak dapat dipandang sebagai proses belajar.
Dalam perkembangannya, muncul beberapa teori belajar seperti teori belajar behavioristik, kognitif, dan humanistik. Dalam proses pelaksanaanya, teori belajar harus dapat diterapkan dengan baik dan benar, agar sesuai dengan tujuan pendidikan awalnya. Pelaksanaan yang baik, tentu harus memperhatikan hal-hal yang menjadi pendukungnya dan meminimalisir hal-hal yang menghambatnya. Hal itu akan membuat kegiatan belajar dalam sebuah pendidikan akan memberikan dampak/pengaruh/implikasi dalam dunia pendidikan.
Melalui makalah ini, penulis akan membahas mengenai implikasi teori belajar dalam pembelajaran secara rinci, yang dimaksudkan untuk memperjelas pelaksanaan teori belajar dalam pembelajaran, yang mana harus dipahami bahwa masing-masing teori memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka dalam pelaksanaannya teori-teori belajar tersebut bisa saling mengisi agar tujuan pembelajaran dicapai dengan maksimal.
Berdasarkan uraian di atas maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
1.Bagaimana implikasi teori belajar behavioristik, kognitif, dan humanistik?
2.Bagaimana aplikasi teori belajar behavioristik, kognitif, dan humanistik dalam pembelajaran?