Mohon tunggu...
Riska Novita
Riska Novita Mohon Tunggu... -

apa da nya,,,supel............aQ seorang GURU SD di SUatu SD di Kabupaten KEBUMEN,,,ak Juga masih tercatat sebagai mahasiswi semester 7 diPGSD UNS.....aQ suka bnget warna pink,,sehingga murid2 ku memanggilku GURU PINKY,,,,

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Yukzz...Belajar Bersama Tentang Pembelajaran Terpadu

6 Oktober 2010   06:17 Diperbarui: 26 Juni 2015   12:40 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pembelajaran terpadu (integrated learning) sudah tak asing ditelinga kita, apa lagi bagi dunia pendidikan pada khususnya. Pembelajaran terpadu (integrated learning) sebagai konsep dapat diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Dikatakan bermakna dalam pembelajaran terpadu, siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari secra langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang mereka pahami.

Menurut (Aminuddin, 1994), focus perhatian pembelajaran terpadu terletak pada proses yang ditempuh siswa saat berusaha memahami isi pembelajaran sejalan dengan bentuk-benuk ketrampilan yang harus dikembangkannya. Berdasarkan hal tersebut pengertian pembelajaran terpadu dapat di lihat sebagai :

1. Pendekatan pembelajaran yg menghubungkan dg berbagai mata pelajaran yg mencerminkan dunia nyata, kemampuan dan perkembangan anak

2. Cara mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan anak secara simultan

3. Merakit atau menghubungkan sejumlah konsep dalam beberapa mata pelajaran yg berbeda, dengan harapan siswa akan belajar dengan lebih baik dan bermakna.

Berdasarkan hal tersebut di atas maka, Pembelajaran Terpadu adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan beberapa mata pelajaran dengan tema tertentu, sehingga terkesan tidak ada sekat atau pembatas di antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lain. Sehingga dengan begitu siswa akan belajar dengan mudah, karena siswa dapat menghubungkan pengalaman yang mereka dapat secara alami atupun yang telah mereka miliki sebelumnya.

Ada beberapa karakteristik pembelajaran terpadu yaitu :

1) Berpusat pada siswa ( student centered), guru hanya berperan sebagi fasilitator

2) Memberikan pengalaman langsung kepada siswa (direct experiences)

3) Pemisah antar pelajaran tidak begitu jelas ( tidak ada sekat)

4) Menyajikan konsep-konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses pembelajaran.

5) Bersifat luwes (fleksibel)

6) Hasil belajar dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa.

Dalam setiap pendekatan pembelajaran, pasti mempunyai kelebihan dan kelemahannya.

Kelebihan pembelajaran terpadu adalah 1)pengalaman dan kegiatan belajar selalu relevan dengan tingkat perkembangan siswa 2)kegiatan yang dipilih dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan anak 3)seluruh kegiatan belajar lebih bermakna 4) menumbuhkembangkan ketrampilan berpikir siswa 5)menyajikan kegiatan yg bersifat pragmatis sesuai dengan permasalahan yang ditemui siswa dalam lingkungannya 6) menumbuhkembangkan ketrampilan social

Pembelajaran yg Bermakna??? Lalu pembelajaran yang seperti apakah yg dikatakan bermakna?

Pembelajaran bermakna adalah pembelajaran yg ditekankan bahwa 1)siswa sebagi "center"atau pusat pembelajaran, bukan hanya sekedar guru yang menyampaikan materi dan bercermah di depan kelas. Siswa andil adan ikut terlibat aktif dalam pembelajaran 2) siswa belajar secara langsung dan nyata, siswa bisa belajar dari lingkungan terdekat mereka dulu, dan belajr dari media yg benar-benar nyata bukan hanya suatu konsep belaka.3) memberikan pengalaman belajar siswa, jika siswa belajar dari penglaman secara langsung dalam kehidupan mereka sehari-hari ataupun mereka belajar dari oranglain dan temannya. Dan menghubungkannya dengan kosep lain yg sedaANG mereka pelajari 4)menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan sesuatu (learning by doing) 5)ilmu,pengetahuan,informasi dan konsep yang didapat siswa akan lebih bertahan lama dan tidak mudah lupa

Kelemahan Pembelajaran Terpadu yaitu 1) Kompetensi dasar yang harus dicapai siswa dalam kurikulum yang ada masih terpisah-pisah, sehingga sulit untuk guru mengembangakan program pembelajaran terpadu, 2)dalam pelaksanaan pembelajaran dibutuhkan sarana dan prsarana belajar yg memadai, jika tidak ada maka pembelajaran terpadu tidak dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yg diinginkan, 3) belum semua guru SD memahami konsep Pembelajaran Terpadu secara utuh, bahkan kendala utamanya adalah sifat konservatif dari guru yang merasa senang dan nyaman dengan pembelajaran konvensinal

YUkzz,,,mari bersama-sama perbaiki pendidikan di Indonesia, dan terus cerdaskan anak-anak bangsa. Sebagai calon penerus bangsa yang baik dan berkualiatas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun