Mie Gacoan merupakan salah satu perusahaan ritel dalam bentuk gerai yang menjual produk berupa olahan mie, dimsum dan berbagai macam minuman. Ada 3 varian mie yang disajikan oleh gerai mie gacoan yaitu mie angel, mie setan, dan mie iblis, untuk olahan dimsumnya sendiri mencakup ceker,siomay, udang keju, udang rambutan, lumpia udang, dan untuk varian minumannya yang sangat digemari oleh pembeli ialah es genderuwo, es pocong, es tuyul dan es sundel bolong, mie gacoan mengambil konsep karakteristik hantu versi Indonesia yang diadaptasi ke menu-menu mereka.Â
Mie Gacoan ialah sebuah merk dagang dari jaringan restaurant mie pedas no 1 di indonesia, yang menjadi anak perusahaan PT Pesta Pora Abadi.Â
Berdiri sejak awal tahun 2016, saat ini merk Mie Gacoan telah tumbuh menjadi market leader kehadiran "Mie Gacoan" telah mendapatkan apresiasi luar biasa di setiap market dimana "Mie Gacoan" hadir utk melayani puluhan ribu pelanggan setiap bulan nya, Strategi yang tepat bagi gerai ritel modern adalah melalui pemahaman pemasaran yang berorientasi pada pasar yang mensyaratkan pemahaman yang baik mengenai perilaku konsumen, Kehadiran Mie Gacoan yang disambut positif oleh masyarakatÂ
Indonesia menumbuhkan banyak pesaing baru yang menawarkan produk sejenis dan juga menghidupkan kembali sensasi makan mie murah di tempat yang nyaman, yaitu menyediakan produk -- produk terbaik dan relevan untuk customer, Menyediakan tempat bersantap sekaligus ruang berkumpul yang nyaman bagi keluarga dan kerabat, Memberikan Customer Satisfaction yang excellent dengan harga sangat affordable.
makanan, hampir satu tahun pandemi ini berlangsung, keadaan mulai membaik bagi para peritel karena masyarakat mulai aktif beraktifitas kembali, hal ini membuat Mie Gacoan sebagai gerai ritel yang sudah terkenal mulai rame lagi, akan tetapi dengan banyaknya pesaing di jenis produk yang sama membuat Mie Gacoan harus berinovasi lebih agar dapat mempertahankan konsumennya.
Namun fenomena pandemi covid-19 membuat pengusaha ritel sangat merugi, masyarakat dihantui ketakutan untuk sekedar keluar rumah untuk membeliDengan cara, menjaga hubungan pelanggan, usaha yang dapat dilakukan oleh perusahaan diantaranya dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan, maupun memberikan reward kepada pelanggan yang telah setia, Kemampuan layanan, Kemudahan mendapatkan pelayanan dan Informasi yang di butuhkan oleh pelanggan nya, memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga mampu memenuhi cita-cita pelanggan.Â
Karena ketika pelayanan rumah makan itu baik maka pelanggan akan merasa dihormati dan pelanggan pun akan merasa nyaman dan besar kemungkinan para pelanggan akan kembali mendatangi tempat tersebut.Â
Mie Gacoan adalah anak perusahaan dari PT Pesta Pora Abadi, Merupakan restoran mie yang memberikan price to quality terbaik dikelasnya. Mie gacoan menjadi tempat bersantap mie terbaik terutama bagi pelajar dan mahasiswa, dimana mereka bisa nongkrong, kerja tugas, ngobrol santai, dan ngeksis bareng.
Mie Gacoan sangat ramai dikunjungi para pelanggannya khususnya para pecinta makanan pedas karena Mie Gacoan terkenal dengan makanan pedasnya. Mereka melakukan inovasi dari produk mie yang awalnya biasa-biasa saja diolah menjadi mie dengan cita rasa baru, yaitu cita rasa pedas yang menjadi ciri khas Mie Gacoan itu sendiri, Mulai dari rasa pedas yang biasa-biasa saja, sedang, sampai rasa pedas yang menantang.Â
Mereka menyediakan menu mie dengan tingkat level kepedasan yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan pelanggan, jadi pelanggan bisa menentukan pilihan sendiri untuk menikmati mie sesuai tingkat atau level kepedasan yang mereka inginkan, memuaskan pelanggan merupakan keinginan setiap pengusaha sebab dengan memuaskan kebutuhan pelanggan dapat meningkatkan keunggulan dalam persaingan bisnis.
Kepuasan pelanggan dipengaruhi banyak faktor, satu di antaranya yaitu kualitas produk. Jika pelanggan merasa puas, maka ia akan melakukan pemeblian berulang-ulang. Pembelian yang berulang-ulang pada suatu produk pada perusahaan yang sama dapat dikatakan pelanggan tersebut merasa puas dan memiliki loyalitas terhadap perusahaan tersebu.tÂ
Namun untuk memperoleh kepuasan pelanggan tidaklah mudah, karena setiap pelanggan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda walaupun membutuhkan produk yang sama.Â
Seperti sebelumnya proses pemuasan pelanggan membutuhkan prduk yang berkualitas, selain itu kepuasan pelanggan juga ditentukan adanya sistem pelayanan yang baik dan ramah disertai dengan tempat yang bersih dan nyaman seperti yang saya katakan atau kenyamanan tempat yang diberikan oleh Mie Gacoan dapat berupa lingkungan yang luas disertai dengan hiasan hiasan ruangan yang indah dengan  dengan hiasan yang tertata rapi dan terlebih lagi kenyamanan didapatkan tempat makan yang terang serta tempatnya tidak terdapat kebisingan dan hanya terdengar musik yang cocok untuk menemani pelanggan di saat menikmati Mie Gacoan.
Mengapa kenyaman pelanggan diutamakan?Â
Kenyamanan adalah rasa yang timbul jika seseorang merasa diterima apa adanya, serta senang dengan situasi dan kondisi yang ada sehingga seseorang akan merasakan kenyamanan. Hal ini berarti bahwa ketika kenyamanan tempat naik maka kepuasan pelanggan juga akan mengalami peningkatan, begitu pula sebaliknya.Â
Kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan dapat berupa cepatnya pelayanan untuk pengantaran makanan dan responsif ketika pelanggan memiliki beberapa kendala dan keluhan sehingga pelanggan merasa bahwa keberadaannya sangat dihargai.Â
Dapat dikatakan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Mie Gacoan, konsumen akan memiliki kesan tersendiri dalam pengalamannya berbelanja ketika mereka merasakan berada dalam sebuah gerai. Untuk kalian mahasiswi mahasiswa dan pekerja maupun anak remaja selamat menikmati Mie Gacoan di tempat terdekat kalian bersama teman-teman nya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H