Mendorong Kreativitas Sejak Dini: Faktor Pendukung dan Hambatan Perkembangannya
Â
 Murhima A. Kau, S.Psi, M.Si, Psikolog , Muh. Saldin, M.Si, Fadhilah Ahmad Qaniah, S.Psi, M.Si, Indah Khairunnisa Pakaya
(1)Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo  Â
Email: ririna.pakaya@gmail.com
Abstrak
Â
Kreativitas merupakan potensi penting dalam perkembangan anak yang berperan dalam penyesuaian diri secara pribadi dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan hambatan perkembangan kreativitas pada anak. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengkaji berbagai sumber dari buku, jurnal, dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung kreativitas meliputi lingkungan yang merangsang, pola asuh demokratis, pendidikan yang memberi ruang eksplorasi, serta kesempatan bermain bebas. Sebaliknya, hambatan perkembangan kreativitas antara lain lingkungan yang otoriter, penekanan pada disiplin kaku, minimnya rangsangan, serta sikap negatif terhadap ide-ide kreatif anak. Kreativitas tidak hanya merupakan bakat bawaan, tetapi dapat dikembangkan melalui interaksi antara faktor bawaan dan lingkungan. Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung, kreativitas anak dapat dikembangkan secara optimal sejak dini untuk membantu mereka menghadapi tantangan di masa depan.Â
Â
Kata Kunci: Kreativitas, faktor pendukung, hambatan, anak, perkembangan
Â
Abstract