Ulasan pihak ketiga dapat memengaruhi ekspektasi konsumen dan peringkat mesin telusur. Pelajari 5 taktik untuk menggunakan ulasan untuk meningkatkan SEO Anda.
Menurut Undercover.co.id , Ulasan pihak ketiga menawarkan wawasan yang sangat berharga dari perspektif yang tidak bias tentang bisnis Anda. Mereka juga menanamkan kepercayaan dengan pelanggan potensial, yang dapat membantu memandu keputusan mereka untuk membeli produk atau layanan Anda.
Faktanya, hampir setengah ( 42% ) pengguna internet di mengutip ulasan dari pelanggan lain sebagai fitur yang paling meningkatkan kemungkinan mereka untuk membeli suatu produk.
Jika dibandingkan dengan ulasan pihak pertama, ulasan pihak ketiga juga dapat tampak lebih kredibel bagi penelusur. Lagi pula, bisnis tidak mungkin mempublikasikan ulasan negatif di situs webnya.
Baik Anda ingin mengonversi penelusuran menjadi penjualan atau meningkatkan peringkat penelusuran, berfokus pada peningkatan upaya pengoptimalan mesin telusur (SEO) ulasan Anda dapat mencapai keduanya. Ulasan adalah faktor peringkat pencarian lokal yang sangat berbobot, terhitung 16% dari peringkat Paket Lokal.
5 Cara untuk Meningkatkan SEO Anda Dengan Ulasan Pihak Ketiga
Bagaimana bisnis Anda dapat menampilkan sentimen yang ditemukan dalam ulasan Anda dengan lebih baik kepada pencari yang mencari produk atau layanan Anda?
Dan, apa saja strategi yang terbukti untuk memunculkan konten berharga ini melalui SEO?
Anda akan mempelajari keduanya dalam posting ini saat kami membahas lima taktik jitu ( berdasar tanya jawab dengan seo agency undercover.co.id) untuk meningkatkan SEO Anda dengan ulasan pihak ketiga dan menonjol di antara pesaing Anda.
1. Tingkatkan Skor Ulasan Anda
Panduan bantuan GMB menyatakan bahwa hasil pencarian lokal "terutama didasarkan pada relevansi, jarak, dan keunggulan".
Keunggulan mengacu pada seberapa terkenal suatu bisnis, yang secara langsung berkorelasi dengan jumlah ulasan yang dimiliki bisnis serta pendapat pelanggan tentang bisnis tersebut.
Panduan bantuan juga mencatat:
"Jumlah ulasan Google dan faktor skor ulasan ke dalam peringkat pencarian lokal. Lebih banyak ulasan dan peringkat positif dapat meningkatkan peringkat lokal bisnis Anda."
Ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan skor ulasan Anda secara keseluruhan untuk lokasi bisnis Anda.
Pertama, minta pelanggan yang memiliki pengalaman positif dengan bisnis Anda untuk memberikan ulasan. Mereka tidak hanya termotivasi karena memiliki pengalaman positif dengan bisnis Anda, tetapi mereka juga cenderung meninggalkan umpan balik positif untuk membantu Anda meningkatkan peringkat Anda.
Kami juga merekomendasikan untuk menanggapi semua ulasan Anda, positif atau negatif.
Saat pengulas melihat Anda telah mempertimbangkan dan meluangkan waktu untuk menanggapi pujian atau keluhan mereka, mereka cenderung memiliki pandangan yang baik tentang bisnis Anda. Hal ini dapat menyebabkan pengulas merekomendasikan bisnis Anda kepada keluarga atau teman.
Ini juga memungkinkan Anda untuk mengontrol narasi dan menargetkan kata kunci yang Anda cari dalam tanggapan Anda.
Peringkat bintang Anda secara keseluruhan tidak hanya akan membantu meningkatkan SEO Anda, tetapi juga penjualan Anda. Menurut sebuah studi baru-baru ini, 52% konsumen tidak akan mempertimbangkan untuk menggunakan bisnis dengan kurang dari empat bintang dan menyebutkan peringkat bintang sebagai faktor ulasan yang paling penting.
2. Faktor dalam Kecepatan Ulasan
Kecepatan ulasan mengacu pada seberapa sering bisnis Anda menerima ulasan baru.
Menurut Moz, jumlah ulasan, kecepatan ulasan, dan keragaman ulasan menyumbang 15% dari peringkat Paket Lokal. Aliran ulasan baru yang sering juga memberi bisnis Anda konten baru.
Seiring dengan nilai SEO-nya, konsumen lebih suka membaca ulasan baru untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda.
Empat puluh persen konsumen mengatakan mereka hanya melihat ulasan bisnis lokal yang ditulis dalam dua minggu terakhir. Selain itu, 85% mengatakan ulasan yang berusia lebih dari tiga bulan tidak lagi relevan.
Dorong pelanggan yang senang untuk sering meninggalkan ulasan dan jadikan itu bagian dari proses pembelian Anda untuk terus mendapatkan ulasan terbaru.
Semua taktik ini dapat meminta ulasan baru dan termasuk dalam pedoman ulasan Google:
3. Fokus pada Volume Ulasan Anda
Pertimbangkan ini: Anda berada di luar kota mengunjungi kota baru di mana Anda ingin mencari restoran terdekat untuk makan malam. Apakah Anda lebih suka pergi ke restoran dengan 10 ulasan atau restoran dengan 100, keduanya dengan peringkat bintang keseluruhan yang serupa?
Kemungkinan besar, Anda akan memilih untuk bersantap di restoran dengan lebih banyak ulasan karena restoran tersebut tampaknya lebih kredibel. Strategi pengumpulan ulasan yang solid dapat membantu menjembatani kesenjangan karena memiliki terlalu sedikit ulasan untuk mendorong bisnis baru.
Ini juga dapat membantu melegitimasi bisnis Anda dengan mesin pencari.
Halaman bantuan GMB menyatakan bahwa:
"Ulasan positif dan berkualitas tinggi dari pelanggan Anda akan meningkatkan visibilitas bisnis Anda dan meningkatkan kemungkinan calon pelanggan akan mengunjungi lokasi Anda."
Cara terbaik untuk membuat pelanggan meninggalkan ulasan adalah dengan meminta mereka melakukannya. Jika pelanggan Anda telah memilih untuk ikut serta dalam kampanye pemasaran email atau teks, sebaiknya minta mereka untuk memberikan ulasan sesegera mungkin saat bisnis Anda menjadi yang teratas.
Untuk bisnis berbasis layanan yang menggunakan sistem pemesanan online untuk layanan mereka, setelah pelanggan menyelesaikan janji temu mereka, mereka akan menerima pesan otomatis (teks, email, dll.) yang meminta mereka untuk memberikan umpan balik yang jujur tentang pengalaman mereka dengan pelanggan langsung. tautan untuk meninggalkan ulasan Google.
Toko fisik juga dapat mengambil manfaat dari memiliki kode QR pada tanda terima yang mengarahkan pelanggan untuk meninggalkan ulasan Google.
Meskipun semua platform ulasan mendorong bisnis untuk meminta ulasan dari pelanggan, penting untuk tidak melanggar kebijakan apa pun. Misalnya, Google menyatakan bisnis tidak dapat "secara selektif meminta ulasan positif dari pelanggan."
Selain itu, Google juga melarang:
A. Ulasan yang ditinggalkan oleh karyawan.
B. Meminta ulasan secara massal.
C. Membayar pelanggan dengan imbalan ulasan.
D. Mengecilkan hati atau melarang ulasan negatif.
E. Memposting ulasan palsu untuk bisnis Anda.
Anda dapat membaca lebih lanjut tentang pedoman resmi Google di Blog Undercovercoid . Ingatlah bahwa setiap platform akan memiliki aturan dan regulasi yang berbeda dan penting untuk memeriksa apa yang diizinkan oleh masing-masing platform.
4. Tanggapi Ulasan Positif dan Negatif
Menanggapi ulasan positif dan negatif tidak hanya menunjukkan kepada konsumen bahwa Anda peduli dengan umpan balik mereka, tetapi juga telah dikonfirmasi oleh Google untuk berperan dalam SEO.
Google membagikan,
"Menanggapi ulasan yang ditinggalkan pengguna tentang bisnis Anda... Menanggapi ulasan menunjukkan bahwa Anda menghargai pelanggan Anda dan umpan balik yang mereka berikan tentang bisnis Anda."
Menanggapi setiap ulasan mungkin tampak seperti tugas yang berat untuk bisnis yang memiliki banyak lokasi. Namun, solusi yang baik untuk menghilangkan pekerjaan adalah membuat template yang disetujui perusahaan.
Template ini dapat didasarkan pada pedoman merek Anda dan harus mematuhi suara merek Anda.
Bisnis Anda juga harus memiliki proses untuk mengeskalasi ulasan yang memerlukan tanggapan yang lebih mendalam, serta orang yang dapat merespons ulasan ini dengan cepat.
Jika bisnis Anda baru memulai dengan upaya tanggapan ulasan Anda, fokuslah untuk menanggapi ulasan negatif terlebih dahulu, terutama yang ditinggalkan dalam beberapa bulan terakhir.
Ulasan terbaru akan lebih menonjol bagi pencari. Setelah Anda menyelesaikan semua ulasan negatif Anda, Anda kemudian dapat beralih ke menanggapi ulasan positif Anda.
5. Pertimbangkan Isi Ulasan Anda
Google terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan para pencari. Tujuan mereka adalah untuk memberikan hasil yang akurat dan tepat waktu kepada pengguna akhir untuk menciptakan pengalaman pengguna yang optimal.
Namun, untuk memberikan hasil tingkat atas, mereka mengandalkan informasi bisnis.
Beberapa informasi tersebut mungkin bersumber dari konten ulasan Anda, seperti pelanggan yang menyebutkan kota tempat toko Anda berada atau nama jalan tempat bisnis Anda berada.
Kata-kata ini mengirimkan sinyal yang kuat ke Google untuk membantu bisnis Anda meningkatkan relevansinya.
Selain itu, ulasan dengan bahasa yang positif dari pelanggan lokal memberi sinyal kepada Google bahwa bisnis Anda dapat dipercaya. Ini tidak hanya berlaku untuk ulasan yang ditinggalkan langsung di cantuman GMB Anda , tetapi juga di platform pihak ketiga lainnya.
Ulasan yang ditinggalkan di situs ulasan pihak ketiga meningkatkan eksposur Anda, mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, dan menambahkan legitimasi ke bisnis Anda.
Bisnis Anda tidak dapat mendikte apa yang ditulis konsumen tentang bisnis mereka, namun, Anda dapat meminta konsumen untuk menyebutkan lokasi di mana mereka melakukan bisnis dalam ulasan mereka.
Penyebutan ini dapat terus membantu merek Anda mencapai otoritas yang dicari Google dalam algoritme penelusurannya.
Kesimpulan: Mengapa Menerapkan Strategi SEO Ulasan Pihak Ketiga?
Harapan konsumen terus berkembang dengan operasi bisnis dalam iklim yang selalu berubah dan tidak terduga.
Harapan ini lebih sering muncul di ulasan. Jika bisnis Anda mengikuti tren saat ini dan mempertahankan strategi manajemen reputasi yang solid , jalan Anda menuju kesuksesan SEO menjadi lebih jelas.
Mengikuti taktik di atas akan membantu Anda meningkatkan upaya SEO ulasan pihak ketiga Anda, dan pada gilirannya, memberikan pengalaman luar biasa bagi pelanggan Anda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H