Pengaruh Digitalisasi Dalam Pendidikan Ekonomi: Bagaimana Digitalisasi Membuka Peluang Baru Atau Menghadirkan Tantangan Dalam Pendidikan Ekonomi
Oleh :
(23187203058-Maulid Dina Rahmawati Ilham, mauliddina.rhww@gmail.com), (23187203034-Nailah Mufidah, nailaamfdhh@gmail.com), (23187203037-Nur Azizah, nur00azizah11@gmail.com), (23187203044-Rini Miftakhul Khoiroh, Â rinimiftakhul31@gmail.com)
ABSTRAK
Digitalisasi telah membawa dampak besar dalam pendidikan ekonomi dengan membuka peluang baru dan tantangan. Artikel ini mengulas bagaimana digitalisasi memengaruhi cara belajar, akses informasi, dan keterampilan yang diperlukan di era ekonomi digital. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, pendidikan ekonomi mulai menyesuaikan diri. Namun, digitalisasi juga menimbulkan sejumlah permasalahan yang harus diatasi. Melalui identifikasi peluang baru dan tantangan yang dihadapi oleh pendidik dan pelajar, digitalisasi di bidang pendidikan ekonomi terus berkembang. Artikel ini secara mendalam membahas dampak dan pengaruh digitalisasi dalam pembelajaran pendidikan ekonomi.
PENDAHULUAN
Digitalisasi dalam pendidikan ekonomi memberikan kemudahan akses ke sumber daya pembelajaran melalui platform digital seperti kursus online, webinar, dan video  pembelajaran. Hal ini memungkinkan pembelajaran yang lebih fleksibel, terjangkau, dan beragam, serta memungkinkan pembelajaran yang interaktif dan berbasis data. Ada pula tantangan yang harus dihadapi, seperti kesenjangan digital, kualitas pendidikan yang tidak merata, dan kesiapan pengajar. Diperlukan kerjasama antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan sektor swasta untuk memastikan infrastruktur digital merata, penyusunan kurikulum yang adaptif, dan pengembangan keterampilan pengajar. Melalui langkah ini, pendidikan ekonomi dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman dan menghasilkan generasi yang siap menghadapi tantangan ekonomi global yang semakin digital.
LATAR BELAKANG
Pendidikan memiliki peran krusial dalam pembentukan individu untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin digital (Pare & Sihotang, 2023). Peningkatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran telah menjadi trend global yang tidak terkalahkan, dengan penggunaan media pembelajaran berbasis digital menjadi salah satu aspek yang penting (Zazin & Zaim, 2020). Pendidikan Ekonomi memerlukan pendekatan inovatif dengan menggunakan media pembelajaran digital untuk meningkatkan pemahaman  siswa. Meskipun penggunaan media pembelajaran berbasis digital menjanjikan banyak manfaat, implementasinya tidak selalu mudah dan tanpa hambatan (Utomo, 2023).
Namun, tantangan seperti infrastruktur dan pelatihan guru yang kurang memadai perlu diatasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan sekolah dalam menggunakan media pembelajaran digital dalam mengajar materi uang dan bank. Harapan dari penggunaan media pembelajaran digital adalah siswa dapat belajar secara interaktif dan lebih aktif, sehingga dapat memahami konsep ekonomi dengan lebih mendalam dan aplikatif. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan efektif. Demikianlah, latar belakang ini menggarisbawahi pentingnya penelitian ini dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era digitalisasi, khususnya dalam konteks materi uang dan bank di kelas X MA Swasta TS.
METODE PENELITIAN
Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi pengalaman dan persepsi siswa dan guru terkait penggunaan media pembelajaran digital dalam kelas X MA Swasta TS. Pendekatan kualitatif dengan wawancara dan observasi dilakukan untuk memahami pengalaman, persepsi terhadap keefektifan, dan hambatan. Analisis dokumen dilakukan untuk konteks implementasi media pembelajaran dalam kurikulum. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas media pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Peran guru dalam pengembangan media pembelajaran berbasis digital sangat penting, dengan fokus pada menghasilkan konten yang sesuai dan mendukung tujuan pembelajaran. Kompetensi teknologi, pelatihan, dan penggunaan sumber daya adalah kunci dalam proses ini, serta kolaborasi antar guru dan pihak eksternal seperti lembaga pendidikan atau perusahaan teknologi. Dukungan sekolah dan pemerintah dalam bentuk pelatihan dan infrastruktur teknologi juga memainkan peran penting dalam meningkatkan kapasitas guru. Studi menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis digital dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep ekonomi melalui berbagai jenis konten interaktif.
Media pembelajaran yang digunakan dalam konteks penelitian ini meliputi berbagai jenis platform dan aplikasi digital yang dirancang khusus untuk mendukung proses pembelajaran materi uang dan bank di kelas X MA Swasta TS. Salah satu contoh media pembelajaran yang umum digunakan adalah perangkat lunak presentasi, seperti Microsoft PowerPoint atau Google Slides, yang memungkinkan guru untuk menyajikan materi  dengan format yang menarik dan interaktif. Melalui slide-slide multimedia, guru dapat menyertakan gambar, diagram, video, dan animasi untuk membantu menjelaskan konsep-konsep ekonomi dengan lebih jelas dan menarik perhatian siswa. Selain itu, video pembelajaran juga menjadi salah satu media yang efektif dalam mendukung pembelajaran materi uang dan bank.
KESIMPULAN DAN SARAN
Media pembelajaran berbasis digital berkontribusi positif pada pemahaman siswa terhadap konsep ekonomi, tetapi tantangan seperti infrastruktur teknologi dan pelatihan guru masih menjadi hambatan. Rekomendasi termasuk investasi dalam infrastruktur, pelatihan guru, dan pengembangan konten berkualitas serta pendekatan aktif dan proyek pembelajaran. Dengan menerapkan saran-saran ini, diharapkan pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital dalam pembelajaran materi uang dan bank di kelas X MA Swasta TS dapat menjadi lebih efektif dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang diinginkan.
DAFTAR PUSTAKA
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635-3645.
Zazin, N., & Zaim, M. (2020). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial Pada Generasi-Z. In Proceeding Antasari International Conference (Vol. 1, No. 1).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H