Pengaruh Digitalisasi Dalam Pendidikan Ekonomi: Bagaimana Digitalisasi Membuka Peluang Baru Atau Menghadirkan Tantangan Dalam Pendidikan Ekonomi
Oleh :
(23187203058-Maulid Dina Rahmawati Ilham, mauliddina.rhww@gmail.com), (23187203034-Nailah Mufidah, nailaamfdhh@gmail.com), (23187203037-Nur Azizah, nur00azizah11@gmail.com), (23187203044-Rini Miftakhul Khoiroh, Â rinimiftakhul31@gmail.com)
ABSTRAK
Digitalisasi telah membawa dampak besar dalam pendidikan ekonomi dengan membuka peluang baru dan tantangan. Artikel ini mengulas bagaimana digitalisasi memengaruhi cara belajar, akses informasi, dan keterampilan yang diperlukan di era ekonomi digital. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, pendidikan ekonomi mulai menyesuaikan diri. Namun, digitalisasi juga menimbulkan sejumlah permasalahan yang harus diatasi. Melalui identifikasi peluang baru dan tantangan yang dihadapi oleh pendidik dan pelajar, digitalisasi di bidang pendidikan ekonomi terus berkembang. Artikel ini secara mendalam membahas dampak dan pengaruh digitalisasi dalam pembelajaran pendidikan ekonomi.
PENDAHULUAN
Digitalisasi dalam pendidikan ekonomi memberikan kemudahan akses ke sumber daya pembelajaran melalui platform digital seperti kursus online, webinar, dan video  pembelajaran. Hal ini memungkinkan pembelajaran yang lebih fleksibel, terjangkau, dan beragam, serta memungkinkan pembelajaran yang interaktif dan berbasis data. Ada pula tantangan yang harus dihadapi, seperti kesenjangan digital, kualitas pendidikan yang tidak merata, dan kesiapan pengajar. Diperlukan kerjasama antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan sektor swasta untuk memastikan infrastruktur digital merata, penyusunan kurikulum yang adaptif, dan pengembangan keterampilan pengajar. Melalui langkah ini, pendidikan ekonomi dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman dan menghasilkan generasi yang siap menghadapi tantangan ekonomi global yang semakin digital.
LATAR BELAKANG
Pendidikan memiliki peran krusial dalam pembentukan individu untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin digital (Pare & Sihotang, 2023). Peningkatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran telah menjadi trend global yang tidak terkalahkan, dengan penggunaan media pembelajaran berbasis digital menjadi salah satu aspek yang penting (Zazin & Zaim, 2020). Pendidikan Ekonomi memerlukan pendekatan inovatif dengan menggunakan media pembelajaran digital untuk meningkatkan pemahaman  siswa. Meskipun penggunaan media pembelajaran berbasis digital menjanjikan banyak manfaat, implementasinya tidak selalu mudah dan tanpa hambatan (Utomo, 2023).
Namun, tantangan seperti infrastruktur dan pelatihan guru yang kurang memadai perlu diatasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan sekolah dalam menggunakan media pembelajaran digital dalam mengajar materi uang dan bank. Harapan dari penggunaan media pembelajaran digital adalah siswa dapat belajar secara interaktif dan lebih aktif, sehingga dapat memahami konsep ekonomi dengan lebih mendalam dan aplikatif. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan efektif. Demikianlah, latar belakang ini menggarisbawahi pentingnya penelitian ini dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era digitalisasi, khususnya dalam konteks materi uang dan bank di kelas X MA Swasta TS.
METODE PENELITIAN