Mohon tunggu...
Rina Hartati
Rina Hartati Mohon Tunggu... Guru - Elementary School Member

Cooking, Singing and watching movie as my favorites

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cerita Praktik Baik (Best Practice) Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

4 Desember 2023   11:40 Diperbarui: 4 Desember 2023   11:50 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Cerita Praktik Baik (Best Practice) Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran 

  • PENDAHULUAN      

Pendidikan dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang sadar akan tujuan. Dengan demikian tujuan merupakan salah satu hal yang penting dalam kegiatan pendidikan karena tidak akan memberikan arah tetapi juga memberikan ketentuan yang pasti dalam memilih materi metode, alat evaluasi, dalam kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini peran seorang guru amatlah penting.

Menurut B.Brow dikutip oleh Sardiman A.M dalam Suryosubroto (2002:3) mengemukakan bahwa tugas dan peranan guru antara lain: 1. Menguasai dan mengembangkan materi pelajaran 2. Merencanakan dan mempersiapkan pelajaran sehari-hari 3. Mengontrol dan mengevaluasi kegiatan. Dalam hal ini pemilihan model pembelajaran berpengaruh terhadap apa yang akan dicapai pada akhir pembelajaran.Model Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu memenuhi hal tersebut.

  • PEMBAHASAN

Situasi

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah: 

Kondisi yang menjadi latar belakang kegiatan praktik pembelajaran ini adalah kesulita peserta didik dalam memahami materi Matematika tentang data yang disebabkan beberapa hal, seperti pendekatan yang dilakukan guru belum sesuai dengan karakteristik peserta didik, hasil belajar siswa belum maksimal karena kurangnya alat peraga konkret yang digunakan oleh,guru kurang memahami langkah-langkah pembelajaran inovatif serta jarang melibatkan peserta didik dalam pembelajaran.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan:

Praktik baik ini penting untuk dibagikan karena, (1) dapat digunakan sebagai bahan referensi guru lain jika mengalami permasalahan yang sama (2) memotivasi saya dan guru lain untuk menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik da (3) menjadi bahan referensi guru lain dalam mendesain pembelajaran yang inovatif.

Peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini:

Peran dan tanggung jawab saya adalah mengidentifikasi permasalahan yang terjadi selama proses belajar mengajar dan mencari solusi dari permasalahan tersebut, menemukan solusi dengan memilih model pembelajaran yang kreatif dan inovatif yang sesuai dengan karakteristik peserta didik saya sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun