Mohon tunggu...
Rika Pinayungan
Rika Pinayungan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

pendiam kepada orang tidak ku kenal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sistem Pengendalian Manajemen

30 Juni 2024   18:55 Diperbarui: 30 Juni 2024   19:24 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 

SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN

Rika Pinayungan

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pamulang, Indonesia

PENDAHULUAN

Sistem Pengendalian Manajemen adalah suatu rangkaian tindakan dan aktivitas yang terjadi pada seluruh kegiatan organisasi dan berjalan secara terus-menerus. Pengendalian manajemen bukanlah suatu sistem terpisah dalam suatu organisasi, melainkan harus dianggap sebagai bagian penting dari setiap sistem yang dipakai manajemen untuk mengatur dan mengarahkan kegiatannya. Pengendalian internal dapat disebut pula pengendalian manajemen yang terpasang dalam organisasi sebagai bagian dari sarana prasarana organisasi guna membantu manajemen menjalankan organisasi dan mencapai tujuannya. Dengan demikian perkembangan pengetahuan dan teknologi yang menghasilkan timbulnya gagasan baru berupa penerapan metode kerja baru menuntut adanya pemodifikasian sistem pengendaliannya yang berjalan secara terus-menerus (DR. THOMAS SUMARSAN, 2020, 6:264).

Sistem pengendalian manajemen dapat berjalan efektif jika dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh manusia. Tanggung jawab berjalannya sistem pengendalian manajemen sangat tergantung pada manajemen. Manajemen menetapkan tujuan, merancang dan melaksanakan metode pengendalian, memantau serta mengevaluasi pengendalian. Dengan demikian, seluruh pegawai dalam organisasi memegang peranan penting untuk mencapai dilaksanakannya sistem pengendalian manajemen secara efektif. Karakter dan motivasi manusia memegang peranan penting dalam membangun suatu sistem pengendalian manajemen yang efektif (DR. THOMAS SUMARSAN, 2020, 6:264).

PT. Unicharm Indonesia ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi produk pembersih sekali pakai dengan Charm sebagai produk pembalut wanita yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Terbukti produk pembalut wanita Charm selalu menjadi Market Leader di pasar pembalut wanita yang tak pernah terkalahkan dari pesaingnya seperti Kotex, Laurier dan Softex. Berikut adalah index Top Brand untuk beberapa merk pembalut Wanita yang ada di Indonesia dari Tahun 2019-2023

Pada era globalisasi dan digitalisasi saat ini, kebutuhan akan pengetahuan dan keahlian khusus dalam berbagai bidang semakin meningkat. Perusahaan-perusahaan di seluruh dunia menghadapi tantangan yang kompleks, mulai dari persaingan yang ketat, perubahan regulasi, hingga perkembangan teknologi yang cepat. Untuk tetap kompetitif dan berkembang, banyak perusahaan mencari bantuan dari para ahli yang memiliki wawasan dan keterampilan khusus. Inilah yang mendorong berdirinya perusahaan uni-charm.

PT. Unicharm Indonesia memiliki diferensiasi yang terletak pada inovasi produk yang terus dikembangkan oleh perusahaan seperti pada produk Charm Safe Night, Charm Cooling Fres, Charm Daun Sirih Herbal, Charm Extra Comfort, Charm Body Fit Day, Charm Extra Dry, Charm Slim Protect. Unicharm juga menawarkan produk yang ramah lingkungan dengan menggunakan bahan material dari serat tebu. Dengan adanya inovasi produk maka akan menciptakan kepercayaan pelanggan. Kepercayaan konsumen terhadap produk akan menghasilkan komitmen pelanggan terhadap produk tersebut berdasarkan kepuasan yang di dapat secara keseluruhan

Berdasarkan latar belakang serta fenomena yang telah diuraikan, penulis tertarik untuk mengangkat judul makalah "Sistem Pengendalian Manajemen pada PT. Unicharm Indonesia Tbk.

ISI MAKALAH

Profil Sejarah Singkat Perusahaan

PT Uni-Charm Indonesia Tbk (UCID) didirikan pada Juni 1997 sebagai bisnis kolaborasi antara Unicharm Jepang dan PT Purinusa Ekapersada. Perusahaan ini memproduksi tiga lini bisnis, yaitu perawatan bayi, perawatan wanita, dan perawatan kesehatan. Kegiatan usaha utamanya adalah memproduksi produk-produk kebersihan kertas, seperti tisu, kapas, tisu basah, pembalut wanita, popok, dan popok dewasa. Beberapa merek populernya adalah MamyPoko, Charm, Silcot, Lifree, dan Protect. Saat ini perseroan mengelola empat pabrik, dua di Karawang, Jawa Barat, dan dua di Mojokerto, Jawa Timur. Kantor pusat berada di Sinarmas MSIG Tower, Jakarta.

Visi, Misi

Visi : Kami senantiasa berusaha memajukan manajemen yang mampu menyatukan pencapaian atas aspek tanggung jawab sosial, kebahagian karyawan, serta pertumbuhan kinerja perseroan yang berkesinambungan.

Misi : Kami akan terus menyediakan produk dan layanan terbaik. Yang memberikan kenyamanan, kehangatan, dan kebahagiaan kepada kepada semua orang Indonesia . Untuk itu, semua karyawan harus menyatukan gagasan mereka, bekerja sama dan mencapai kesuksesan bersama.

Tata Nilai Perusahaan

Adapun tata nilai perusahaan pada Pt. Unicharm

PT. Unicharm berkomitmen untuk terus berinovasi dalam setiap aspek layanan serta Menjalankan Manajemen Resonansi dengan Menciptakan produk dan layanan yang pertama dan kualitas No.1 di Indonesia melalui penerapan OODA Loop dan BOP Ship.

nilai perusahaan pada PT.Uni-Charm ini yaitu

  • Kreasi dan Inovasi; Kami menghargai penciptaan nilai-nilai baru terhadap masyarakat dan selalu mempunyai tekad untuk membuat perubahan
  • Rasa Memiliki ; Kami mewarisi semangat perintis, dengan pandangan yang menyeluruh, berusaha menciptakan topik pekerjaan dan menyelesaikan demi pencapaian Target Manajemen.
  • Menyukai Tantangan ; Kami tidak takut gagal, percaya akan tantangan terhadap kemungkinan tanpa batas, selalu memperbaharui kemampuan sendiri, dan membawa sikap pro-aktif.
  • Berjiwa Kepemimpinan ; Kami akan menjadi pemimpin yang mampu memastikan jalan yang harus ditempuh organisasi, dan menggerakkan orang dengan kemauan sendiri.
  • Perlakuan Yang Wajar Terhadap Semua Orang ; Kami melaksanakan kegiatan Perseroan secara adil yang menggabungkan antara semangat menghormati kemanusiaan dan rasa etika yang tinggi

PEMBAHASAN

Perbandingan Kondisi dan Teori

Perbandingan antara teori sistem pengendalian manajemen dengan penerapannya di PT Uni-charm. Aspek yang dibandingkan meliputi tujuan, proses, pelaksanaan, dan evaluasi sistem pengendalian manajemen.

  1. Perbandingan Penerapan Tujuan Sistem Pengendalian Manajemen

Menurut Adnan dan Murhaban (2020), sistem pengendalian manajemen menjamin setiap tindakan karyawan sesuai dengan tujuan perusahaan melalui strategi yang tepat. PT.Unicharm menerapkan pengembangan pasar , sistem ini dengan fokus pada pendistribuasian produk yang lebih luas lagi, ini dapat membantu perusahaan mencapai pelanggan di wilayah yang mungkin tidak terjangkau oleh pesaing. Mananger jugas biasa menggunakan teknologi untuk membuat iklan dan melakukan promosi-promosi untuk menarik pelanggan.

Perbandingan Penerapan Proses, Pelaksanaan, dan Evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen

Menurut Adnan dan Murhaban (2020), proses sistem pengendalian manajemen meliputi perencanaan, penganggaran, implementasi, dan evaluasi kerja.

  • Perencanaan dan Penganggaran: PT. Unicharm menyusun program kerja tahunan, mengarahkan operasional, dan memastikan keseimbangan keuangan melalui penganggaran yang mencakup proyeksi pendapatan dan biaya.
  • Perencanaan Strategis dan Operasional: Mengembangkan pasar baru untuk meningkatkan kegiatan pendistribusian. Strategi ini melibatkan integrasi teknologi.
  • Pelaksanaan dan Pengukuran Kinerja: Melibatkan proses sistematis dari SDM hingga layanan purna jual, bertujuan untuk memastikan kepuasan pelangan.
  • Pengawasan dan Evaluasi Kinerja: Menggunakan berbagai indikator untuk mengevaluasi kinerja, seperti survei kepuasan pelanggan dan analisis tingkat penyelesaian masalah.

           PT.Unicharm fokus pada pengelolaan sumber daya yang efektif, inovasi, dan tanggung jawab sosial, yang sesuai dengan teori pengendalian manajemen Adnan dan Murhaban (2020).

KESIMPULAN

Saat perusahaan sudah mengetahui dan memahami visi misinya, maka sumber daya yang tepat bisa ditempatkan pada bagian yang tepat agar bisa mencapai tujuan dari rencana perusahaan. hasil analisis dan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi oleh PT. Uni-Charm sangatlah besar, beberapa survei yang dilakukan seperti menentukan keperluan mendasar konsumen yang harus dilayani dan dipenuhi, menentukan kelompok masyarakat yang akan dilayani melalui segmenting, targeting, dan positioning (STP), dan menetapkan marketing mix 4P (product, place, price, promotion). Dengan ini membuat PT. Uni-Charm  dikenal dikalangan masyarakat, baik dari kalangan tingkat bawah hingga kalangan masyarakat tingkat atas.

Saran

Berdasarkan kesimpulan diatas, maka saran yang diberikan kepada PT. Uni-Charm Indonesia Tbk adalah agar tetap mempertahankan strategi dan pedoman yang selama ini menjadi fondasi berdirinya PT. Uni-Charm Indonesia Tbk.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun