Mohon tunggu...
Rihyan Muttaqin
Rihyan Muttaqin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul ulama Jepara

Nama saya Rihyan Muttaqin, seorang mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam di Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Saya memiliki minat yang mendalam dalam memahami dan mengajarkan nilai-nilai keislaman, serta berkomitmen untuk mencetak generasi yang berakhlak mulia dan berpengetahuan luas. Melalui pendidikan, saya berusaha mengintegrasikan ilmu agama dengan kehidupan sehari-hari, sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Selain belajar, saya aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan dan komunitas, dengan tujuan untuk memperluas wawasan dan membangun jaringan yang kuat di bidang pendidikan Islam.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Skala Prioritas Manajemen waktu Siswa Madrasah Tsanawiyah

23 Juni 2024   13:58 Diperbarui: 26 Juni 2024   14:02 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Skala Prioritas Manajemen Waktu Siswa Madrasah Tsanawiyah

Prioritas merupakan hal yang didahulukan atau diutamakan, sedangkan “memprioritaskan” berarti mendahulukan atau mengutamakan sesuatu daripada yang lain. Setiap manusia dalam kegiatannya tidak luput dari prioritas dalam satu waktu menemukan kegiatan atau acara yang bersifat penting maupun terencana. Kata “Skala” merupakan garis atau titik tanda yang berderet-deret sama jaraknya yang digunakan untuk mengukur termometer, untuk menentukan tingkatan atau banyaknya sesuatu serta perbandingan ukuran besarnya gambaran dengan keadaan sebenarnya (Dendy Sugono, Kamus Bahasa Indonesia, 2015). Skala prioritas bisa diartikan memiliki beberapa susunan kegiatan yang urut sesuai tingkat kepentingan, sehingga terdapat acuan dalam melakukan dan menentukan yang mana yang harus di dahulukan.

Manajemen ialah Perencanaan, kontrol, dan evaluasi dengan sebaik-baiknya untuk  aktivitas atau kegiatan yang bermanfaat (Mamduh Hanafi, Konsep Dasar Dan perkembanganTeori Manajemen,2015).Waktu adalah suatu ruang yang dapat diukur dimulai dari detik, menit, jam hari, bulan dan tahun. (National Safety Council, p.42 dalam Yuswardi 2016). “Manajemen Waktu” Dapat diartikan sebagai perencanaan atau kontrol mengenai waktu dalam aktifitas atau kegiatan yang bermanfaat.

Agama Islam sangat menghargai waktu, karena waktu sangat bernilai. Dalam Al-Qur’an Allah Swt. Pernah bersumpah dengan waktu  disebutkan dalam Q.S. Al-Ashr ;1-2

وَالْعَصْرِۙ ۝١اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ ۝٢

“Demi massa Atau waktu,Sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian”. Rosululloh SAW bersabda :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: مِنْ حُسْنِ إِسْلَامِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لَا يَعْنِيهِ. رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ، وقَالَ: حَسَنٌ.

Artinya: “Dari Abu hurairoh Berkata : Rosululloh SAW Bersabda : Di antara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah), Sudah jelas di surah ini kita bisa menyimpulkan bahwa waktu begitu berharga, karena tidak mungkin Allah Swt. Menggunakan massa Atau waktu sebagai sarana atau media sumpah.

Menanggapi persoalan waktu siswa MTs sekarang bisa menggunakan Manajemen waktu, melalui skala prioritas sebagai  upaya yang bisa digunakan untuk menentukan kegiatan mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Adanya skala prioritas siswa dapat mengalokasikan waktu yang dimiliki dengan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang ditetapkan (Ade Nurrachman, Sujarwo, dan Darsono, 2019). Kemampuan mengelola waktu dengan baik merupakan tindakan manajemen diri yang dapat diartikan sebagai cara individu mengorganisasikan atau menstrukturkan kegiatan dengan prinsip mendahulukan apa yang harus dilakukan (Diana Dwi Nurhidayati,2016)

 Manajemen waktu memiliki pengaruh besar dalam keberhasilan belajar siswa. Siswa MTs yang tidak memiliki kemampuan dalam manajemen waktu biasanya ditandai dengan perencanaan yang tidak terorganisasi, tidak jelas, tidak konsisten, dan kurang disiplin dalam menggunakan waktu. Mengelola waktu merupakan cara bagaimana siswa membagi waktu sebagai prioritas dan pencapaian tujuan hidup mereka . Manajemen waktu sama halnya dengan menejemen diri.

MANFAAT SKALA PRIORITAS BAGI SISWA MTs

Skala prioritas memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  • Meningkatkan efisiensi waktu (Ade Nurrachman, Sujarwo, dan Darsono, 2019)
  • Meningkatkan produktivitas siswa (Nurhayati, M.Pd. dkk, 2022)
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa (Khoirunnisa Fahira Rangkuti, 2019)
  • Meningkatkan prestasi belajar siswa (Efrina Rufaida, 2019)

IMPLEMENTASI SKALA PRIORITAS SISWA

Implementasi skala prioritas siswa dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:

  • Menetapkan tujuan yang jelas (Efrina Rufaida, 2019)
  • Membuat susunan jadwal kegiatan yang efektif (Nurhayati, M.Pd. dkk, 2022)
  • Menggunakan teknologi informasi untuk membantu siswa memanajemen waktu (Arvin Ayunthara, 2016)

KESIMPULAN

Skala prioritas manajemen waktu siswa MTS adalah strategi yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar dan produktivitas siswa. Dengan menggunakan skala prioritas, siswa dapat mengalokasikan waktu yang dimiliki dengan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Oleh karena itu, skala prioritas manajemen waktu siswa MTS harus diterapkan secara efektif dan efisien untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

REFERENSI

Dendy Sugono, Kamus Bahasa Indonesia (Jakarta ; Pusat Bahasa, 2015), h.1364

Ade Nurrachman, Sujarwo, dan Darsono. (2019). Hubungan Manajemen Waktu Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD. IAIN Kudus Repository.

Arvin Ayunthara. (2016). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi, Lingkungan Sekolah Dan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 3(5), 253.

Mamduh Hanafi, konsep Dasar dan Perkembangan Teori Manajemen, Modul 

https://reposity.ut.ac.id/4553/3/EKMA411-MI.pdf

Efrina Rufaida. (2019). Manajemen Waktu Peserta Didik dalam Kegiatan Pondok Pesantren. IAIN Ponorogo Repository.

Khoirunnisa Fahira Rangkuti. (2019). HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN WAKTU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA/i SMA Swasta Sinar Husni Labuhan Deli. Repositori UMA.

Nurhayati, M.Pd. dkk. (2022). Dasar-dasar Manajemen Pendidikan. Global Aksara Pers.

Retno Fitriani. (2019). Upaya Guru Dalam Manajemen Waktu Belajar Santri Di Madrasah Diniyah. IAIN Ponorogo Repository.

Situs. (2022). Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-As’ad Brambang Diwek jombang. Al-Idaroh - Volume 5 Nomer 1 Maret 2021.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun