Mohon tunggu...
Rifdah Larasati
Rifdah Larasati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Universitas Pendidikan Indonesia

Do something positive and better

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Edukasi 4 Sehat 5 Sempurna di SDN Pasirmalang 04 Desa Sukaluyu Pangalengan

11 Agustus 2022   19:10 Diperbarui: 11 Agustus 2022   19:22 401
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kota Bandung, Rabu (27/7/22) Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI, Bandung) Mengadakan KKN dengan mengusung tema pemberdayaan masyarakat berbasis Sustainable Developments Goals (SDG's) dan MBKM yang bertujuan pembangunan desa berkelanjutan. KKN Tematik Kelompok 3 sendiri mendapatkan tema "Desa Sehat Dan Sejahtera" kemudian terbentuk lagi kelompok kecil di sertai dengan program setiap individu yang berlokasi di desa sukaluyu pangalengan.

"4 Sehat 5 sempurna terapkan setiap hari" merupakan program yang sangat efektif dalam membangun masyarakat sehat dan sejahtera. Sasaran sosialisasi ini kepada anak sekolah dasar kelas 2 dan 3 di SDN Pasirmalang 04  Pangalengan Jawa Barat dan Orangtua Siswa.

Makanan  sehat menurut Nurchayati  dan  Pusari (2015) merupakan  makanan  yang memenuhi  syarat gizi  seimbang  dan tidak mengandung  zat  yang berbahaya  bagi  kesehatan anak. 

Asupan   makanan   sehat   harus   disesuaikan   dengan   kebutuhan   tubuh   sehingga tercapainya pemenuhan gizi yang baik. Syarat makanan sehat untuk anak yaitu porsi makan tidak terlalu besar, tidak pedas, asam dan berbumbu tajam serta bersih. Makanan  merupakan  kebutuhan  terpenting  seorang  manusia,  dengan  makanan  manusia dapat    hidup,    tumbuh    dan    berfikir.   

Makanan 4 sehat 5  sempurna juga mempunyai masing-masing fungsi dari kandungannya     sendiri,     yaitu karbohidrat  berfungsi  sebagai  seumber energi   yang   paling   utama,   pengatur metabolisme lemak, karbohidrat mencegah  oksidasi  lemak  yang  tidak sempurna. Karbohidrat juga merupakan bagian dari struktur sel (glykoprotein) yang    fungsinya    sebagai    reseptor hormon.  

Protein  berfungsi  sebagai pertumbuhan  dan  pemeliharaan  sel dan   jaringan   tubuh,   sebagai   alat transportasi  yaitu  mengangkut zat-zat gizi seperti lipoprotein, transferin   (mangan   dan   zat besi), mengatur keseimbangan cairan, pengaturan  pertukaran  cairan  dalam sel    tubuh.    

Sumber    energi tidakhanya fungsi dari karbohidrat, tetapi lemak     juga     mempunyai fungsi sebagai  sumber  energi.  Energi  yang berlebihan   dapat   disimpan   dalam jaringan     lemak     sebagai     energi potensial.   (Samkani,   N. Prasanti, 2012).

Tujuan Program ini adalah untuk menyadarkan siswa dalam memahami menu makanan sehat sebelum beraktifitas terutama pada anak-anak sebagai sumber energi dalam melakukan kegiatan disekolah agar terhindar dari masalah kesehatan akibat makan-makanan sembarangan.

Makanan 4 sehat 5 sempurna telah disempurnakan menjadi Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Perubahan ini didasari karena konsep makanan 4 sehat 5 sempurna tidak sesuai lagi dengan perkembangan ilmu dan permasalahan gizi saat ini. Pedoman Gizi Seimbang bertujuan untuk menyediakan pedoman makan dan berperilaku sehat bagi seluruh lapisan masyarakat. 

Pedoman ini berdasarkan 4 prinsip yaitu: Mengonsumsi beragam makanan, membiasakan perilaku hidup bersih, melakukan aktivitas fisik, mempertahankan dan memantau berat badan.

Siswa di minta membawa bekal guna untuk sarapan bersama untuk esok hari. Siswa-siswi SDN Pasirmalang 04 terbilang cukup antusias dimulai nya kegiatan dengan bernyanyi dan tes konsentrasi. Namun ada beberapa yang tidak terlibat secara aktif dalam sesi tersebut, hal ini menjadi indikator tujuan program mengenai pentingnya sarapan guna memasok energi dalam tubuh.

dokpri
dokpri

Sebelum melakukan sarapan bersama didalam kelas, siswa di beri edukasi terlebih dahulu oleh tim kkn mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar. Lalu siswa di beri arahan untuk mempraktikan mencuci tangan di wastafel menggunakan sabun yang sudah disediakan kemudian siswa kembali ke kelas untuk menyiapkan bekal yang sudah di bawa. 

Setelah selesai sarapan pagi siswa diberikan pemahaman terkait makanan 4 sehat 5 sempurna yang harus diterapkan dalam menu harian salah satunya buah dan sayur yang wajib dikonsumsi setiapharinya agar energy dan system kekebalan tubuh kita kuat dan semangat dalam melakukan aktifitas. Siswapun sedikit demi sedikit sadar akan pentingnya makanan sehat dan mulai memilih mana makanan yang baik dan yang kurang baik untuk tubuh setelah dilakukan edukasi ini. 

Setelah itu siswa diberikan pertanyaan mengenai makanan 4 sehat 5 sempurna dan sebagian siswa tidak menyukai sayur dan buah mereka lebih menyukai makanan-makanan instan salah satunya mie. Disela-sela pemberian materi, siswa di beri kesempatan kembali untuk tes konsentrasi dan bernyanyi. Hal ini guna mengecek tingkat konsentrasi setelah sarapan.

dokpri
dokpri

Pelaksanaan sosialiasasi ini anak-anak ini menghasilkan beberapa output, diantaranya :

  • Siswa jadi paham tentang penting nya sarapan dipagi hari dengan menu sehat
  • Siswa menyadari pentingnya mencuci tangan sebelum makan.
  • Siswa mampu memilah makanan yang cukup bernutrisi 4sehat 5sempurna atau yang masuk dalam kriteria Gizi Seimbang
    dokpri
    dokpri
    dokpri
    dokpri
    Adapun beberapa poster yang di tempel di madding sekolah guna untuk mengingatkan siswa agar selalu menerapkan menu sarapan sehat setiap harinya. 
  • Dengan adanya edukasi ini dirasa sangat efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai makanan 4 sehat 5 sempurna, dengan meningkatnya pengetahuan mengenai makan-makanan bergizi  siswa bisa terhindar dari berbagai masalah penyakit.

    Penulis : Rifdah Larasati

    KKN Tematik UPI Kelompok 3

    DPL : Bambang Erawan M.Pd

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun