Mohon tunggu...
Rifatu Fadillah
Rifatu Fadillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

jangan takut untuk mencoba

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini TK Kasih Ibu-Banyuasin

23 Desember 2021   01:18 Diperbarui: 23 Desember 2021   01:27 573
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini TK Kasih Ibu -- Banyuasin

Sebelum kita membahas tentang penerapan evaluasi, di sini saya akan menjejelaskan apa yang dimaksud dengan evaluasi  pembelajaran.

Evaluasi pembelajaran adalah sebuah proses untuk meningkatkan suatu pencapaian dalam tujuan pembelajaran yang telah dipersiapkan sebelumya, dengan cara yang sistematis.

Evaluasi pembelajaran  yang dilakukan di sekolah dapat menunjukkan informasi pada pendidik, pembuat kebijakan, dminstrasi sekolah, siswa serta orang tua untuk membuat keputusan. Evaluasi yang dilakukan dikelas juga dapat memberikan informasi yang lebih terperinci sebagai bahan penentuan dalam mengambil sebuah keputusan  yang dilakukan lembaga yang bersangkutan.

Dalam melakukan evaluasi pembelajaran ini memiliki tujuan yaitu untuk menilai kemampuuan siswa, untuk mengetahui perkembangan siswa secara individu, dapat digunakan sebagai bahan dalam evaluasi program pembelajaran yang sudah dilaksanakan, untuk mengetahui mampu tidaknya siswa dalam mengikuti pembelajaran yang sudah berlangsung.

Saya melakukan wawancara pada salah satu  guru di TK Kasih Ibu yang bernama Ibu Tatik, dengan memeberi pertanyaan mengenai teknik apa yang di terapkan dan penjelasannya, jenis evaluasi apa yang diterapkan beserta penjelasannya di Tk Kasih ibu. Tujuan reportase salah satunya untuk memenuhi tugas ujian akhir smester mata kuliah Evalusai Pembalajaran AUD. Tujuan lain dari melakukan reportase yaitu untuk memberikan informasi khusunya pada pembaca yang mencangkup tentang Evaluasi Pembelajaran.

Pendidikan adalah salah satu tempat berproses dan  pemberian rangsangan terhadapa anak supaya potensi yang dimiliki anak dapat berkembang secara optimal. Lembaga pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan AUD sebagai berikut seperti kelompok bermain yang bias kita sebut dengan play group, taman kanak-kanak- dan raudhatul athfal.

Pendidik merupakan peran utama sekaligus prioritas dalam mewujudkan keberhasilan dalam suatu pendidikan. Seorang pendidik juga menjadi salah satu peran penting dalam suatu lembaga pendidikan, dikarenaka pendidik menjadi contoh untuk anak murid nya.

Di TK Kasih Ibu dalam melakukan evalusai pembelajaran, teknik yang diterapkan yaitu menggunakan teknik evaluasi Non-Tes. Dimana jenis yang digunakan dalam melakukan teknik Non-tes itu sendiri  adalah  pemberian tugas dan percakapan.

Pemberian tugas ini dilakukan di dalam kelas serta pemberian tugas yang di kerjakan di rumah atau biasa disebut dengan sebutan (PR) Pekerjaan Rumah. Hal ini bertujuan supaya melatih anak untuk mengetahui, mengasah pemahaman da keterampilan tentang apa yang sedang mereka pelajari, serta mengasah kecerdasan anak. Melalui kegiatan pemberian tugas ini diharpakan dalam proses pencapaian suatu tujuan pembelajaran berjalan dua arah yaitu di sekolah dn di rumah.

Selanjutnya, Percakapan dimana percakapan ini dilakukan dengan cara bercerita antara anak dan guru atau antara anak dengan anak. Percakapan dalam evaluasi pembelajaran ini dapat dilakukan pendidik dengan sengaja serta topik yang dibicrakan tersebut harus sesuai dengan tema pelaksanaan pembelajaran pada saat itu. Dijelaskan dalam percakapan ini memiliki dua macam dalam evaluasi yang bias dilakukan. 

Yang pertama percakapan mengguanakan waktu khusus dan berstruktur  serta menggunakan pedoman contohnya seperti saat melakukan berdo'a. yang kedua penilaian percakapan ini dilakukan tidak berstruktur yang dilakukan antara guru dan anak tanpa adanya persiapan. Dapat dilakukan kapan saja, dimana dan saat melakukan kegiatan lainnya.

Dalam teknik evaluasi pembelajaran seperti teknik Non-tes tidak melakukan teknik evaluasi lain dikarenan pihak sekolah da lembaga pendidk memilih fokus pada apa yang sudah diterapkan dari awal.

Alasan menggunakan dan menerapkan teknik evalusasi pembelajaran tersebut karena telah di sepakati bersama baik dari tenaga pendidik maupun yang bersangkutan.

Kesimpulannya, di TK Kasih Ibu- Banyuasin ini menerapkan dan menggunakan teknik evaluasi Non-Tes. Dan jenis penerapan yang di gunakan di TK Kasih Ibu-Banyuasin ini antara lain terdiri dari Pemberian tugas dan Percakapan. Teruntuk TK Kasih Ibu harapannya supaya lebih berkembang dan maju serta kedepannya bias melakukan jenis teknik evaluasi yang lain seperti observasi secara langsung terhadap sikap da perilaku anak. Karena observasi ( pengamatan) ini sangat berpengaruh pada penilaian peserta didik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun