- Komunikasi
  Proses penyampaian suatu pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu atau untuk mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik langsung secara lisan maupun tidak langsung melalui media; proses penyampaian bentuk interaksi gagasan kepada orang lain dan proses penciptaan arti terhadap gagasan atau ide yang disampaikan baik sengaja maupun tidak disengaja.Â
- Komponen Komunikasi
  (1) Lingkungan Komunikasi : Lingkungan (konteks) komunikasi setidak-setidaknya memiliki 3 dimensi di antaranya :
      (a) Fisik, adalah ruang di mana komunikasi berlangsung nyata atau berwujudÂ
     (b) Sosial-psikologis
     (c)  Temporal (waktu), mencakup waktu dalam hitungan jam, hari, atau, sejarah di mana komunikasi berlangsung.Â
  (2) sumber-penerima
  (3) Enkoding-Dekoding
  (4) Kompetensi KomunikasiÂ
  (5) Pesan
  (6) SaluranÂ
  (7) Umpan Balik
  (8) Gangguan
- Tujuan dan Fungsi Komunikasi
   (1) Agar menjadi tahu dan memberitahukan, misalnya antar hubungan pergaulan sehari-hari, surat edaran, pengumuman, pemberitahuan dan sebagainya.Â
   (2) Menilai masukan (input) atau hasil (output) atau suatu pola pemikiran, misalnya umpan balik, tanggapan atas pendapatan, evaluasi anggaran, penilaian rencana dan sebagainyaÂ
   (3) Mengarahkan atau diarahkan, misalnya manajer mengarahkan sumber, tenaga, material, uang, mesin (kepada suatu tujuan), rapat kerja, seminar, penataran latihan kerja, juklak (petunjuk pelaksanaan), juknis (petunjuk teknis) dan sebagainya.Â
   (4) Mempengaruhi dan dipengaruhi, misalnya motivasi, persuasi, stimulasi dan sebagainya.
   (5) Mengandung beberapa fungsi insidental, atau netral : yang tidak langsung mempengaruhi tercapainya tujuan dan hubungan dalam pergaulan sosial.Â
- Etika dalam Berbisnis
  (1) Usaha yang langgeng adalah usaha yang dijunjung oleh nilai-nilai etika
  (2) Perusahaan yang tumbuh menjadi besar dimulai dari :
     + orang-orang biasa yang sedari awal memegang teguh nilai-nilai moral dan etika.
     + Menjaga kepercayaan dan tidak sembarangan dalam berkata-kata, apalagi dalam bertindak.
     + Bekerja dengan tata nilai, dan merekrut orang dengan melihat nilai-nilai yang dianutnya. Mereka menanamkan nilai-nilai yang sehat sedari awal.Â
- Bagaimana Berbisnis dengan Etis?
  + berperilaku jujur dalam menjalankan aktivitas bisnis. Ini meliputi seluruh aspek dalam menjalankan usaha
  + mentaati tata nilai
  + "walk the talk" bermakna konsisten antara apa yang dilakukan dengan apa yang diucapkan