Robert Cialdini lahir pada 27 April 1945, beliau terkenal dengan penelitiannya yang dituangkan dalam bukunya "Influence: The Psychology of Persuasion" (Pengaruh: Psikologi Persuasi) diterbitkan pada tahun 1984. Karya beliau membuka jendela wawasan tentang bagaimana manusia dapat dipengaruhi untuk mengambil tindakan tertentu. Beliau melahirkan prinsip dasar persuasi dapat diterapkan secara terpisah atau bersama-sama dalam berbagai situasi untuk meningkatkan kemungkinan seseorang menyetujui ide atau pernyataan kita.
Berikut adalah prinsip persuasi yang ditemukan oleh Cialdini dan cara penerapannya:
1. Reciprocation (Timbal Balik):
Prinsip: Orang cenderung merespons dengan baik ketika mereka merasa telah menerima sesuatu sebelumnya.
Penerapan: Berikan sesuatu kepada orang lain sebelum meminta atau mengharapkan sesuatu dari mereka. Ini dapat berupa bantuan, informasi, atau bahkan sesuatu yang kecil seperti hadiah kecil.
2. Commitment and Consistency (Komitmen dan Konsistensi):
Prinsip: Orang cenderung konsisten dengan komitmen yang mereka buat secara sukarela.
Penerapan: Mulailah dengan meminta komitmen kecil atau setuju pada hal-hal kecil terlebih dahulu. Setelah seseorang berkomitmen, mereka lebih mungkin untuk mempertahankan konsistensi dalam tindakan mereka.
3. Social Proof (Bukti Sosial):
Prinsip: Orang cenderung mengikuti perilaku orang lain jika mereka melihat banyak orang melakukan hal yang sama.