Mohon tunggu...
Warida
Warida Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Mengenal Lebih Dekat Tokoh Mazhab "Mainstream"

27 Februari 2018   20:07 Diperbarui: 27 Februari 2018   20:17 769
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Mazhab mainstream memiliki anggapan bahwa perbedaan utama antara ilmu ekonomi konvesional dengan ekonomi islam adalah dalam hal cara mencapai tujuan. Mereka menyetujui pandangan konvesional bahwa masalah ekonomi muncul karena adanya keterbatasan sumber daya ekonomi untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

Jadi pandangan mereka berbeda dengan pandangan mazhab baqir as-sadr. Menurut mereka, secara parsial atau lokal sangat mungkin terjadi kelangkaan sumber daya ekonomi, meskipun cara keseluruhan (alam semesta) terjadi keseimbangan. 

Misalnya di Afganistan atau Irak terjadi kekurangan sumber daya ekonomi. Disisi lain manusia pada dasarnya juga memiliki keinginan yang tidak terbatas. Justru dengan ajaran Islamlah manusia dituntut untuk mengendalikan keinginannya, sebeb keinginannya , sebab keinginan lepas kendali maka akan menyengsarakan kehidupan manusia sendiri.

Dengan tetap memberikan pandangan kritis terhadap aspek-aspek normative dalam ilmu ekonomi, mazhab mainstream memfokuskan koepada cara mngelola sumber daya yang terbatas dan keinginan yang tidak terbatas tersebut. Jika kapitalisme memecahkan permasalahan ekonomoi dengan market mecanism dan sosialisme menggunakan centralized plaing, maka ekonomi islam menggunakan cara yang ditentukan dalam al qur'an, hadist, dan praktek-praktek ekonomi islam pada masa kejayaan islam.

Sesuai dengan namanya, maka mazhab pemikiran ekonomi islam ini mendominasi khasanah pemikiran ekonomi islam diseluruh dunia. Meluasnya mazhab ini dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu :

1.Secara umum pemikiran mereka relavite lebih moderat jika dibandingkan oleh mazhab lainnya sehingga lebih mudah diterima oleh masyarakat.

2. Ide-ide mereka banyak menampilkan dengan cara-cara ekonomi konvesional, isalnya menggunakan economic modeling dan quantitative methods sehingga mudah dipahami oleh masyarakat luas. Sebenarnya hal ini tidak mengherankan sebab para pendukung mazhab ini kebanyakan emiliki latar belakang pendidikan ekonomi konvesional, disamping penguasaan ilmu keislaman yang memadai. Banyak diantara mereka telah menempuh pendidikan dengan jenjang tinggi dan tetap beraktivitas ilmiah dinegara-negara barat, misalnya Umar Chapra, Muhammad Nejatullah Siddiqi, dan Muhammad Abdul Mannan.

3. Kebanyakan tokoh merupakan staf, peneliti, penasehat, atau setidaknya memiliki jaringan erat dengan lembaga-lembaga regional atau dengan internasional yang telah mapan seperti Islamic Development Bank (IDB), Internasional Institut of Islamic Thought (III T), islamic research and training institute (IRTI), dan islamic foundation pada beberapa universitas maju. Lembaga-lembaga ini memiliki jaringan kerja yang luas didukung dengan pendanaan yang memadai, sehingga dapat mensosialisasikan gagasan ekonomi islam dengan lebih baik. Bahkan, gagasan ekonomi islam dapat dengan segera diimplementasikan dalam kebijakan ekonomi yang nyata, sebagai mana yang dilakukan oleh IDB dalam membantu pembangunan dinegara-negara Muslim.

Selain itu mazhab mainstream , yang banyak dipelopori oleh tokoh-tokoh yang banyak dipelopori oleh tokoh-tokoh yang berasal dari Islamic Development Bank (IDB) antara lain M. Monzer Chapra, M.A Mannan, Nejatullah Siddiqi, Khursyid Ahmad, Monzer Khaf dan sebagainya., mengakui adanya scarcity yang mendasari terbentuknya ilmu ekonomi. Karena sebagian tokoh mazhab mainstream ini adalah alumnidari berbagai perguruan tinggi Amerika dan Eropa, maka mereka dapat menjelaskan fenomena ekonomi dalam bentuk model-model ekonomi dengan perdekatan ekonometri. Dengan demikian, berbeda dengan mazhab pertama yang menolak ekonomi konvensional, mazhab ini banyak meminjam teori-teori ekonomi konvesional.

TOKOH TOKOH MAZHAB MAINSTREAM

Tokoh mazhab mainstream, diantaranya adalah M. Umer Chapra, M. Abdul Mannan, M. NejatullahSiddiqi, dan lain lain. Meraka adalah para doktor dibidang ekonomi yang beljar (dan juga mengajar) di universitas-universotas barat. Tokoh mazhab maestream mayoritas bekerja di Islamic Development Bank (IDB). Yang memiliki dukungan dana dan akses keberbagain negara sehingga penyebaran pemikirannyadapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

 A. Muhammad Abdul Mannan

Muhammad Abdul mannan dilahirkan di Bangladesh pada 1938. Selama 30 tahun kariernya, Mannan telah banyak sekali berperan dalam sejumlah besar organisasi pendidikan dan ekonomi. Pada 1970, ia menerbitkan buku utamanya yang pertama, yakni Islamic Economics, Theory and Practice. Buku ini dipandang oleh kebanyakan mahasiswa dan sarjana ekonomi islam sebagai "buku teks" pertama ekonomi islam. Untuk sumbangannya bagi pengembangan ekonomi islam, Mannan dianugerahi 'Highest Academic Award of pakistan' pada 1974 yang, bagi mannan setara dengan hadiah pulitzer. Pada 1970, ekonomi Islam berada dalam tahap pembentukan, berkembang dari pernyataan-pernyataan tentang prinsip ekonomi secara umum dalam Islam, hingga uraian yang lebih 'seksama' mengenai kerangka dan ciri khusus ekonomi islam yang lain. Haruslah dicatat bahwa pada saat itu tidak ada satu universitas pun yang mengajarkan ekonomi islam seperti sekarang, yakni suatu zaman ketika fiqh mu'amalat (hukum bisnis) masih dipandang sebagai ekonomi Islam. Dua buku Mannan di tahun 1984, yakni The Making of Islamic Economic Society dan The Frontiers of Islamic Economics, menurut Mannan, dapat dipandang sebagai upaya yang lebih serius dan terinci dalam menjelaskan bukunya yang pertama. Tak dapat disangkal bahwa Mannan telah menyumbang bagi pengembangan literatur ekonomi Islam. Ia mendifinisikan ekonomi islam sebagai sebuah ilmu sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi bagi suatu masyarakat yang diilhami oleh nilai nilai islam. Ekonomi islam itu berhubungan produksi, ekonomi, dan distribusi barang serta jasa didalam kerangka (suatu) masyarakat islam yang di dalamnya jalan hidup islam ditegakkan sepenuhnya

B. Monzer Khaf

                Pertama dan terutama sekali, khaf memandang ekonomi sebagai bagian dari agama. Oleh karena itu, perdenifisian hubungan dengan kepercayaan dan perilaku manusia , maka perilaku ekonomi haruslah merupakan salah satu aspek agama. Sejauh yang menyangkut islam, hal ini didukung oleh kenyataan bahwa al-Qur'an dan sunnah nabi. Yang merupakan sumber ajaran dan hukum islam menganddung islam dan norma ekonomi, juga berisi bentuk bentuk dan legalitas transaksi ekonomi.

C.Umar Chapra

                Umar Chapra dilahirkanpada tanggal 1 februari 1933 di pakistan arab saudi. Beliau terkenal dengan kontribusinya mengenai perkembangan ekonomi Islam selama 3 dekade. Beliau sangat dihormati atas pandangan dan pendekatan ilmiahnya. Kontribusi yang paling terkemuka yaitu dalam 3 bukunya : Kearah Sistem Moneter yang Adil (1985), Islam dan Tantangan Ekonomi (1992), dan Masa Depan Ekonomi: Suatu Perspektif Islam (2000).

 Beliau terkenal dengan konstribusinya mengenai perkembangan ekonomi islam selama 3 dekade.menurut Umar Chapra, ilmu ekonomi konvesional selama ini mendominasi pemikiran ilmu ekonomi modern, telah menjadi sebuah disiplin ilmu yang sangat maju dan bahkan terdepan. Dampak yang lebih mengagumkan lagi dari akselerasi perkembangan dinegara negara di industri barat adalah tersedianya sumber-sumber kajian yang subtansial bagi para pakar untuk membentu program riset mereka.

*  REFERENSI

*  Drs. Nur Hamid.2010.Jejak Langkah Sejarah Pemikiran Ekonomi islam.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

*  Chapra M Umer.2000.Islam Dan Ekonomi. Jakarta:Taskia Cendekia

*  Chapra M Umer.2001. Masa Depan Ilmu Ekonomi. Jakarta:Taskia Cendekia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun