Pendidikan Kewarganegaraan dan Peningkatan Kesadaran Lingkungan pada Siswa SD
PENDAHULUAN
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memegang peranan vital dalam pembentukan karakter siswa sejak usia dini. Salah satu aspek yang sangat penting untuk diperhatikan adalah penanaman kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Di usia sekolah dasar, anak-anak sangat terbuka terhadap berbagai pembelajaran baru dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Oleh karena itu, menanamkan nilai-nilai kesadaran lingkungan sejak dini akan memberikan dampak yang signifikan tidak hanya bagi mereka, tetapi juga untuk lingkungan sekitarnya.
Mengapa pendidikan kewarganegaraan dan kesadaran lingkungan di kalangan siswa SD begitu krusial? Karena masa SD adalah periode pembentukan karakter yang sangat penting, di mana nilai-nilai yang diajarkan akan membentuk kepribadian mereka di masa depan. Dengan mengajarkan siswa tentang betapa pentingnya menjaga lingkungan, kita berkontribusi dalam menciptakan generasi yang peduli terhadap keberlanjutan planet ini.Â
Melalui pendekatan yang tepat, pendidikan kewarganegaraan dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa SD. Esai ini akan mengulas bagaimana Pendidikan Kewarganegaraan dapat dioptimalkan untuk meningkatkan pemahaman mengenai lingkungan pada siswa di tingkat dasar, sehingga manfaat dari mata pelajaran ini dapat dimaksimalkan.
PEMBAHASANÂ
Dalam studi yang dilakukan oleh Widyaningsih dan Purwanti (2022), ditekankan betapa pentingnya kolaborasi antara sekolah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya dalam meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa. Kerjasama ini dapat diimplementasikan melalui berbagai program pendidikan lingkungan, aksi nyata, atau kegiatan lain yang melibatkan siswa, sekolah, dan masyarakat. Pandangan ini menegaskan bahwa kolaborasi tersebut sangat penting untuk menumbuhkan rasa peduli lingkungan pada siswa.
Dari penelitian pustaka yang telah dilakukan, terdapat beberapa temuan signifikan mengenai pentingnya membangun kesadaran lingkungan melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di tingkat SD, yang bertujuan untuk membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa:
1. Pentingnya Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Dini
Pendidikan karakter peduli lingkungan menjadi elemen penting dalam proses pembentukan karakter siswa. Jika kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan ditanamkan sejak usia dini, maka pola pikir dan perilaku siswaÂ
2. PKN sebagai Sarana Efektif dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter siswa, termasuk karakter peduli lingkungan. Materi yang diajarkan dalam PKN mencakup konsep kewarganegaraan, nilai-nilai Pancasila, serta isu-isu lingkungan hidup. Melalui pelajaran PKN, siswa dapat diarahkan untuk memahami betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan menerapkan perilaku peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.
3. Peran Penting Guru dan Lingkungan Sekolah
Guru memiliki peranan kunci dalam menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa. Mereka harus dapat menjadi teladan dengan menunjukkan perilaku peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, lingkungan sekolah yang kondusif, seperti kebijakan sekolah ramah lingkungan, ketersediaan sarana prasarana yang mendukung, dan keterlibatan seluruh warga sekolah, juga sangat penting dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa.
Berdasarkan ulasan di atas, jelas bahwa menciptakan kesadaran dan kepedulian lingkungan di kalangan siswa SD melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) memiliki peranan yang sangat signifikan. Pembelajaran PKN berperan sebagai media yang efektif untuk menumbuhkan karakter ini, karena materi PKN meliputi konsep kewarganegaraan, nilai-nilai Pancasila, serta isu-isu yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Melalui pembelajaran tersebut, siswa dapat diarahkan untuk menyadari pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan menerapkan perilaku peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.
Strategi Membangun Kesadaran Lingkungan melalui Pembelajaran PKn
Pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) memainkan peran krusial dalam membangun kesadaran lingkungan. Melalui pendidikan ini, siswa diperkenalkan pada konsep-konsep hak dan kewajiban sebagai warga negara, perlindungan lingkungan, serta pembangunan yang berkelanjutan. Di samping itu, PKn juga bisa menanamkan nilai-nilai luhur yang mencerminkan kepedulian terhadap lingkungan, seperti tanggung jawab untuk menjaga kelestarian alam, penggunaan sumber daya yang bijaksana, dan penghormatan terhadap keindahan alam.
Untuk mengembangkan karakter peduli lingkungan di kalangan siswa sekolah dasar, dibutuhkan strategi pengajaran yang efektif dan menarik. Berikut adalah beberapa pendekatan yang dapat diterapkan:
1. Materi Pembelajaran Interaktif: Menggunakan materi interaktif dan visual, seperti video, gambar, atau simulasi, sangat penting untuk menggambarkan dampak lingkungan serta langkah-langkah pencegahan terhadap degradasi lingkungan.
2. Kegiatan Luar Kelas: Mengajak siswa berkunjung ke area hijau, taman, atau hutan memberikan pelajaran berharga tentang pentingnya menghargai dan melestarikan lingkungan.
3. Pembelajaran Berbasis Proyek: Memfasilitasi siswa untuk mempertimbangkan masalah dunia nyata dan mendorong mereka untuk mencari solusi kreatif sangat bermanfaat untuk pengembangan kemampuan berpikir mereka.
4. Diskusi dan Debat: Mengadakan diskusi dan debat dapat membantu siswa mengasah keterampilan berpikir kritis, menganalisis isu-isu lingkungan, serta merumuskan argumen yang logis.
Secara keseluruhan, pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar memiliki peranan penting dalam menumbuhkan kesadaran dan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan dasar, yang bertujuan untuk membentuk siswa menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas (kognitif), tetapi juga memiliki kepedulian emosional (afektif) dan keterampilan (psikomotor) yang baik, termasuk kesadaran akan pentingnya lingkungan.
Dampak positif dalam memperbaiki sistem kesadaran lingkungan melalui Pendidikan Kewarganegaraan di SD
Tujuan pembelajaran Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) di sekolah dasar adalah untuk memperkenalkan siswa kepada nilai-nilai Pancasila, kewarganegaraan, serta hak asasi manusia dan kewajiban negara (Izma et al. , 2019). Melalui pendidikan PPKn, diharapkan para siswa dapat mengembangkan rasa cinta tanah air, menghargai keberagaman budaya, dan menjadi warga negara yang menyadari peran dan tanggung jawab mereka dalam menciptakan masyarakat yang adil dan demokratis. Selain itu, PPKn juga bertujuan untuk mengajarkan tata krama, moralitas, dan komunikasi yang baik, sehingga siswa mampu berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan sosial dan politik di masa depan (Zulfikar et al. , 2021).
Pentingnya PKn di sekolah dasar sangat jelas karena tujuannya adalah untuk menanamkan pengetahuan, nilai, dan keterampilan sosial sejak usia dini. Ini mencakup pemahaman mendalam mengenai Pancasila, hak dan kewajiban sebagai warga negara, nilai-nilai demokrasi, serta aspek-aspek kunci pembangunan manusia. Namun, terdapat sejumlah kendala seperti minimnya partisipasi siswa dan keterbatasan sumber daya guru, serta hambatan-hambatan ini ditujukan untuk meningkatkan mutu pendidikan kewarganegaraan di tingkat pendidikan dasar. Berikut ini adalah dampak positif dari perbaikan sistem kesadaran lingkungan melalui pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar:
1. Pembentukan karakter peduli lingkungan
Menurut Ariyanti dan Muslihati (2019), pendidikan mengenai pelestarian lingkungan hidup merupakan kegiatan yang juga berkaitan dengan ekonomi untuk membimbing sikap dan tindakan peserta didik yang peduli terhadap lingkungan. Pembelajaran PKn berfungsi sebagai sarana efektif untuk menanamkan nilai-nilai pelestarian lingkungan hidup kepada siswa. Pemikiran ini mengindikasikan bahwa pengetahuan mengenai kepedulian terhadap lingkungan seharusnya ditanamkan sejak usia dini sehingga membentuk sikap dan perilaku siswa yang berkomitmen dalam menjaga lingkungan.
2. Peningkatan pemahaman nilai-nilai demokrasi
Dengan menekankan pada pentingnya demokrasi di dunia, maka nilai-nilai demokrasi perlu terwujud dalam diri setiap individu. Melalui pengalaman yang mereka hadapi, siswa belajar tentang masalah yang mereka temui. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, komunikasi memainkan peranan yang sangat penting. Komunikasi diartikan sebagai kemampuan penerima pesan untuk menerima informasi tanpa terikat pada isi pesan.Â
3. Pengembangan sikap toleransi
Siswa tidak hanya mempelajari materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, tetapi dalam metode pembelajaran tersebut, nilai-nilai dan sikap diterapkan bagi siswa sekolah dasar, sehingga dapat membentuk sikap yang baik pada diri siswa. Kesabaran yang perlu dimiliki seseorang, merupakan penghargaan, penerimaan, rasa hormat, dan lain-lain. Pendidikan di sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam menyediakan kegiatan untuk mengembangkan dan menumbuhkan sikap toleransi dalam keragaman, karena pendidikan dapat memberikan atau menciptakan pemahaman yang terstruktur mengenai pentingnya sikap toleransi terhadap berbagai ras, budaya, dan agama di Indonesia.
KESIMPULANÂ
Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah dasar memiliki tujuan yang lebih luas daripada sekadar membentuk warga negara yang baik. Ia juga bertujuan untuk menciptakan individu yang tangguh, jujur, dan memiliki empati. Salah satu aspek kunci dari karakter yang perlu dikembangkan adalah kepekaan terhadap lingkungan. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai lingkungan ke dalam pendidikan kewarganegaraan, kita berupaya mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan global dan siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan, termasuk isu-isu lingkungan.
Sebagai pendidik, kita dituntut untuk merancang metode pengajaran yang inovatif dan melibatkan siswa secara aktif. Contohnya, melalui proyek lingkungan, diskusi kelompok, dan kegiatan di luar kelas. Dengan pendekatan ini, pendidikan kewarganegaraan tidak hanya berfungsi untuk memahami hak dan tanggung jawab sebagai warga negara, tetapi juga menjadi sarana untuk membangun kesadaran kolektif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan demi masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menanamkan kesadaran lingkungan sejak dini dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
REFRENSIÂ
Widyaningsih, T. S., & Purwanti, E. (2022). Kerjasama sekolah, masyarakat, dan pemangku kepentingan dalam membangun karakter peduli lingkungan siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Hidup, 12(2), 98-107.
Titin Sunaryati, DKK. (2024). Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Journal Of Education, 382-390.
Ariyanti, N. & Muslihati. (2019). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 289-297.
Aisyah, K. A. (2024). Pentingnya Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar Guna Membentuk Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3-10.
Izma, T. &. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangu Karakteer Bangsa. Jurnal Ilmu Kependidikan, 84-92.
Zulfikar, M. F. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 104-115.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H