Abstrak
Sinergi antara guru Bimbingan Konseling (BK) dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah. Sinergi yang terjalin dapat membantu siswa memahami nilai-nilai agama dan moral yang dapat membentuk kedisiplinannya. Hambatan dalam sinergi ini adalah perbedaan pemahaman antara apa yang diinginkan guru BK dan apa yang dilakukan orang tua di rumah, serta ketidak tahuan orang tua terhadap fungsi guru BK di sekolah. Untuk mengatasi hambatan tersebut, guru BK dan guru PAI harus meningkatkan komunikasi dengan orang tua siswa dan mengembangkan program yang lebih efektif.
Kata kunci: Pendidikan, Sinergi Guru, Bimbingan Konseling
Abstract
The synergy between Guidance Counseling (BK) teachers and Islamic Religious Education (PAI) teachers is very important to improve student discipline at school. The synergy that exists can help students understand religious and moral values that can shape their discipline. Obstacles to this synergy are differences in understanding between what the guidance counselor wants and what parents do at home, as well as parents' ignorance of the function of the guidance counselor at school. To overcome these obstacles, guidance and counseling teachers and PAI teachers must improve communication with students' parents and develop more effective programs.
Keywords: Education, Teacher Synergy, Guidance Counseling
Pendahuluan
Kedisiplinan merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan yang mempengaruhi perkembangan pribadi dan akademis siswa. Sangat mungkin ditemui siswa bermasalah di sekolah dengan berbagai gejala kenakalan, mulai dari yang ringan hingga berat. Siswa sekolah menengah tergolong dalam usia remaja. Hal ini terlihat dengan memperhatikan ciri-ciri fisik dan psikis yang dialaminya. Perkembangan pada remaja yang mengalami "strum und drang" (Kegoncangan) atau masa labil akibat proses peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa.
Gejolak batin yang menjadi ciri perkembangan kehidupan spiritualnya seringkali menimbulkan berbagai gangguan yang menyebabkan ketidakstabilan pikiran, perasaan, kemauan, ingatan, dan juga ketegangan nafsu. Selain ciri-ciri tersebut, menurut perkembangan jiwanya, remaja cenderung meniru hal-hal yang dianggap dapat memuaskan batinnya, dan juga cenderung mewujudkan impiannya (imajinasi) tanpa berusaha memikirkan akibat dari perilakunya.
Dalam Undang-Undang No. 14 Bab 1 pasal 1 tentang guru dan dosen, telah disebutkan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru mempunyai 4 kompetensi yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.
Dalam hal ini maka Guru Bimbingan Konseling (BK) dan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk kedisiplinan siswa. Sinergi antara keduanya dapat meningkatkan efektivitas dalam mengatasi masalah kedisiplinan siswa di dalam sekolah tersebut.
PembahasanÂ
Guru BK dan Guru PAI bersinergi dalam program konseling Islami mingguan seperti imtaq dan kegiatan konseling. Dalam program ini dapat membantu siswa memahami nilai-nilai agama dan moral yang dapat membentuk kedisiplinannya. Seperti contoh kegiatan Imtaq yang membahas permasalahan agama dan moral yang berkaitan dengan kehidupan siswa dan dibahas secara mendalam. Guru Bimbingan konseling serta guru PAI berkolaborasi dalam menyelenggarakan dan melaksanakan kegiatan tersebut. Dalam hal konseling lainnya guru Bimbingan Konseling dan guru Pendidikan Agama bekerjasama dalam mengadakan kegiatan yang membahas topik-topik penting siswa seperti pentingnya disiplin dan etika dalam kehidupan sehari-hari.
Hambatan yang dihadapi guru BK dan guru PAI dalam melaksanakan sinergi adalah perbedaan tindakan yang diinginkan guru BK dengan apa yang dilakukan orang tua di rumah. Selain itu, ketidaktahuan orang tua terhadap bimbingan dan pendampingan guru di sekolah menjadi tantangan tersendiri. Guru BK dan guru PAI perlu meningkatkan komunikasi dengan orang tua siswa untuk memahami lebih baik tindakan yang diinginkan oleh guru BK.
Guru Bimbingan Konseling dan guru Pendidikan Agama Islam juga berupaya bekerja sama dengan baik guna menanamkan kedisiplinan kepada siswanya. Ada beberapa langkah untuk mengembangkan disiplin yang baik kepada siswa yaitu:
- Perencanaan, meliputi membuat aturan maupun prosedur serta menentukan konsekuensi untuk aturan yang dilanggar
- Mengajar siswa bagaimana mengikuti aturan
- Salah satu cara yang terbaik adalah mencegah masalah dari semua kejadian. Dalam hal ini menuntut guru untuk dapat mempertahankan disiplin dan komunikasi yang baik.
- Merespon secara tepat dan konstruktif ketika masalah timbul.Â
PenutupÂ
Sinergi antara guru BK dan guru PAI dalam menjaga kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah sangat penting. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan bersama, seperti program konseling Islami dan kegiatan penyuluhan, membantu siswa memahami nilai-nilai agama dan moral yang dapat membentuk kedisiplinan mereka. Kendala yang dihadapi dapat diatasi dengan lebih baik dengan peningkatan komunikasi dan pemahaman antara guru BK, guru PAI, dan orang tua siswa.
Daftar PustakaÂ
Arifin. 1982. Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta: Goden Terayon Press.
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Grasindo.
Febriani, Deni. 2011. Bimbingan Konseling. Yogyakarta : Teras.
Hikmawati. 2012. Bimbingan Dan Konseling (Edisi Revisi). Jakarta:Raja Wali Pers.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H