antropologi. Dengan adanya pendekatan antropologi ini nantinya bisa membantu studi Islam untuk lebih mampu mendeskripsikan peran manusia dalam menjalankan keagamaannya.Â
Islam sebagai agama sejatinya tidak hanya berhenti perihal keyakinan para pemeluknya. Namun juga perihal keyakinan tersebut dapat hadir dalam setiap aktifitas seorang muslim, baik dalam hal peribadatan, perdagangan, politik, kebudayaan, dan kegiatan sosial lainnya. Oleh karena itu dalam lingkup studi Islam, Islam harus dapat didekati dengan berbagai pendekatan, salah satunya yaitu melalui pendekatanDidalam studi islam terdapat metodologi dengan beberapa pendekatan. Metodologi studi Islam sendiri adalah prosedur yang ditempuh secara ilmiah, cepat dan tepat dalam mempelajari Islam secara luas dalam berbagai aspeknya, baik dari segi sumber ajaran, pemahaman terhadap sumber ajaran maupun sejarahnya.Â
Pendekatan antropologi dalam studi Islam adalah upaya untuk memahami agama dengan melihat praktik keagamaan yang berkembang dalam masyarakat. Pendekatan ini dapat membantu menjelaskan ajaran agama, karena banyak informasi dalam ajaran agama yang dapat dijelaskan melalui ilmu antropologi.
Antropoli berasal dari kata Antropos dan Logos. Antropos merupakan manusia sedangkan Logos adalah Ilmu. Dengan kata lain atropologi merupakan cabang keilmuan yang membahas tentang manusia di mana membahas tentang asal-usul, aneka warna bentuk fisik, adat istiadat, dan kepercayaan pada masa lampau (Potabuga, 2020).
Secara epistemologis antropolog mempelajari tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kehiduapan manusia secara empirik dan sebagai makshluk sosisal hubungan dengan masyarakat. Manusia secara biologis memiliki perbedaan warna kulit, bentuk tubuh sifat dan fisik lainnya. Manusia terlahir sudah memilikikelompok dan tumbuh dalam kehidupan masyarakat dengan kebudayaan tertentu.
Brian Moris memberikan pandangan kajian agama secara antropologi dapat dilakukan dengan menjadikan agama sebagai krangka sosial empiris, kemudian menjadikan agama sebagai bagian dari kehidupan manusia yang dapat dikaji dan diteliti. Dalam kajian antropologi kehidupan umat manusia di dunia ini pasti ditemukan adanya pluralitas atau keanekaragaman, kemajemukan. Pluralitas dalam kehidupan bermasyakat menjadi warna tersendiri untuk saling melengkapi dan saling membutuhkan.
Kajian antropologi dalam studi Islam dilakukan dengan upaya untuk memahami gejala-gejala keagamaan dengan melihat berbagai praktik keagamaan yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat. Tindakan ini dilakukan sebagai ihkhtiar untuk melihat dan memperkuat posisi agama dalam kehidupan manusia. Tahapan dalam pemahaman Islam tidak akan lengkap tanpa melihat secara holistik antara budaya dan manusia.Â
Kehidupan beragama yang sesungguhnya adalah realitas kehidupan manusia yang mengejewantahkan dunia nayata. Maka bisa dipastikan makna hakik dari keberagamaan adalah terletak pada interpretasi dan pengalaman agama. Oleh karenanya ilmu antropolig diperlukan untuk memahami gejalagejala yang terjadi dalam kehiduapan beragama manusia.
Pendekatan antropologi dan studi agama membuahkan antropologi agama yang dapat diakatakan sebagian dari antropoli budaya, bukan antropologi sosial. Antropologi agama sebagai bagian memiliki sistetematika keilmuan yang kuat.
Sejalan dengan pendapat antropologi itu, sehingga dalam berbagai data antropologi agama dapat ditemukan adanya kolerasi pasif antara keyakinan agama dengan kondisi ekonomi dan politik. Golongan masyarakat yang kurang mampu dan golongan miskin pada umumnya lebih tertarik kepada gerakan-gerakan keagamaan yang bersifat mesianis, yang menjanjikan perubahan tatanan sosial kemasyarakatan. Sedangkan golongan orang kaya lebih cenderung untuk mempertahankan tatanan masyarakat yang sudah mapan secara ekonomi lantaran tatanan itu menguntungkan pihaknya. Melalui pendekatan antropologi dapat dilihat bahwa agama ternyata berkorelasi dengan kerja dan perkembangan ekonomi suatu masyarakat. Dalam hubungan ini seseorang ingin mengubah pandangan dan sikap etos kerja maka dapat dilakukan dengan cara mengubah pandangan keagamaannya. Â Â
Melalui pendekatan antropologis terlihat dengan jelas hubungan agama dengan berbagai masalah kehidupan manusia. Pendekatan antropologis seperti itu diperlukan adanya, sebab masalah agama hanya bisa dijelaskan dengan tuntas melalui pendekatan antropologi. Artinya manusia dakam memahami ajaran agama, dapat dijelaskan melalui bantuan ilmu antropologi dengan cabang-cabangnya.Â
Terdapat kelebihan dan kekurangan dalam pendekatan antropologi dalam studi Islam, sebagai berikut: Kelebihan pendekatan antropologi memiliki corak yang deskriptif dengan pematangan langsung, sehingga dapat diketahui bagaimana sebenarnya praktik keberagamaan (local practis) praktik nayata yang terjadi di suatu tempat. Antropologi akan mencari keterkaitan antara berbagai domain kehidupan secara lebih utuh dan melakukan perbandingan dari berbagai tradisi. Dengan antropologi kita dapat memahami berbagai corak dan perilaku manusia berdasarkan keberagamaan yang dilakukannya.Â
Kekurangannya antropologi tidak membahas fungsi agama bagi manusia, tetapi membahas isi unsur-unsur pemebentuk dalam agama dan itu berkaitan dengan manusia dan kebudayaannya. Dalam kehidupan terjadi perubahan budaya yang sangat cepat sehigga kita harus teliti dan update dalam mengamatinya, sehingga dalam praktiknya jika tidak cermat maka akan susah membedakan antara agama dan budaya.
Berikut juga beberapa kelebihan lain yang dimiliki pendekatan antropologi dalam studi Islam:
- Dapat meneliti asal-usul agama
- Dapat memahami cara berpikir manusia yang menganut agama tersebut pada zamannya
- Dapat melihat hubungan antara agama dengan berbagai pranata sosial yang terjadi di masyarakat
- Dapat melihat serat-serat sosok agama yang ada pada dataran empiris dan latar belakang mengapa agama tersebut muncul dan dirumuskanÂ