Mohon tunggu...
riap windhu
riap windhu Mohon Tunggu... Sales - Perempuan yang suka membaca dan menulis

Menulis untuk kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Money

Stand Up Selling, Presentasi Dahsyat

8 Juli 2015   15:59 Diperbarui: 8 Juli 2015   15:59 691
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dedy Budiman, M.Pd menyampaikan Stand Up Selling dalam acara Sales Gathering On Ramadhan (SEGER) 2015 Komunitas Sales Indonesia (KOMISI)

SEORANG salesman atau tenaga penjual, yang ingin penjualannya meningkat sudah sepantasnya memiliki keahlian presentasi yang dahsyat dan mampu membuat calon pelanggan terkesan, sehingga sepakat dengan yang disampaikan. Presentasi penjualan efektif dikatakan efektif jika dapat diterima dengan baik oleh calon pelanggan dan berujung pada tercapainya penjualan.

"Presentasi adalah salah satu tugas yang harus dilakukan oleh seorang sales untuk mendapatkan penjualan," kata Dedy Budiman M.pd, Champion Sales Trainer, dalam acara Sales Gathering On Ramadhan (SEGER) 2015, bertema Stand Up Selling dari Komunitas Sales Indonesia (KOMISI). Sebanyak 120 tenaga sales dari berbagai jenis industri hadir dalam acara yang digelar di Fave Hotel, Blok M, Jumat (3/7) lalu.

Presentasi penjualan tentunya harus mampu menjawab kebutuhan dan solusi calon pelanggan sehingga merasa yakin dan segera mengambil keputusan untuk melakukan pembelian. Presentasi penjualan dapat diibaratkan sebagai pemberian hadiah kepada calon pelanggan.

Sebelum meminta calon pelanggan membeli produk ataupun jasa yang dijual, calon pelanggan  harus diberi hadiah berupa presentasi yang menarik. Presentasi berasal dari kata dasar present yang artinya pemberian atau  hadiah.

Dedy, yang juga Founder KOMISI  menjelaskan, presentasi yang baik bukanlah sekedar tatap muka atau asal bicara. Ada teknik yang harus dikuasai supaya penyampaian materi  dapat menarik dan menjual. Stand Up Selling adalah salah satu pilihan teknik presentasi dahsyat yang dapat digunakan tenaga penjual.

Stand Up Selling, yang diadopsi dari Stand Up Comedy yang menyampaikan suatu topik dengan unsur memberi informasi, menyenangkan, dan menghibur. Meski demikian, tenaga penjual harus mampu melakukan lebih karena harus mengupayakan terjadinya penjualan.

Stand up Selling dimaknai sebagai suatu bentuk presentasi materi penjualan secara langsung memenuhi lima unsur, yakni Menyenangkan, Edukatif, Meyakinkan, Memotivasi, dan Mengubah Pola Pikir calon pelanggan.

Struktur Penting Stand Up Selling

Presentasi efektif Stand Up Selling dimulai dari sebuah tujuan yang jelas. Tujuan presentasi dimulai dengan apa yang ingin disampaikan. Tentu saja dengan tidak melupakan siapa peserta yang akan mendengarkan presentasi. Contohnya adalah “Saya ingin pelanggan yakin dengan produk yang saya tawarkan.”

Jika seseorang yang melakukan presentasi  tidak mengetahui apa yang ingin dicapai dalam sebuah presentasi, maka yang mendengarkan pun tidak akan memahami apa yang disampaikan. Setiap calon pembeli atau pelanggan memiliki kebutuhan. Tugas seorang tenaga penjual adalah mempertemukan kebutuhan itu dengan memberikan solusi yang tepat dan benar-benar dibutuhkan

Presentasi Stand Up Selling yang efektif harus memperhatikan empat struktur penting, yaitu

  1. Pembukaan presentasi dengan menarik. Pembukaan presentasi yang baik dapat dimulai dengan metode mengajukan pertanyaan (ask question), mengutip pernyataan dari pakar atau orang terkenal (quotes), dan menggunakan hasil survey dari lembaga terkemuka (Survey),
  2. Presentasi harus mampu menyampaikan kebutuhan dan permasalahan yang berdampak langsung pada pendengar atau calon pelanggan sehingga merasa membutuhkan clock technique dan triangle technique.
  3. Presentasi juga harus dapat memberikan pemecahan masalah dengan menyampaikan bagaimana kebutuhan pendengar dapat terpenuhi dan masalah dapat diselesaikan dengan metode cerita dan penyampaian testimoni,
  4. Bagian terakhir presentasi adalah dengan mengajak pendengar untuk mengambil tindakan yang harus dilakukan, yakni melakukan pembelian (action).

 

Sales On Gathering (SEGER)

Kegiatan Sales Gathering on Ramadhan (SEGER) Jakarta tahun 2015 berlangsung dengan menarik, penuh keceriaan, dan penuh ilmu bermanfaat yang berguna bagi para sales. Acara  ini sarat dengan permainan dan hadiah doorprize. Acara diakhiri dengan buka puasa puasa bersama di kafe Oey. Kegiatan disponsori oleh DB Inc, Mircrosoft, dan advan

SEGER merupakan acara di bulan ramadhan tahun ke-4, yang dilakukan oleh Komunitas Sales Indonesia (KOMISI), yang didirikan pada tanggal 11 November 2011. Tahun ini SEGER dilakukan di lima kota, yakni Medan, Bandung, Bali, Jakarta, dan Semarang.

KOMISI, organisasi non profit yang mengusung diri sebagai rumah para sales ini berupaya meningkatkan citra tenaga penjual (sales) yang saat ini masih dianggap bukan sebagai profesi pilihan.

Setidaknya sebanyak 4 kali dalam setahun diadakan agenda workshop untuk sales untuk penyampaian ilmu sales bermanfaat dengan biaya yang terjangkau.

Setiap sales Indonesia dari berbagai bidang dapat bergabung dalam milis, facebook, dan akun media sosial KOMISI.  Pendaftaran sangat mudah hanya dengan mengirimkan email ke komunitassalesindonesia-subscribe@yahoogroups.com atau follow FB: Komisi Nasional dan Twitter: @Komisi_Nasional. 

 

Penulis : #RiapWindhu

Agen Asuransi Manulife Indonesia

Komunitas Sales Indonesia (KOMISI) Jakarta

No Kontak : 081287749530/ pin bb :29dff96e

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun