Haiii semua...
Udah sekitar 4 bulan nih aku ga upload di Kompasiana, gimana pada kangen ga? Hehehe
Di blog aku kali ini, aku mau sharing cerita ku semasa magang. Siapa nih di sini yang sebentar lagi mau magang? Yuk sini kumpul.
Sebelumnya aku mau kasih tahu, aku adalah mahasiswa jurusan Perhotelan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti melalui jalur Beasiswa Unggulan Kemendikbud tahun 2018.
Di STP Trisakti mahasiswa perhotelan diwajibkan internship/magang 2 kali, dengan masing-masing waktu magang memiliki periode 6 bulan atau 1 semester.
 STP Trisakti tidak membatasi atau mengekang mahasiswanya untuk memilih hotel dan departemen yang akan dipilih. Memilih departemen front of the house atau back of the house diperbolehkan oleh pihak STP Trisakti.Â
Sebelum masuk menjadi bagian dari hotel, pasti diadakannya proses interview, yang mana interview tersebut tidak hanya dilakukan 1 kali dengan 1 orang interviewer saja, melainkan bisa sampai 3 atau 4 kali interview tergantung standar operasional dari masing-masing hotel.Â
Interview merupakan salah satu cara hotel untuk menggali informasi yang ada di diri kalian. Melalu interview pun bisa terlihat apakah seseorang bisa menjadi bagian hotel tersebut atau tidak.
Pada bulan Februari 2021, aku melaksanakan magang di salah satu restoran hotel bintang 5 di Jakarta, yaitu Seasonal Tastes yang berada di hotel The Westin Jakarta. Aku melaksanakan magang selama 6 bulan, mulai dari bulan Februari 2021 hingga Juli 2021. Sebenarnya ini merupakan magang keduaku.Â
Karena sebelum aku kuliah di STP Trisakti, aku merupakan lulusan salah satu SMK Perhotelan di Tangerang, yang mana di Sekolah Menengah Kejuruan juga mewajibkan siswa-siswinya untuk melakukan internship atau magang 1 kali/1 semester dengan periode yang sama yaitu 6 bulan, hanya saja departemen yang aku pilih pada saat duduk dibangku SMK berbeda dengan departemen yang aku pilih pada saat kuliah.
Di SMK, aku mengambil jurusan Akomodasi Perhotelan yang mana pada jurusan tersebut hanya mempelajari ruang lingkup room division.
Hotel yang kupilih untuk melaksanakan magang semasa SMK juga hotel bintang 5 di Jakarta, yaitu The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place.Â
Saat itu, aku memilih departemen housekeeping, yaitu departemen yang bertanggung jawab atas kebersihan, kenyamanan, keamanan dan keindahan seluruh area hotel kecuali bagian kitchen/dapur nya.Â
Di sana aku dan semua teman-teman magangku merasakan semua section yang ada di departemen housekeeping, seperti public area, room attendant, turn down server, houseman dan laundry. Capek? Pasti, tapi magang di departemen housekeeping sangat seru.Â
Yang aku rasakan pada saat menjalankan magang di departemen housekeeping selama 6 bulan adalah rasa kekeluargaannya yang sangat erat. Seperti saling membantu teman yang kehabisan barang, atau yang belum selesai agar bisa pulang bareng-bareng.
Berbeda dengan SMK, pada saat aku menjalankan magang pertama dimasa kuliah, aku memilih untuk pindah jalur ke Food and Beverage Service. Karena aku baru merasakan adanya ketertarikan pada dunia FB Service pada saat kuliah, karena di SMK aku tidak mendapatkan mata pelajaran FB Service.Â
Di departemen FB Service, aku ditempatkan di hostess, mirip seperti reception hotel, namun hostess hanya untuk reception restaurant nya saja.Â
Sejujurnya, magang sebagai hostess lebih lelah hehehe, namun aku merasa cocok di FB Service khususnya di hostess karena aku lebih sering bertemu dan berbincag dengan tamu. Tidak hanya berbincang secara langsung, aku pun juga berbincang dengan tamu via telepon.Â
Tidak hanya kemampuan berbicara, aku juga harus memahami betul product knowledge dari Seasonal Tastes. Contohnya, makanan seperti apa yang biasa dipesan tamu, makanan atau minuman apa saja yang boleh dimakan untuk vegetarian, apa saja komposisi dari makanan/minumannya, berapa harga makanan dan minumannya, promo apa saja yang ada di restoran dan lain sebagainya.
Sebetulnya, magang di hotel banyak enaknya. Tidak takut gerah karena semua ruangan full ac, uang tip dari tamu yang tak terduga, dapat makan siang di kantin, uniform kerja nya juga disediakan hotel, serta uang transport yang diberikan hotel kepada anak magang setiap bulannya.Â
Tetapi, tidak semua berjalan mulus. Pasti ada saja cerita dimarahin/dikomplen tamu, menerima permintaan tamu yang kadang suka tidak masuk akal, jarang pulang on-time dan tidak pernah libur di hari sabtu minggu. Karena hotel pada saat weekend biasanya memiliki occupancy yang tinggi, sehingga jarang sekali staff/daily worker/trainee diliburkan di hari sabtu dan minggu.Â
Jadi, apakah kalian siap magang di hotel? Aku yakin pasti udah pada siap nih. Mungkin itu saja yang bisa aku share, semoga bermanfaat.
Semangat magangnya!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H