Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Perkenalkan sebelumnya nama saya Muchamad Reza Supriyono, seorang Mahasiswa Aktif Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dan saya juga merupakan seorang Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud Tahun 2019.
Di dalam industri perhotelan ataupun restaurant, pemberian sebuah guest comment card kepada tamu merupakan suatu hal yang wajib dilakukan dikarenakan Guest comment yang didapat dari guest comment card akan digunakan sebagai bahan evaluasi yang nantinya akan di rancang untuk ke depannya sebagai materi pengembangan terhadap kualitas kerja staff dalam memberikan sebuah pelayanan agar menjadi lebih baik.
Guest comment juga tidak selalu memberikan kesan yang buruk terhadap pelayanan yang diberikan, tetapi terdapat juga guest comment yang memberikan kesan yang baik dari tamu kepada staff yang memberikan pelayanan yang sesuai dengan yang tamu harapkan serta pemberian feed back yang baik dari tamu akan mempengaruhi beberapa hal ke depannya, bisa dari segi memotivasi kualitas kerja karyawan agar menjadi lebih baik  dan bisa juga sebagai sesuatu yang bisa menaikkan sebuah citra dari sebuah hotel atau restaurant tersebut. Perlu diketahui ada 5 fungsi yang terdapat pada guest comment card, seperti :
1. Sebagai media komunikasi tamu dalam memberikan sebuah penilaian.
Guest comment card dibuat sebagai salah satu cara yang digunakan hotel ataupun restaurant yang dibuat untuk mempermudah tamu dalam menyampaikan suatu feed back terhadap pelayanan yang telah diberikan, hal ini dilakukan karena banyak tamu juga yang enggan untuk melakukan penyampaian feed back secara langsung dan akhirnya hanya menjadi perasaan yang mengganjal dihati tamu karena feed back  tidak bisa dia sampaikan,  maka dari itu guest comment card dibuat sebagai salah satu cara untuk membantu tamu menyampaikan feed back.
2. Sebagai bahan untuk penilaian terhadap kinerja dari staff
Guest comment yang telah di berikan tamu kepada pihak management akan menjadi sebuah pertimbangan untuk menilai kinerja dari para staff, mulai dari baik dan buruknya penilaian semua akan bergantung dari bagaimana cara para staff bekerja melayani tamu, apakah tamu akan merasa menyenangkan atau malah sebaliknya? maka dari itu guest comment bisa jadi bahan pertimbangan yang cukup untuk menilai kinerja dari para staff dan menjadi bahan awal untuk membuat sebuah pelajaran baru untuk membantu mengembangkan kualitas kerja staff ke depannya
3. Sebagai bahan evaluasi management menghasilkan pekerja dengan kualitas service excellent
Guest comment yang diberikan tamu akan menjadi bahan evaluasi yang penting bagi pihak management untuk melakukan perencanaan cara bekerja untuk ke depannya, hal ini memiliki maksud serta tujuan agar ke depannya para staff pekerja dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan sesuai dengan apa yang tamu inginkan.
4. Sebagai bahan dasar metode pembelajaran training staff untuk memenuhi kebutuhan akan keterampilan para pekerja
Dalam pengambilan keputusan untuk membuat metode pembelajaran yang baik serta sesuai dengan kemampuan yang para pekerja miliki, bisa dilihat dari guest comment yang didapat dari tamu, misalkan ada kekurangan atas pelayanan yang diberikan oleh para pekerja bisa di jadikan materi pembelajaran baru yang bertujuan untuk memenuhi kekurangan para pekerja agar bisa bekerja dengan lebih baik lagi ke depannya serta juga bertujuan untuk kemajuan kualitas sebuah hotel ataupun restaurant.
5. Sebagai bahan perencanaan baru management untuk perusahaan ke depannya
Banyaknya guest comment yang telah masuk ke pihak management, ke depannya pihak management diharapkan bisa membuat perencanaan kerja yang lebih baik dari sebelumnya bisa memulai dengan memperbaiki kekurangan seperti yang di keluhkan tamu guest comment sebelumnya serta memenuhi kebutuhan apa yang tamu inginkan ke depannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H