Mohon tunggu...
Reva Fatimah Az Zahro
Reva Fatimah Az Zahro Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa yang hobi membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pembelajaran Interaktif Pendidikan Karakter Berbasis Buku Cerita Anak

30 Desember 2024   18:31 Diperbarui: 30 Desember 2024   18:31 26
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: dokumen pribadi

Pendidikan karakter merupakan salah satu pilar utama dalam membangun generasi yang berintegritas, berkepribadian unggul dan cemerlang. Di era globalisasi ini, pendidikan karakter tidak hanya diajarkan melalui teori, tetapi juga memerlukan pendekatan yang kreatif dan interaktif. Mahasiswa pembelajaran dasar bersama (PDB) Universitas Airlangga melaksanakan projek pembelajaran pendidikan karakter berbasis buku cerita anak secara interaktif di SDN Ketabang 1 Surabaya.

Buku cerita anak memiliki daya tarik tersendiri bagi siswa sekolah dasar. Ilustrasi yang menarik, alur cerita yang sederhana, dan pesan moral yang mudah dipahami menjadikan buku cerita sebagai media yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai karakter. Melalui projek yang dilaksanakan, mahasiswa memanfaatkan potensi ini dengan mengintegrasikan buku cerita anak ke dalam pembelajaran di SDN Ketabang 1 Surabaya.

Menurut salah satu guru di SDN Ketabang 1 Surabaya, buku cerita anak digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, dan empati. Siswa diajak untuk membaca cerita bersama, mendiskusikan isi cerita, dan mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Kegiatan ini tidak hanya membantu siswa memahami konsep-konsep moral, tetapi juga melatih kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi.

Untuk menjadikan pembelajaran lebih menarik, metode interaktif yang dilakukan seperti:

Diskusi Kelompok: Setelah membaca buku cerita, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan karakter tokoh dalam cerita dan pesan moral yang dapat diambil.

Proyek Kreatif: Siswa diajari membuat karya seni atau tulisan berdasarkan cerita yang telah mereka baca. Proyek ini meliputi menggambar, menulis ulang cerita dengan versi mereka sendiri, atau membuat komik sederhana.

Refleksi Diri: Di akhir pembelajaran, siswa diminta untuk menuliskan atau menceritakan pengalaman mereka yang relevan dengan nilai-nilai yang dipelajari dari cerita tersebut.

Dampak Positif pada Siswa

Penerapan pembelajaran interaktif berbasis buku cerita anak ini memberikan dampak positif yang signifikan bagi siswa SDN Ketabang 1 Surabaya. Beberapa manfaat yang telah dirasakan antara lain:

Peningkatan Pemahaman Nilai-Nilai Karakter: Siswa menjadi lebih memahami pentingnya nilai-nilai seperti kejujuran, toleransi, dan disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun