Mohon tunggu...
Retnoningtyas Wulandari
Retnoningtyas Wulandari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi UAJY Yogyakarta

Selamat datang, selamat membaca

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Berkenalan dengan Profesi Masa Kini melalui Digital Agency Creativism.id

2 September 2023   15:15 Diperbarui: 9 Agustus 2024   21:17 254
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Creativism.id memberikan peluang kepada orang-orang muda untuk merasakan profesi kekinian.

Kemajuan teknologi selalu membawa perubahan yang signifikan di dalam kehidupan manusia. Pesatnya kemajuan teknologi membawa dampak, salah satunya pada terciptanya profesi-profesi baru pada era revolusi industri 4.0.

Pada tahun 2022 ini, kesempatan memperoleh pekerjaan kekinian dengan pendapatan yang menjanjikan sangat terbuka luas. Profesi kekinian ini disediakan oleh salah satu agensi kreatif di Yogyakarta bernama Creativism.id.

Creativism.id merupakan agency digital marketing yang membantu bisnis perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan-perusahaan besar di dalam me-management dan meng-handle media sosial, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi agar dapat menjangkau target audiens dan memperluas jangkauan pasar.

Berikut ini, penulis telah mengumpulkan macam-macam profesi masa kini yang dapat dijadikan pertimbangan untuk berkarier berdasarkan hasil wawancara dengan agensi Creativism.id

Project Leader

Di dalam setiap agensi, tentu pasti akan ada seorang pemimpin yang bertanggung jawab di dalam mengelola dan mengkoordinasi demi tercapainya suatu tujuan. Creativism.id dipimpin oleh seorang project leader yang bertugas di dalam memimpin perusahaan.

"Kalo di perusahaan kami itu, project leader itu mengayomi semuanya. Jadi, beliau itu yang mengelola, mulai dari project-nya, dari klien ataupun juga dari sumber dayanya, hingga ke konsep-konsep dan konten kontennya juga. Kalau misalnya ada masukan dari klien, project leader juga yang tanggung jawab untuk menyampaikan ke tim supaya ada sesuatu yang baru ataupun ada perubahan-perubahan gitu. Nah, project leader di tempat kami harus bisa mengelola semuanya. Ya tanggung jawabnya besar sih," ujar Agatha Belva, salah satu karyawan content planner di Creativism.id.

Agatha Belva,  content planner di Creativism.id (Sumber: milik pribadi)
Agatha Belva,  content planner di Creativism.id (Sumber: milik pribadi)

Content Planner

Sebuah konten sebelum disebarluaskan ke berbagai platform media, perlu adanya perencanaan dan perancangan konsep terlebih dahulu. Hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab content planner di dalam mengembangkan konten yang telah diberikan oleh klien.

Creativism.id memiliki para content planner yang bertugas untuk membuat konsep promosi di media sosial bagi klien-klien.

"Konsep dari konten itu nanti yang akan kemudian di-acc (accedere) oleh klien. Jika mereka suka dengan konsepnya, baru setelah itu di-finishing dengan para desainer kami, ujar Agatha.

Menjadi content planner harus selalu update dan ingin tahu mengenai hal-hal baru yang sedang menjadi tren di masyarakat. Selain itu, para content planner juga harus memiliki kreativitas yang tinggi, ide-ide cermelang, dan out of the box.

Belajar dari klien juga menjadi hal yang harus diperhatikan apabila menjadi content planner karena setiap klien memiliki keunikan yang berbeda sehingga content planner harus mengerti produk dan jasa yang dimiliki klien. Hal ini dilakukan agar informasi yang akan diberikan ke masyarakat melalui media sosial dapat sampai dan sesuai.

Membuat suatu content plan juga tidak boleh asal-asalan. Perlu adanya strategi agar content plan yang dihasilkan lebih efektif menjangkau audiens.

"Kalau aku selama ini kerja ya sebagai content planning, setiap bulan itu aku harus planning apa aja nih yang bisa dipake, konsep-konsep yang kayak gimana yang bisa dipake untuk klien gitu. Yang pasti berbeda sih, setiap bulannya harus ada sesuatu yang berbeda. Nah, kalau misalnya mentok-mentoknya kalian gak punya ide, nggak ada salahnya kok kalian lihat dari pesaing ataupun ya pokoknya kaya pesaing dari usaha kalian lah gitu, dari klien kalian gitu gapapa. Cuma jangan terlalu plagiat sih gitu.

"Kalau misalnya kalian pengen bikin konsep atau kalau misalnya kalian bingung nih, mau bikin konsepnya kayak gimana ya? Bisa juga kalian baca-baca artikel. Misalnya nih kalau kalian punya klien yang berhubungan dengan kecantikan, kalian bisa baca artikel (yang berkaitan dengan kecantikan). Misalnya, bikin feeds Instagram yang berhubungan antara zodiak sama produk. Nah, kayak gitu biasanya orang-orang suka banget baca-baca zodiak," tambah Agatha.

Content Writer

Content writer menjadi salah satu opsi pekerjaan bagi orang-orang yang gemar menulis di tahun 2023 ini.

Content writer ini akan dibutuhkan di setiap perusahaan karena membuat konten di suatu platform diperlukan seorang praktisi yang pandai dalam mengemas konten yang menarik dan berkualitas.

Oleh karena itu, Creativism.id juga memiliki content writer yang siap untuk berkontribusi di dalam pembuatan konten dalam bentuk tulisan.

Content writer bertugas di dalam pembuatan caption Instagram mendetail yang disesuaikan dengan desain yang telah dibuat oleh graphic designer. Selain itu, caption yang dibuat juga harus dikemas secara sederhana, namun padat agar pesan yang ingin disampaikan lebih efektif.

Selanjutnya, menjadi content writer tidak hanya sekadar suka menulis saja, tetapi juga harus memahami tata bahasa agar para pembaca lebih mudah mengerti dan memahami isi konten.

Banyak membaca buku juga menjadi kualifikasi lain jika ingin menjadi content writer karena dengan membaca buku, pembendaharaan kata semakin banyak dan lebih memudahkan audiens di dalam memahami tulisan yang dibuat oleh content writer.

Content writer juga ditugaskan untuk melakukan riset hashtag yang ada di media sosial.

"Selain content writer itu harus bisa menulis, mereka juga harus bisa riset, tetapi risetnya bukan konsep, ya. Risetnya itu adalah hashtag. Jadi, di social media, contohnya di Instagram, hashtag lumayan memengaruhi dari viewers ataupun dari like. Hashtag itu ada yang followers-nya banyak, terus ada yang aktif, dan ada yang udah mati ya, kan? Content writer itu bertugas juga untuk mencari hashtag-hashtag apa aja yang masih hidup dan juga punya followers yang banyak karena kalau, misalnya followers-nya banyak atau postingannya banyak dan alive ya, itu akan mudah untuk dilihat sama orang banyak dari hashtag," ujar Agatha.

Social Media Admin

Semakin banyaknya platform media sosial, diperlukan orang-orang yang ahli dalam mengelola dan mengoperasikan segala hal yang berhubungan dengan media sosial.

Di sinilah peran social media admin dibutuhkan guna mengelola media sosial perusahaan dan menjadi jembatan bagi klien ataupun calon audiens.

Creativism.id memiliki beragam platform media, seperti Instagram, TikTok, Facebook, website, dan lain-lain. Oleh karena itu, diperlukan adanya social media admin agar dapat mengatur dan mengoperasikan berbagai platform media perusahaan.

"Social media admin itu di tempat kami, selain dia harus bisa upload semua konten-konten yang sudah kita kerjain plus bikin caption, social media admin itu juga bertanggung jawab ke klien. Jadi, semua orang pasti tanggung jawab klien. Semua divisi tanggung jawab klien, tetapi yang paling dekat dengan klien itu adalah social media admin gitu karena si admin ini harus selalu konsultasi semua konsep, semua konten, dan juga semua desain yang sudah kita bikin, itu harus di-acc (accedere) dulu sama klien sebelum kita upload," papar Agatha.

Social media admin merupakan pekerjaan yang susah-susah gampang. Selain harus pandai melakukan komunikasi dengan siapapun, social media admin juga harus terbuka dengan ide-ide dan masukan dari klien.

Pekerjaan ini juga harus bisa membuat laporan setiap bulan untuk mengetahui peningkatan-peningkatan yang ada di media sosial milik klien yang dapat dilihat melalui insight.

Graphic Designer

Hasil design dari graphic designer Creativism.id (Sumber: Instagram @creativism.id)
Hasil design dari graphic designer Creativism.id (Sumber: Instagram @creativism.id)

Menciptakan konten di media sosial diperlukan seseorang yang mahir di dalam menginformasikan pesan melalui seni visual. Graphic designer bertanggung jawab atas design konten visual dan tekstual dari proyeksi ide yang telah direncanakan.

Sebagai agensi kreatif, Creativism.id tentu saja memiliki graphic designer yang bertugas untuk mewujudkan konsep yang telah disetujui oleh klien berupa penggambaran design konten.

Para graphic designer selain harus dapat mengoperasikan software editing gambar, juga harus dapat berpikir secara kreatif dan out of the box agar design yang dihasilkan tidak monoton.

Membuat design juga bergantung kepada klien yang sedang dihadapi.

Terdapat klien yang sebelumnya sudah memiliki konsep design sehingga para graphic designer diminta untuk membuat design yang sama dengan design yang sudah ditentukan oleh klien.

Namun, ada juga klien yang memberikan kebebasan kepada para graphic designer untuk membuat konsep dan design baru. Hal ini harus selalu diperhatikan oleh para graphic designer agar dapat mewujudkan keinginan klien.

Video Designer


Hasil video animasi dari video designer Creativism.id 

Sumber: YouTube Creativism

Sebuah konten juga tidak hanya diwujudkan dalam bentuk gambar, namun juga dapat berupa video yang menarik. Inilah yang menjadi tugas dan tanggung jawab video designer di dalam industri kreatif.

Creativism.id memiliki video designer yang bertugas mengolah konsep dari klien menjadi sebuah video yang siap untuk di-upload ke berbagai media sosial milik klien.

"Yang pasti, video designer di tempat kami mereka membuat sudah bukan lagi dalam bentuk konsep, tetapi sudah dalam bentuk video. Jadi, mereka membuat animasinya gitu. Jadi gini, kan tadi si content planner itu yang membuat konsepnya, kemudian dibuat desainnya sama para designer grafis. Terus dari si desain grafis, kemudian dibuat menjadi sebuah video, entah itu animasi, terus mereka juga kasih musik-musiknya kayak gitu untuk dimasukkan ke social media, contohnya di Instagram kayak Reels gitu. Mereka yang bertanggung jawab untuk membuat video of course," ungkap Agatha.

Seorang video designer harus menguasai software dan aplikasi editing video, up-to-date terhadap tren video, dan mengetahui lagu-lagu yang sering digunakan di media sosial.

Video designer juga diperbolehkan untuk melakukan riset melalui Instagram dan kompetitor agar dapat memunculkan ide dan kreativitas yang baru. (*)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun