EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MPI) DALAM PEMBELAJARAN JUMLAH DAN SELISIH DUA SUDUT BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA
Latar Belakang Masalah
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Selain itu pembelajaran diartikan suatu proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Tetapi pembelajaran yang diinginkan seperti adanya proses interaksi guru dan peserta didik pada suatu lingkungan belajar tidak selamanya berjalan seperti yang diharapkan.Â
Seperti  pada masa pademi covid-19, proses pembelajaran yang menghadirkan peserta didik dan pendidik dalam suatu ruangan tidak bisa dilakukan. Hal  ini disebabkan virus corona pada waktu itu mudah menular dan belum ada obatnya, sehingga pembelajaran saat pandemi covid-19 berjalan secara daring yaitu pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran secara daring memerlukan kesiapan dari pendidik dan peserta didik, Penguasaan tehnologi sangat penting dan perlu.
Pendidik dituntut untuk meningkatkan kompetensinya agar pembelajaran daring dapat optimal, dengan mengikuti pelatihan seperti webinar, workshop, bintek, dan TOT. Saat Pandemi covid-19 pemerintah memberlakukan Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat (Kurikulum 2013 yang disederhanakan), Kurikulum Prototipe, dan kemudian pada tahun 2022 Kemendikbudristek meluncurkan Kurikulum Merdeka. Â Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.
Ide Inovasi
Pada Kurikulum Merdeka memberi keleluasaan kepada  pendidik untuk memberikan  pembelajaran yang berkualitas. Pemerintah sangat mendukung pembelajaran yang berkualitas, dukungan  diberikan juga oleh pemerintah daerah.  Selain itu dukungan juga datang dari pihak sekolah, dengan memberi izin guru mengikuti diklat, webinar dan lomba. Dinas Pendidikan Provinsi, dan BPTIK juga membantu pendidik untuk ikut meningkatkan kompetensinya untuk melakukan publikasi ilmiah.Â
Dengan membuat web jateng pintar bagi pendidik menjadi lebih mudah mengembangkan kompetensinya dengan mempublikasikan karya dan inovasinya, dengan mengakses multi media pembelajaran interaktif (MPI), dan video pembelajaran yang dapat diakses oleh peserta didik dari mana saja dan kapan saja.Â
Sehingga peserta didik dapat lebih dahulu belajar materi sebelumnya dan mengulangi materi, menanyakan ke guru jika menemui kesulitan saat berinterasi dengan guru di kelas. Diharapkan dengan media MPI peserta didik lebih aktif mencari penyelesaian, bertanya dan berdiskusi.Â
Penyelenggaran Pendidikan  yang  memberikan kesempatan atau akses yang seluas-luasnya kepada semua anak untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan sesuai dengan kebutuhan individu peserta didik tanpa diskriminasi. Pemberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua anak sesuai dengan kondisi anak, keanekaragaman, tidak diskriminatif, serta pembelajaran yang ramah terhadap semua anak, dan ini sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka membuat peserta didik merdeka belajar.Â
Peserta didik berani memberikan Ide, gagasan, kreativitasnya, membuat peserta didik mandiri dan berkebinekaan global. Kualitas pendidikan dapat meningkat dengan menciptakan pelajar yang berkarakter, yaitu  Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,  bernalar kritis, kreatif, mandiri,  gotong royong dalam berdiskusi dan dapat mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.Â
Untuk itu seorang guru yang profesional harus bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didiknya, dan dapat menfasilitasi pembelajaran yang diampunya dengan inovatif, menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Seperti pendekatan nya, strategi yang dipakai, motode atau cara dalam KBM, teknik dan taktik pembelajaran.
Pada tahun pelajaran 2022/2023 SMA Negeri 3 Salatiga sudah masuk pembelajaran tatap muka. Di semester ganjil, pada Matematika Peminatan materi Jumlah Dan Selisih Dua Sudut, guru menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem -based Learning/PBL). Kurikulum yang dipakai di kelas XI MIPA menggunakan Kurikulum 13, dan guru memfasilitasi dengan berinovasi menggunakan motode memanfaatkan media MPI Jumlah Dan Selisih Dua Sudut  dalam pembelajaran. Dalam Matematika  Peminatan pemahaman konsep sangat penting dalam pembelajaran matematika.
Seorang guru harus dapat mencari cara agar peserta didik dapat lebih mudah memahami konsep. Oleh karena itu dalam menjelaskan suatu konsep kadang seorang guru matematika memerlukan alat bantu diantaranya alat pelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran misalnya alat peraga atau media MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif).Â
Alat pelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu kelancaran proses pembelajaran pada khususnya dan proses pendidikan di sekolah pada umumnya. Misalnya media pembelajaran dalam hal ini bisa berbentuk multimedia  pembelajaran interaktif (MPI). . Dalam MPI Jumlah Dan Selisih Dua Sudut  guru memasukkan materi, video, latihan soal, evaluasi dan kuiz ke dalam MPI yang dibuat.
MPI Jumlah Dan Selisih Dua Sudut  yang ditautkan ke web jateng pintar, dan Blog dapat diakses kapan saja, dan dimana saja. Materi Jumlah Dan Selisih Dua Sudut  adalah materi kelas XI MIPA pada Kurikulum 13 di semester Ganjil. Karena Kurikulum yang dipakai  kelas XI pada tahun pelajaran 2022/2023 masih menggunakan Kurikulum 13. Dan penggunaan media MPI Jumlah Dan Selisih Dua Sudut sesuai dengan  Kurikulum Merdeka, dimana guru bisa memilih perangkat ajar untuk menyesuaikan kebutuhan belajar dan minat dari masing-masing peserta didik. MPI dengan pilihan beragam, sehingga peserta didik dapat memilih sesuai dengan potensi mereka.Â
MPI Jumlah Dan Selisih Dua Sudut memiliki konten yang lengkap, seperti materi, video, evaluasi, game yang membuat peserta didik aktif dan lebih optimal, memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensinya. Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Jumlah Dan Selisih Dua Sudut   dapat diakses di jateng pintar atau dengan mengklik tautan berikut: http://pintar.jatengprov.go.id/jenjang/sd/materi/5520
 MPI ini membuat peserta didik tidak bosan dalam belajar, dan bebas memilih materi sesuai dengan kemampuannya, hal ini sesuai dengan pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar dan sesuai dengan kecakapan pembelajaran abad 21 sebagai solusi menghadapi Revolusi industri 4.0.
Metodologi / Design Project
Rancangan atau desain karya teknologi rancangan MPI http://pintar.jatengprov.go.id/jenjang/sd/materi/5520 adalah dengan menyediakan  bahan atau alat yang digunakan untuk membuat MPI seperti : laptop, software articulate Storyline dan  Hp. Â
Prosedur Pembuatan Karya MPI yaitu  dengan men-download articulate storyline 3.17 di laptop windows 10. Kemudian meng-instal nya, setelah itu membuat MPI . Langkah-langkah:
1. Membuka storyline
2. Membuat projek dengan mengklik new project
3. Guru membuat soal yang discane yang ada di Storyline
4. Pilih desaign yang ada di dasboard
5. Berikutnya slide size setup sesuaikan story size yang diinginkan misalkan 4 : 3
6.Klik view, baru slide master, di slide master guru bisa membuat desain yang diinginkan sesuai dengan background yang dimaksud.
7.Setelah itu scane tadi kita buat starting scane, yaitu untuk membuat awal MPI.
8. Untuk menambahkan video, bisa dengan klik insert kemudian klik video , pilih video yang akan kita tambahkan.
9.Setelah itu buat soal dengan mengklik slide
10.Untuk membuat game atau quiz kita bisa arahkan kustor ke slide klik question banks dilanjutkan create questions bank.. lalu klik ok
11.Pilih bentuk asesmen seperti question, buat sesuai dengan desain yang diinginkan.
Sedangkan untuk menautkan ke jateng pintar , kita harus sebagai kontributor terlebih dahulu. Prosedur pemakaian pada pembelajaran  peserta didik diperbolehkan menggunakan hp (handphone) dengan aturan yang sudah disepakati bersama antara guru dengan peserta didik.  Berikut langkah aksi peserta didik dalam menggunakann MPI yaitu:Klik tautan /link yang ada di wa grup kelas :blog, atau bisa dari jateng pintar http://pintar.jatengprov.go.id/jenjang/sd/materi/5520.
Implikasi dan Kebermanfaatan
Pemanfaatan MPI Jumlah Dan Selisih Dua Sudut, dalam pembelajaran baik oleh peserta didik maupun  pendidik dalam pembelajaran matematika khususnya materi Jumlah Dan Selisih Dua Sudut di kelas XI, sangat efektif memberikan hasil yang baik. Karena MPI Jumlah Dan Selisih Dua Sudut memberikan penguasaan konsep yang sebenarnya secara realistis dan juga dapat membangkitkan minat dan kreativitas pemahaman belajar peserta didik.Â
Pembelajaran Jumlah Dan Selisih Dua Sudut dapat meningkat pemahamannya dengan lebih banyak latihan soal, evaluasi, dan game memahami konsep Jumlah Dan Selisih Dua Sudut. Rata-rata klasikal hasil belajar materi Jumlah Dan Selisih Dua Sudut di atas KKM atau kriteria ketuntasan minimal. KKM di sini adalah 70%, sedangkan hasil belajar rata-rata klasikal Jumlah Dan Selisih Dua Sudut kelas XI MIPA 1 adalah 79,41%. Melihat rata-rata klasikal kriteria ketuntasan minimal diatas KKM, ketercapaian tujuan pembelajaran sudah tercapai. Demikian juga rata-rata klasikal dari presentasi Jumlah Dan Selisih Dua Sudut diatas KKM 91,26%. Contoh presentae kelompok https://bit.ly/3zvcS8l dan https://bit.ly/3m31P3h.
Unsur Kebaruan Project
Kurikulum Merdeka yang mendukung sistem penyelenggaraan pendidikan yang berpihak kepada peserta didik, membuat sistem pendidikan dengan memberikan kesempatan atau akses yang seluas-luasnya kepada semua anak untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan sesuai dengan kebutuhan individu peserta didik tanpa diskriminasi. Pemberikan kesempatan yang seluas-luasnya seperti belajar dengan menggunakan media MPI kepada anak sesuai dengan kondisi anak, dengan melihat keanekaragaman, tidak diskriminatif, serta pembelajaran yang ramah terhadap semua anak. Untuk itu seorang guru yang profesional harus bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didiknya, dan dapat menfasilitasi pembelajaran yang diampunya dengan inovatif, menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Penggunaan MPI Jumlah Dan Selisih Dua Sudut yang memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, yang sesuai dengan Kurikulum 13 , juga silabus untuk kelas XI MIPA, yang memuat kompetensi dan indicator. MPI Jumlah Dan Selisih Dua Sudut buatan sendiri dan tidak ada unsur plagiatisme, dan sangat original /orisinalitas memenuhi. Sedangkan unsur kebaruan project MPI dapat di masukkan ke dalam blog , jateng pintar, dan dapat di upload di SWAY.
Dengan MPI Jumlah Dan Selisih Dua Sudut kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat terbukti efektif tercapai. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah serangkaian indicator yang menunjukkan sejauh mana peserta didik sudah mencapai kompetensi pada tujuan pembelajaran. MPI Jumlah Dan Selisih Dua Sudut dapat di akses melaui link yang ada di hp yaitu di wa, Blog, jateng pintar http://pintar.jatengprov.go.id/, maupun sway.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H