Mohon tunggu...
Reni P
Reni P Mohon Tunggu... Buruh - Saintis yang lagi belajar nulis

Seneng guyon Visit renipeb.medium.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Berharap Dai Berkualifikasi Ummatan Wasathan

16 Juli 2019   20:49 Diperbarui: 16 Juli 2019   21:01 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Populasi muslim di Indonesia memang menang telak dibandingkan jumlah penganut agama lain. Tetapi justru dengan entitas yang mendominasi ini, sebagian besar muslim belum cukup mampu menghadapi isu toleransi di lingkup kebhinekaan Indonesia. Seperti di tahun 2017, Pilkada Jakarta memunculkan berbagai gelombang protes yang mengkutubkan massa menjadi dua besaran. 

Di satu sisi, ada yang anti dengan wacana pemimpin non-Islam, di sisi lainnya, kaum plural pun kekeh bahwa pemimpin tidak perlu latar belakang agama tertentu. 

Permasalahan titik seimbang toleransi ini malah diperunyam dengan oknum pemuka agama yang malah banyak menyuarakan khotbah yang sarat kebencian terhadap agama lain. Dan ketegangan pun makin menjadi ketika jemaatnya yang fanatik buta, menjadi tangan panjang elit agama yang berujung anarkisme dan perlakuan intimidatif terhadap jemaat yang berlainan sisi pikir. 

Konsekuensinya, kaum pluralis pun tak sedikit yang menjadi apatis terhadap Islam, meskipun sebagian besarnya adalah orang yang mencantumkan Islam sebagai agama di kartu penduduk.

Persoalan ini mengindikasikan banyak asa yang ditaruh di pundak dai-dai untuk menyampaikan diskursus yang lebih arif di tengah ketegangan intoleransi versus pluralis ini. 

Dai harus mampu berkomunikasi sebagaimana komunikasi yang dijabarkan oleh Event M.Rogers, yaitu, "proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam. 

Bila dai mampu membawa pengertian jemaat kepada pengetahuan sikap saling pengertian yang mendalam, maka bukan tidak mungkin konflik dua kubu ini bisa mereda dan berakhir. 

Kubu fanatik menjadi manusia bijak yang tidak asal menghardik umat yang berbeda pandangan dengannya, dan kubu pluralis pun tidak apatis terhadap wacana-wacana keagaaman Islam yang lebih integral. 

Untuk menjadikannya terwujud tentu bukan perkara mudah. Dai-dai sebagai ujung tombak dakwah Islam Rahmatan lil'Alamin pun, belum cukup dikatakan sebagai pionir ideal dalam meredam ketegangan isu intoleransi ini. Bahkan tak sedikit dai yang malah gamang terpengaruh pemikiran yang sangat kentara pluralis. Karena jika bukan disulut perkara politis, sebenarnya sebagian yang dilabeli kaum fanatik agama pun adalah pluralis-pluralis itu sendiri. 

Pola perilaku mereka banyak mengadaptasi dua ciri konsep modernitas, yaitu individual dan materialistik. Hitung-hitungan sikap yang dimunculkan didasarkan pada "apa keuntungan yang akan saya dapatkan?" Hingga agama pun bermuara pada penjumlahan profit yang sangat materialis dan egosentris. 

Bila agama dianggap menguntungkan, maka bukan tidak mungkin agama diperalat untuk mencari keuntungan pribadi. Seperti yang banyak dilakukan oleh beberapa oknum pemuka agama atau elit politik, meskipun pada akhirnya harus menggadai persatuan masyarakat.

Oleh karena itu, permasalahan ini butuh diselesaikan dengan melibatkan dai secara aktif dalam menata cara berfikir mereka di tengah masyarakat Indonesia yang sangat heterogen. 

Dai bisa memulai dengan memaklumi bahwa keberagaman itu adalah kenyataan yang mereka hadapi. Dengan fakta keberagaman tersebut, dai seyogyanya mampu meningkatkan kewawasan diri terhadap ajarannya. Betul bahwa ajaran Tuhan mutlak kebenarannya, tapi celah asumsi hingga metodologi bisa saja ditemukan kekurangan. Sehingga mereka perlu memiliki keterbukaaan dalam berdialog untuk mencari kebenaran yang sesungguhnya. 

Dari sana, bentuk-bentuk perundungan baik secara verbal dan non-verbal terhadap umat lain tidak perlu terjadi. Karena dalam dakwahnya pun, dai perlu sadar bahwa jemaatnya adalah mahluk merdeka yang memiliki freewill. 

Metode persuasif menjadi metode prioritan dan diharamkan bagi dai untuk memaksakan kehendak madu yang berlainan pikir. Hingga, kerangka berpikir ummatan wasath pun menjadi titik tolak sikap dai dalam mengedukasi umat. Umat akhirnya terdidik untuk bersikap tidak ekstrem dan selalu berada di tengah-tengah keseimbangan yang membawa maslahat bagi banyak pihak.

Sehingga, seiring berkembangnya konflik dan ketegangan intoleransi ini, dai perlu berwawas diri dan senantiasa meningkatkan kualifikasinya. Bukan hanya dalam tataran bagaimana menarik massa yang berlimpah, tetapi juga di ranah pola pikir dan sikap mereka yang menjadi contoh  ummatan wasath untuk mad'u yang seringkali tersulut dengan isu perbedaan identitas. Dari sanalah, kita berharap kemampuan umat Islam Indonesia dalam merespon isu sosial menjadi lebih bijak dan bukan malah memadam suluh konflik dengan pembakar.

Sumber:

  1. Rajab, Muhammad. "Dakwah Dan Tantangannya Dalam Media Teknologi Komunikasi" Jurnal Dakwah Tabligh 15, no. 01 (2014) : 69 -- 90.
  2. Said, Nurhidayat Muh.. "Dakwah Dan Problematika Umat Islam" Jurnal Dakwah Tabligh 14, No. 01 (2013) : 1-23.
  3. Setiawati, Nur. "Tantangan Dakwah Dalam Perspektif Kerukunan Antar Umat Beragama" Jurnal Dakwah Tabligh 13, No. 2 (2012) : 259-267.
  4. Muhammad Rajab, "Dakwah Dan Tantangannya Dalam Media Teknologi Komunikasi" Jurnal Dakwah Tabligh 15, no. 01 (2014) : 69-90
  5. Nurhidayat Muh. Said, "Dakwah Dan Problematika Umat Islam" Jurnal Dakwah Tabligh 14, No. 01 (2013) : 1-23 
  6. Nur Setiawati, "Tantangan Dakwah Dalam Perspektif Kerukunan Antar Umat Beragama" Jurnal Dakwah Tabligh 13, No. 2 (2012) : 259-267

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun