------------------------------------------------------------------------------------------
(Puisi ditulis oleh: Rendra Trisyanto Surya, saat beberapa hari mengunjungi kota ini pada tanggal 03-05 Juni 2016. Dan di hari Minggu pagi itu, saya bersama isteri, mencoba merasakan suasana 'Car Free Day' di Kota RESIK ini, yg biasanya (sebagaimana di kota2 lain), memiliki atmosfir dan keunikannya tersendiri.....Seringkali, hari khusus yang memenuhi jalan protokol tsb, kemudian berubah menjadi ruang publik masyarakat setempat: yang tumpah ruah dengan berbagai atribut keunikannya. Ada bayi yang ikut di dalam kereta dorong orangtua. Ada anak2 remaja yang tampak membuat berbagai acara 'art happening' yg berupaya menarik perhatian. Ada sekelompok orang, yg tampak tak banyak berolahraga,  namun asyik menikmati jajanan kuliner....Dan cukup banyak pula klub2 olahraga, sepert Aikido, Silat dan Karate  yang beraksi menunjukkan eksistensinya menggelar matras di jalan,  sambil berpromosi mencari anggota baru...
'Car Fre day', kini bukan sekedar ajang ruang publik berolahraga. Namun juga menjadi ruang ber-ekspresi publik, yg khas Indonesia....Mungkin, sebagian karakteristik masyarakat pada suatu Kota saat ini, termasuk masyarakat  di Kota TASIK: Dapat kita temui di sini.....!)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H