Mohon tunggu...
Reisa Permatasari
Reisa Permatasari Mohon Tunggu... Dosen - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

Dosen di Prodi Sistem Informasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi "Fun Figma": Membuka Peluang Kreativitas Anak-Anak SD Muhammadiyah 16 Surabaya Melalui Teknologi

8 November 2023   14:54 Diperbarui: 8 November 2023   15:14 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surabaya, 14 Juni 2023 - Dalam era teknologi yang semakin pesat, anak-anak tidak lagi hanya pengamat teknologi, mereka juga menjadi penggunanya yang aktif. Teknologi telah membuka pintu ke berbagai peluang, mulai dari alat komunikasi hingga media pembelajaran. Namun, dampak negatif juga mengintai, terutama pada anak-anak yang mungkin belum sepenuhnya memahami cara menggunakannya dengan bijak. Oleh karena itu, para orang dewasa memegang peran penting dalam mengarahkan penggunaan teknologi yang positif untuk anak-anak.

Salah satu hasil dari kemajuan teknologi adalah Figma, sebuah aplikasi web kolaboratif yang digunakan untuk mengedit grafis vektor dan membuat prototipe. Figma, yang dapat diakses melalui browser dan berbasis cloud, telah digunakan oleh berbagai kalangan, termasuk remaja, pekerja korporat, dan freelancer di bidang kreatif dan IT. Antarmuka sederhana dan mudah digunakan menjadikan Figma sebagai alat yang menarik bagi anak-anak untuk menggali kreativitas mereka.

Dalam konteks sekolah kreatif SD Muhammadiyah 16 Baratajaya di Kota Surabaya, inisiatif mendorong penggunaan Figma sebagai media pembelajaran kreatif telah menjadi kenyataan. SD Muhammadiyah 16, bersama dengan tim dari Program Studi Sistem Informasi Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, menyadari pentingnya memberikan bekal baru kepada anak-anak, yang akan membantu mereka memahami dunia teknologi dan kreativitas.

Dalam upaya untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, tim dari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur menyelenggarakan program "Pengabdian Masyarakat Sosialisasi Penggunaan 'Fun Figma'". Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan sumber pembelajaran inovatif kepada siswa dan siswi SD Muhammadiyah 16 Surabaya, menciptakan platform untuk eksplorasi dan meningkatkan kreativitas mereka, serta memberikan bekal berharga untuk masa depan, terutama dalam bidang kreativitas dan teknologi informasi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara luring pada Rabu, 14 Juni 2023, di Aula Lantai 4 SD Muhammadiyah Kreatif 16 Surabaya. Panitia yang terlibat terdiri dari 4 orang dosen dan 3 mahasiswa dari Program Studi Sistem Informasi. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa-siswi kelas 6 SD Muhammadiyah Kreatif Surabaya, sebanyak 134 orang.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Ibu Reisa Permatasari, S.T., M.Kom, perwakilan dosen dari Prodi Sistem Informasi. Ia menjelaskan tujuan dari program ini dan mengajak siswa-siswi untuk menjelajahi dunia desain grafis dengan bantuan Figma.

Dokpri
Dokpri

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Kreatif Surabaya :  Bapak Suyono, S.Si  juga memberikan sambutan yang hangat, mengungkapkan apresiasinya terhadap upaya kolaboratif yang dilakukan oleh Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

Kemudian, materi-materi praktis disampaikan kepada siswa dan siswi yang hadir. Materi ini mencakup Pemanfaatan Figma 101 untuk Mendesain Wireframes, Membuat Sketches dan Desain, Membuat Presentasi Interaktif, serta Mendesain Poster. Para peserta dengan antusias mengikuti sesi-sesi ini, menunjukkan minat mereka terhadap dunia desain dan teknologi.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Selama sesi tanya jawab, anak-anak aktif bertanya tentang cara menggunakan Figma dan potensi aplikasi ini dalam kreativitas mereka. Pertanyaan-pertanyaan ini mencerminkan rasa ingin tahu mereka yang luar biasa.

Dokpri
Dokpri

Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama yang penuh semangat, menunjukkan keceriaan siswa-siswi SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Penutupan kegiatan ini merupakan momen yang istimewa, di mana anak-anak dan tim pengabdian masyarakat merasakan rasa bangga dan kebahagiaan atas apa yang telah dicapai.

Dokpri
Dokpri

Materi-materi yang disampaikan selama kegiatan meliputi penggunaan Figma untuk mendesain wireframes, membuat sketches dan desain, menciptakan presentasi interaktif, serta mendesain poster. Sesi tanya jawab dan foto bersama membuat acara semakin interaktif dan berkesan.

Kegiatan "Fun Figma" pada siswa SD Muhammadiyah 16 Surabaya bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak-anak, mengembangkan keterampilan teknologi, dan meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Melalui pelatihan ini, para siswa dapat memahami pentingnya desain, prototyping, dan teknologi informasi dalam dunia yang semakin terhubung.

Luaran dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman siswa tentang Figma, keterampilan desain grafis, dan prototyping. Mereka juga mengembangkan keterampilan kolaborasi dengan teman sekelas dan menerima pelatihan dalam berbicara di depan umum. Keseluruhan acara berjalan dengan baik meskipun ada beberapa keterbatasan dalam hal jumlah sumber daya manusia yang terbatas.

Kegiatan ini adalah contoh nyata bagaimana pendidikan, teknologi, dan pengabdian masyarakat dapat bersatu untuk memberikan manfaat bagi anak-anak dan masyarakat. Diharapkan bahwa kegiatan semacam ini akan terus berlanjut, memberikan kontribusi positif dalam perkembangan generasi muda yang kreatif dan berpengetahuan teknologi.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun