Saya menjadi antusias saat pertama sekali membaca tulisan Pak Ikhwanul Halim yang berjudul Gunakan Imajinasimu (Fiksi Enam Kata). Beliau menguraikan dengan sangat jelas, ringkas dan to the point bagaimana permainan kata-kata fiksi minimalis ini sungguh menyenangkan hati. Dilengkapi dengan contoh kumpulan tulisan fiksi enam kata koleksi pribadi-nya, salah satu pentolan grup komunitas Rumpies The Club (RTC) ini berhasil memukau para Kompasianers lainnya dengan tujuh belas buah cerita-enam-kata yang ditulis dan pernah di-posting-nya di salah satu media sosial beberapa waktu lalu.
Mencoba menanggapi tulisan beliau sekaligus memberikan apresiasi atas kreativitas komunitas RTC yang senantiasa menggairahkan dunia Fiksiana di Republik Kompasiana, dan sehubungan hari ini tanggal 25 November 2015 adalah Hari Guru Nasional, maka tulisan saya kali ini akan menjawab tantangan permainan Pak Ikhwanul Halim. Dengan berimajinasi bebas melalui permainan kata-kata minimalis, dengan memilih tema pengalaman pertama belajar bersama guru di bangku pendidikan anak usia dini, inilah dua puluh lima cerita-enam-kata yang kami persembahkan untuk sidang pembaca.
Untuk para Kompasianers dan Pembaca budiman yang kami hormati, Selamat Hari Guru Nasional yang ke 70, Majulah terus guru-guru di seluruh penjuru Tanah Air, majulah dan berkaryalah.
Guru Mulia Karena Karya.
Selamat menikmati dan salam Fiksiana !
***
PEROSOTAN
Serasa sudah terbang, mulut terantuk. Sakit !
AYUNAN
Berpegangan dengan satu tangan, terpeleset, benjol.
JUNGKAT JUNGKIT
empat orang, dua pasangan, naik turun.
BAK PASIR
Pakaian bebas, bermain sambil belajar, cerah.
RUANGAN KELAS
Duduk bersama, tidak bebas, waktunya belajar.
MEJA
Tangan dilipat, bukan tempat untuk tidur.
KURSI
Duduk diam. Jangan berdiri, apalagi berjongkok.
PAPAN TULIS
Bukan televisi, licin, guru menulis di sini.
WC SEKOLAH
Kebelet, bingung, cemas akhirnya berak celana.
KAWAN PERTAMA di SEKOLAH
Menjerit histeris, menangis, minta pulang. Mamaaaaaa !
MAKAN SIANG
Ngiler liat makanan kawan. Terlambat makan !
MEMBACA
A-P-S, A-P-U,  A-P-I,   tiga ejaan ter-favorit.
MENGGAMBAR
Pensil, kertas dipegang erat-erat. Coretan nihil.
MEWARNAI
Baju, celana, rambut, sepatu berwarna pink.
MENYANYI
Mulut terbuka lebar, nada tidak terdengar.
MENARI
Melompat, berputar, bergoyang. Kaki lemas, katanya.
UPACARA BENDERA
Berbaris rapi, hormat bendera, upacara selesai.
CUCI TANGAN
Mengambil sabun, kran air dibuka. Kabur !
BERBARIS
Pendek, paling depan sendiri, senyum manis.
MELAMUN
Mulut terkatup, tidak mendengar, pikiran melayang.
MENANGIS
Wajah memerah, mulut terbuka, menganga sedikit.
MENUNGGU
Belum dijemput? Asyik, perpanjangan waktu bermain.
PULANG
Antri, berbaris panjang, dipimpin wali kelas.
DATANG
Selamat pagi anak-anak, bersalaman tangan, cemberut.
HARI LIBUR
Hari ini hari apa? Kapan sekolah?
sumber ilustrasi : koleksi pribadi
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H