Sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat, Tim KKN Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) melaksanakan program kerja di aspek pendidikan, seni budaya dan teknologi informasi dengan membangun Pojok Buku di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Program ini merupakan wujud nyata kontribusi mahasiswa UNISA dalam meningkatkan literasi anak sejak usia dini, sekaligus mendukung pendidikan di wilayah Padukuhan Ketos, Sriharjo, Imogiri, Bantul.
Perkembangan anak usia dini (PAUD) sangat penting bagi pembentukan karakter, keterampilan, dan kebiasaan belajar. Salah satu cara efektif untuk mendukung tumbuh kembang mereka adalah dengan menghadirkan pojok buku di PAUD. Pojok buku, yang sering diabaikan, sebenarnya bisa menjadi fondasi awal bagi anak untuk mencintai buku dan dunia literasi.Â
Apa itu Pojok Buku?
Pojok buku adalah area khusus di ruang kelas yang dipenuhi dengan buku-buku yang sesuai dengan usia anak. Buku-buku ini tidak hanya berupa buku cerita bergambar, tetapi juga buku aktivitas, buku teks sederhana, dan buku berbasis sensorik yang dapat disentuh dan dimainkan oleh anak-anak. Tujuannya adalah membuat buku-buku ini menarik dan dapat diakses dengan mudah oleh anak-anak setiap saat.
Manfaat Pojok Buku di PAUD
Mengembangkan Minat Baca Sejak Dini
Pengenalan buku sejak dini akan membuat anak-anak akrab dengan kegiatan membaca. Minat baca yang berkembang sejak dini akan mendorong mereka untuk terus membaca saat mereka tumbuh dewasa.Meningkatkan Kemampuan Berbahasa
Melalui membaca cerita bersama atau kegiatan bercerita di pojok buku, anak-anak bisa memperkaya kosakata mereka. Hal ini penting untuk membantu mereka dalam memahami lingkungan sekitar dan berinteraksi dengan orang lain.Mendorong Imajinasi dan Kreativitas
Buku cerita, terutama yang dipenuhi dengan ilustrasi warna-warni dan cerita-cerita fantasi, merangsang imajinasi anak-anak. Imajinasi yang kaya membantu anak-anak berpikir kreatif, yang merupakan keterampilan penting untuk masa depan mereka.Mengembangkan Keterampilan Sosial dan Emosional
Membaca bersama-sama di pojok buku juga bisa menjadi momen berharga bagi anak-anak untuk belajar berbagi, bergantian, dan berinteraksi dengan teman sebaya.Â
Bagaimana Menyusun Pojok Buku yang Menarik?
Untuk membuat pojok buku di PAUD yang efektif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
Pemilihan Buku yang Sesuai: Pastikan buku-buku yang tersedia sesuai dengan usia anak. Buku dengan ilustrasi menarik, warna cerah, serta cerita yang sederhana sangat dianjurkan.
Akses Mudah: Letakkan rak buku di tempat yang mudah dijangkau oleh anak-anak. Mereka harus bisa mengambil dan meletakkan buku dengan mudah tanpa bantuan orang dewasa.
Lingkungan yang Nyaman: Sediakan tempat duduk yang nyaman, seperti bantal atau karpet, sehingga anak-anak merasa nyaman ketika duduk dan membaca.
Rotasi Buku: Rutin mengganti koleksi buku untuk menjaga minat anak-anak terhadap buku baru dan memperluas pengetahuan mereka.
Keterlibatan Guru dan Orang Tua: Guru di PAUD bisa merancang waktu khusus untuk bercerita, sedangkan orang tua bisa diajak untuk membacakan buku di rumah. Sinergi antara sekolah dan rumah akan memperkuat kecintaan anak terhadap buku.
Kesimpulan
Pembuatan pojok buku oleh Tim KKN UNISA ini merupakan langkah nyata dalam menjalankan program kerja di bidang pendidikan dan berkontribusi pada masyarakat. Melalui inovasi sederhana ini, tim KKN UNISA tidak hanya memberikan fasilitas belajar baru bagi anak-anak PAUD, tetapi juga mengajak seluruh elemen sekolah dan masyarakat untuk terlibat aktif dalam membangun generasi yang cinta literasi. Pojok buku ini adalah bukti bahwa kegiatan KKN dapat memberikan dampak signifikan bagi kemajuan pendidikan di lingkungan lokal.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H