Mohon tunggu...
Rayla Athaya
Rayla Athaya Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Rayla

Dream big, work hard.

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Peran IPTEK Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia Era Revolusi Industri 4.0

3 Februari 2025   00:52 Diperbarui: 3 Februari 2025   00:57 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Peran IPTEK Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia Era Revolusi Industri 4.0

Rayla Athaya Abdullah

SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon

Abdullahrayla@gmail.com

Abstrak

Ancaman dan tantangan yang muncul di era revolusi industri 4.0, merupakan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi. Manusia sebagai mahluk yang memiliki kemampuan beradaptasi luar biasa dalam menghadapi berbagai situasi. Siapa yang mampu beradaptasi lebih cepat dialah yang menang. Untuk menghadapi tantangan tersebut, kita perlu mempunyai komitmen yang kuat dan bekerja keras untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan di era 4.0 ini. Dalam era yang semakin maju ini, tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah memberikan dampak yang signifikan dalam bidang pendidikan. Dengan bantuan teknologi sekarang mulai banyak perubahan dalam dunia pendidikan, salah satunya dari metode pembelajaran yang lebih inovatif dan praktis. Selain itu perkembangan yang paling mencolok adalah penggunaan teknologi digital seperti laptop, handphone, tablet telah menjadi perangkat yang tak terpisahkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Akses internet yang mudah, siswa dan guru bisa mengakses informasi secara real-time, menjelajahi sumber yang tak terbatas, bahkan melaksanakan pembelajaran secara online.

Pendahuluan

Apa yang dimaksud dengan IPTEK?

Pengertian IPTEK adalah singkatan dari ilmu pengetahuan dan teknologi. IPTEK sendiri sebagai ilmu yang mempelajari tentang perkembangan teknologi berdasarkan pengetahuan. Ilmu pengetahuan dan teknologi berjalan beriringan untuk membangun sebuah kemajuan dalam perkembangan global.Teknologi berpacu pada metode, perangkat dan sistem yang berasal dari ilmu pengetahuan ilmiah sebagai tujuan praktis.

Pada era revolusi industri 4.0 ini, rekayasa teknologi yang dikembangkan oleh manusia terus mengalami kemajuan bahkan menuju kesempurnaan. Pada abad ini ditemukan beberapa alat yang sangat menunjang pada perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan seperti:

•Cloud Computing

•Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

•Manufaktur Pintar atau Smart Manufacturing

•Augmented Reality (AR)

•Virtual Reality (VR)

Selain itu, perkembangan IPTEK juga telah merambah ke dalam dunia Pendidikan seperti metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, serta penyampaian materi pelajaran tidak lagi terbatas pada papan tulis dan buku. Dengan adanya internet, animasi, dan video pembelajaran, guru dapat menyajikan materi dengan visual dan interaktif. Hal ini tidak hanya membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga mempermudah siswa dalam memahami dan mengingat pelajaran tersebut.

Namun, perkembangan IPTEK di bidang pendidikan bukan hanya sebatas penggunaan perangkat digital dan metode pembelajaran yang canggih. Perkembangan iptek juga telah membawa perubahan yang signifikan dalam evaluasi dan penilaian siswa. Pelaksanaan ujian online dan e-learning memungkinkan siswa untuk mengukur kemampuan mereka melalui tes daring dan mendapatkan solusi secara instan.

Tidak hanya itu, perkembangan IPTEK era revolusi industri 4.0 di bidang pendidikan juga membawa dampak positif dalam mengatasi masalah aksesibilitas. Dengan hadirnya pembelajaran online, siswa yang berada di daerah terpencil atau tidak memiliki akses ke fasilitas pendidikan yang memadai dapat tetap mengikuti pembelajaran tanpa harus datang ke kelas fisik. IPTEK juga memungkinkan kolaborasi antara siswa dan guru dari belahan dunia manapun melalui platform pembelajaran online, sehingga memperluas wawasan dan memperkaya pengalaman belajar mereka. Sejalan dengan perkembangan IPTEK yang pesat, para pendidik dituntut untuk terus mengikuti perkembangan tersebut dan memanfaatkannya secara maksimal.

Dengan mengintegrasikan IPTEK ke dalam sistem pendidikan, diharapkan akan tercipta lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis, interaktif, dan inklusif bagi setiap individu. Peluang untuk mengembangkan potensi diri akan semakin terbuka lebar, sehingga menciptakan generasi penerus yang cerdas, kreatif, serta siap menghadapi tantangan masa depan.

Meningkatnya Kualitas Sumber Daya Manusia

Perkembangan IPTEK di bidang pendidikan juga berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kemajuan iptek memberikan kesempatan bagi individu untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka melalui pelatihan, kursus online, dan program pendidikan lainnya. Dengan adanya akses yang lebih mudah ke informasi dan bahan belajar, seseorang dapat memperoleh pendidikan dan meningkatkan kualitas hidup mereka tanpa harus menghadiri sekolah atau universitas secara fisik. Hal ini juga membuka peluang bagi individu untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensi mereka sesuai dengan tuntutan pasar kerja yang terus berubah.

Cara Perkembangan IPTEK di Bidang Pendidikan

Perkembangan IPTEK di bidang pendidikan tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi melalui berbagai upaya dan strategi. Di bawah ini adalah beberapa cara yang telah dilakukan untuk mempercepat perkembangan iptek di bidang pendidikan:

1. Investasi dalam Infrastruktur

Salah satu cara untuk mendorong perkembangan IPTEK di bidang pendidikan adalah dengan melakukan investasi dalam infrastruktur pendidikan. Hal ini termasuk pengadaan perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Dengan terpenuhinya infrastruktur yang memadai, maka pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dapat dilakukan secara optimal.

2. Pelatihan Guru

Guru adalah salah satu faktor kunci dalam pemanfaatan IPTEK di bidang pendidikan. Oleh karena itu, pelatihan guru dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sangatlah penting. Guru perlu diberikan pemahaman tentang potensi teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta keterampilan teknologi yang diperlukan dalam memanfaatkan teknologi tersebut.

3. Pengembangan Konten Pendidikan Digital

Pengembangan konten pendidikan digital juga merupakan cara yang efektif dalam mendorong perkembangan IPTEK di bidang pendidikan. Konten pendidikan digital dapat berupa aplikasi pembelajaran, media pembelajaran interaktif, dan bahan-bahan belajar online yang berkualitas. Dengan adanya konten yang baik, siswa dapat belajar secara mandiri dan menyenangkan, sementara guru dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan menggunakan konten yang relevan dan inovatif.

Di samping hal hal positif terhadap kemajuan IPTEK di bidang pendidikan, ada beberapa dampak buruk atau negatif yang ditimbulkan dengan adanya kemajuan perkembangan Iptek di kehidupan sehari hari dalam bidang pendidikan yaitu :

1. Disinilah dampak dari kemajuan itu, pelajar, mahasiswa akan terbiasa dan menjadi kebiasaan atau habitus terhadap budaya yang instan. Apalagi karena mudahnya semua akses didapat melalui bantuan teknologi digital, semua orang akan semakin dimanjakan dengan teknologi informasi. 

2. Akan memunculkan berbagai aktivitas mencurigakan, kejahatan cyber di dunia maya dalam kemajuan teknologi.

3. Dengan kemudahan, dan dimanjanya peserta didik, akan membuat peserta didik lalai dalam mengerjakan tugas, pr, atau pekerjaan di sekolahnya. Apalagi karena ia akan sibuk dengan smartphone bermain media sosial hingga lupa waktu, sampai melupakan kewajiban mengerjakan tugas.

4. Akan masuknya berbagai budaya baru di kehidupan pelajar, mahasiswa yang memberikan pengaruh akan hilangnya suatu budaya lokal. Misalnya masuknya budaya barat yang bisa diakses melalui media sosial, internet, berita yang akan membuat seseorang mengikuti budaya barat yang negatif.

Kesimpulan

Perkembangan IPTEK dalam meningkatkan pendidikan di era revolusi industri 4.0 telah mengubah cara kita belajar dan mengajar. Metode pembelajaran yang lebih interaktif, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah beberapa hasil dari IPTEK ini. Namun, perkembangan IPTEK di bidang pendidikan tidak terjadi dengan sendirinya. Dibutuhkan upaya yang terus menerus, seperti investasi dalam infrastruktur, pelatihan guru, dan pengembangan konten pendidikan digital. Selain itu usaha kita dalam menyesuaikan diri dalam penggunaan teknologi sehari hari dan mencegah dampak negatif dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dengan demikian, kita dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan generasi masa depan yang kompeten dalam menghadapi perubahan yang terjadi di dunia global yang semakin maju. Jadi mari kita berusaha bersama untuk meningkatkan kinerja kita dan memberi kontribusi yang memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan demi masa depan yang lebih baik.

Daftar Pustaka

https://sasanadigital.com/mengintip-perkembangan-revolusi-industri-mulai-era-1-0-sampai-4-0/

https://bahanajarppkn.blogspot.com/2021/10/materi-ppkn-xii-bab-3-pengaruh-kemajuan.html

https://www.sosiologi.info/2022/01/10-dampak-positif-dan-negatif-iptek-di-bidang-pendidikan.html

https://tirto.id/pengaruh-positif-kemajuan-iptek-bidang-pendidikan-sosial-budaya-goSd

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun