E-wallet adalah layanan berbasis aplikasi yang berfungsi menyimpan data dan instrumen
pembayaran. Dengan e-wallet, pengguna dapat melakukan transaksi pembayaran baik secara
online maupun offline, seperti membayar makanan, tiket pesawat, tiket bioskop, atau berbelanja
online.
E-wallet juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran cashless, menghilangkan
kebutuhan akan uang tunai fisik. Penggunaan e-wallet telah menunjukkan manfaat yang
signifikan pada perilaku konsumen, terutama Generasi Z (Gen Z) dalam mendukung kegiatan
mereka.
Dikutip dari Jurnal Manajemen Universitas Siliwangi, berikut adalah manfaat dari penggunaan ewallet bagi Gen Z:
1. E-wallet memberikan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi pembayaran, yang
sangat sesuai dengan kebiasaan Gen Z yang memprioritaskan waktu dan efisiensi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 92,6% Gen Z setuju bahwa e-wallet memberikan manfaat pada
kegiatan mereka.
2. Persepsi manfaat dan kemudahan yang diberikan oleh e-wallet sangat penting dalam
mempengaruhi keputusan penggunaan e-wallet oleh Gen Z. Dimana Gen Z akan mengantungkan
keputusan pengeluaran mereka melalui E-Wallet dibandingkan uang tunai fisik.
3. Meskipun e-wallet memberikan kemudahan, persepsi risiko juga menjadi faktor yang
mempengaruhi penggunaan e-wallet oleh Gen Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 71,3% Gen
Z memberikan tanggapan bahwa e-wallet memiliki risiko yang sedikit.
4. Penggunaan e-wallet juga mempengaruhi minat menabung di kalangan mahasiswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-wallet dapat meningkatkan minat menabung di
kalangan mahasiswa ataupun Gen Z pada umumnya
Dikarenakan kemudahan transaksi secara cepat dan mudah dengan satu genggaman
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H