Oleh : Ratnaningsih, S.Pd.,M.Pd.
CGP Angkatan 5
Kabupaten Lamongan
Jurnal refleksi ini saya susun untuk mendokumentasikan dan menggambarkan perasaan, pengalaman, gagasan, dan praktik baik yang saya lakukan dan alami dalam menjalani alur pembelajaran Merdeka pada modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Alhamdulillah modul 3.2 telah saya lewati dengan lancar, walaupun dengan jadwal yang sangat padat, ada Pendampingan Individu (PI ke 4) dan 2 lokakarya (lokakarya ke 3 dan ke 4)
Model refleksi yang saya buat mengadopsi model DEAL (Description, Â Examination and Articulation of Learning) yang dikembangkan oleh Ash dan Clayton (2009). Inilah refleksi saya:
DESCRIPTION
Deskripsikan pengalamam yang dialami dengan menceritakan unsur 5W1H (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, bagaimana).
WHAT/ APA (Pengalaman Apa yang Terjadi).
Pembelajaran alur Merdeka modul 3.2 diawali dengan Mulai Dari Diri. Pada tahap ini CGP diminta untuk menjawab pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah.
Pembelajaran kedua, Eksplorasi Konsep Mandiri. Pada sesi ini CGP melakukan eksplorasi mandiri dengan cara menelaaah konsep dasar tentang sekolah sebagai ekosistem, pendekatan berbasis kekurangan dan berbasis aset, sejarah pendekatan asset, 7 aset/ modal dari sebuah komunitas. Dilanjutkan Eksplorasi Konsep Diskusi, Â CGP berdiskusi membahas kasus yang dialami oleh Ibu Lilin dan Pak Pupur, dengan mengkomunikasikan, gagasan, ide dan pemikiran bersama CGP yang lain dalam satu kelas.