Mohon tunggu...
Ratna Arvianti
Ratna Arvianti Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan

Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perfect Competition Market di Indonesia

3 Juli 2021   19:28 Diperbarui: 4 Juli 2021   20:52 2344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pasar merupakan tempat dimana bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi jual beli, baik itu berupa barang maupun jasa. Jenis-jenis pasar juga beragam, ditentukan mulai dari cara bertransaksi, bentuk kegiatan, waktu, dan tentunya jenis barang yang dijual.

Pasar persaingan sempurna sendiri ialah suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli sangat banyak dan produk yang ditawarkan sejenis. Pasar persaingan sempurna memiliki banyak penjual atau pembeli yang sama-sama mengerti keadaan pasar. Barang yang diperjual belikan dalam pasar persaingan sempurna adalah sejenis (Homogen). Selain itu, penjual atau pembeli tidak bebas dalam menentukan harga karena dalam hal ini sudah ditentukan oleh kekuatan pasar. Atau dalam pengertian lain ialah dimana sebuah pasar yang terdapat banyak pelaku usaha atau perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa dengan produk yang ditawarkan relatif sama.

Ciri-ciri atau karakteristik utama dari pasar persaingan sempurna ini sendiri adalah banyak penjual dan pembeli, barang yang dijual sejenis atau homogen, pembeli dan penjual tidak dapat menentukan harga dalam hal ini harga di pasar ditentukan oleh suply dan demand (Price Taker), penjual bebas dalam keluar dan masuk dalam artian hal ini adalah penjual ingin menutup perusahaannya atau tidaknya bebas dan tidak ada hambatan.

Sedangkan ciri-ciri turunan pasar persaingan sempurna sebagai berikut:

  • Jumlah perusahaan dalam pasar banyak
  • Produk atau barang bersifat homogem atau mirip
  • Kedudukan suatu perusahaan dalam pasar sangat kecil sehingga tidak mampu mempengaruhi pasar
  • Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan atau informasi sempurna
  • Setiap perusahaan bebas keluar masuk pasar atau industri

Contoh pasar persaingan sempurna yang ada di Indonesia:

1. Pasar Beras

Pasar beras merupakan salah satu contoh pasar persaingan sempurna, karena jumlah pembeli dan penjual beras sangat banyak. beras juga merupakan salah satu kebutuhan pokok di Indonesia.

2. Pasar Sayur

Pasar sayur termasuk kedalam pasar persaingan sempurna dikarenakan sayuran sangat mudah untuk ditemukan di seluruh Indonesia, dan tingkat konsumsi sayur cukup tinggi di Indonesia karena menjadi salah satu komoditi yang tak bisa ditinggalkan masyaakat, dengan jumlah penjual dan pembeli yang sama-sama banyak.

3. Pasar Buah-Buahan

Pasar buah termasuk dalam pasar persaingan sempurna dikarenakan total jumlah penjual dan pembeli seimbang. Harga dalam pasar buah ini juga sudah dibentuk mekanisme pasar yaitu permintaan dan penawaran.

4. Pasar Gandum

Gandum juga termasuk salah satu kebutuhan pokok masyarakat di Indonesia karena dapat diakui jika gandum dapat digunakan untuk membuat banyak bahan dasar maupun olahan makanan. Pada pasar gandum, harga barang ditentukan oleh permintaan dan penawaran terhadap gandum tersebut. Selain itu barang yang dijual pun bersifat homogen.

5. Pasar Kentang

Kentang menjadi salah satu kebutuhan pokok yang dapat diolah menjadi banyak jenis bahan makanan, kentang juga termasuk kedalam komoditi yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Pasar yang menjual kentang termasuk sebagai pasar persaingan sempurna jika dilihat dari harganya yang ditentukan oleh permintaan dan penawarannya.

Adapun kekutan dan kelemahan pasar persaingan sempurna anatara lain adalah sebagi berikut:

Kekuatan Pasar Persaingan Sempurna:

  • Merupakan bentuk pasar ideal
  • Perusahaan berproduksi pada skala yang efisien dengan harga produk paling murah
  • Output maksimum
  • Memberikan kemakmuran yang maksimal karena harga jual yang termurah, jumlah output paling banyak sehingga ratio output per penduduk maksimal, masyarakat merasa nyaman dan tidak takut ditipu karena informasi sempurna

Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna:

  • Kelemahan dalam hal asumsi (Asumsi yang dipakai dalam pasar persaingan sempurna mustahil terwujud)
  • Kelemahan dalam pengembangan teknologi (Dalam jangka panjang perusahaan dapat laba normal sehingga apakah mungkin perusahaan dalam melakukan kegiatan riset)
  • Konflik efisiensi-keadilan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun