Mohon tunggu...
Rangga Ihsan Fathurrahman
Rangga Ihsan Fathurrahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Hubungan Internasional UPN Veteran Yogyakarta

Membahas mengenai isu-isu Hubungan Internasional

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Diplomasi Budaya dalam Nation Branding Wonderful Indonesia

3 April 2023   08:16 Diperbarui: 3 April 2023   08:25 559
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan Diplomasi Budaya di Indonesia

Salah satu tujuan utama diplomasi budaya adalah untuk mempromosikan citra positif Indonesia di luar negeri. Pembentukan citra positif Indonesia di dunia internasional diharapkan dapat memperlancar pencapaian tujuan nasional Indonesia dan terbentuknya kerjasama baru antara Indonesia dengan negara lain, yang akan memberikan dampak positif bagi kemajuan dan pembangunan negara Indonesia di berbagai bidang.

Berbagai teknik diplomasi juga mulai bermunculan, dengan mempertimbangkan munculnya berbagai masalah baru dan kebutuhan nasional. Indonesia menggunakan aset budayanya yang kaya dan beragam untuk menciptakan diplomasi melalui penggunaan instrumen dan aset budaya.

Pertumbuhan diplomasi budaya menjadi isu penting karena ada kepercayaan bahwa budaya dapat menjadi alat diplomasi yang berguna ketika masalah negara tidak dapat diatasi melalui penggunaan kekuatan bersenjata atau bentuk kekuatan lainnya. Sehingga penggunaan soft power untuk melakukan tindakan diplomasi dan memajukan tujuan nasional bangsa digantikan dengan diplomasi budaya.

Mengapa Diplomasi Budaya dalam Nation Branding Wonderful Indonesia Menarik untuk Dibahas?

Nation branding adalah strategi negara berupa merek yang mengandung makna visi strategis yang seluruhnya diupayakan untuk mendukung kepentingan negara dalam bentuk yang realistis, menarik, dan kompetitif dengan dukungan berbagai elemen negara, terutama dalam aspek komunikasi sehingga mampu bersaing dengan negara lain.

Berdasarkan laporan renstra Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Indonesia memiliki country branding lovely Indonesia yang mewujudkan positioning dan diferensiasi pariwisata Indonesia dan masuk dalam Top 10 Country Branding Asia tahun 2019. Pemanfaatan Wonderful Indonesia sebagai sebuah brand untuk memamerkan berbagai budaya Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Melihat keistimewaan Indonesia, nation branding mendukung pertumbuhan asosiasi komunitas internasional.

Jika diplomasi budaya tidak dilakukan, maka Wonderful Indonesia tidak akan dapat dilaksanakan dengan mudah. Hal ini menunjukkan bahwa diplomasi budaya menjadi salah satu pendekatan untuk merepresentasikan branding dengan lebih realistis.

Kaitan Wonderful Indonesia Sebagai nation Branding dengan Diplomasi Budaya Indonesia Kontemporer

Peningkatan pesat pariwisata sebagian didasarkan pada peningkatan minat dunia terhadap pariwisata. Industri pariwisata tidak hanya mendorong pertumbuhan ekonomi, tetapi juga berpotensi untuk memperkenalkan budaya dan pengetahuan asli bangsa dalam skala dunia, sehingga secara tidak langsung menghidupkan ekonomi rakyat. Oleh karena itu, strategi kepariwisataan nasional menetapkan bahwa salah satu fokus pembangunan yang mendorong keberhasilan sektor pariwisata adalah keragaman budaya Indonesia.

Salah satu strategi yang digunakan suatu bangsa untuk memajukan kepentingannya dalam ranah kebudayaan di kancah internasional adalah diplomasi kebudayaan. Ketika dua negara bekerja sama dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya untuk menemukan solusi win-win tanpa elemen kekuatan apa pun, ini dianggap sebagai diplomasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun