Mohon tunggu...
Ramid Masyutie
Ramid Masyutie Mohon Tunggu... Penulis - freelancer

Menulis ....

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Autobahn Jalan Tanpa Batas Kecepatan di Jerman

27 Januari 2021   00:33 Diperbarui: 27 Januari 2021   00:38 692
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Maksudnya jika anda melaju dijalan ini, anda dapat ngebut sepuas yang anda ingini. Tak ada larangan batas kecepatan dan  langit adalah batasnya.

Jerman adalah satu-satunya negara Eropa yang tidak memiliki batas kecepatan umum, kecuali batasan di tempat-tempat tertentu, seperti di dekat lokasi konstruksi, area berbahaya dengan kurva atau di dalam dan sekitar kota. 

Tidak ada batasan di 60 persen jalan konon karena kebanggaan Jerman yang sebagian besar berkaitan dengan kekuatan lobi industri mobil Jerman, kata Thomas Harloff, penulis artikel Sddeutsche .

Jerman membiarkan mobil-mobil itu terbang melintasi jalan raya Jerman tanpa batasan kecepatan. Anehnya, statistik menunjukkan bahwa 60 persen dari semua kecelakaan fatal terjadi bukan di autobahn, melainkan di jalan raya negara dengan batas kecepatan maksimum 100 km / jam (62 mph).

Autobahn secara harfiah berarti "landasan pacu mobil" namun ada juga yang menterjemahkan sebagai "jalan raya federal atau jalan raya saja ". 

Bagi warga negara Jerman, Autobahn memiliki makna yang umum.  Semua jalan raya  disebut sebagai autobahn .

Sedangkan, bagi warga negara non-Jerman, Autobahn bisa memiliki makna sepesifik yang berarti "jalan bebas hambatan .

Warga Jerman bebas menikmatiAutobahn tanpa membayar biaya langsung, namun mereka harus membayar pajak. 

Autobahn adalah  simbol Kebebasan Bagi Warga Jerman ,  kebebasan berkendara di Autobahn sudah seperti identitas nasional bagi mereka .

Free driving for free citizen ("freie Fahrt fr freie Brger"), yang dipromosikan oleh Klub Otomotif Jerman sejak tahun 1970-an, sebuah slogan populer di kalangan masyarakat Jerman yang menentang kalau ada pembatasan kecepatan Autobahn. 

Bahkan, kebebasan berkendara di Autobahn Jerman boleh dibilang memiliki status yang sama dengan hak untuk mengangkat senjata bagi warga negara Amerika Serikat.

Autobahn mengingatkan warga Jerman tentang pentingnya nilai kebebasan yang pernah terengut akibat Nazi.

Jalan umum autobahn yang pertama diselesaikan pada tahun 1932 yang menghubungkan Cologne dan Bonn. 

Setelah Hitler naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1933, dia menggunakan Autobahn untuk keuntungan politik.

Ia  menunjuk Fritz Todt sebagai "Inspektur Jenderal Pembangunan Jalan Jerman," dan menugaskannya untuk meningkatkan jaringan Autobahn.

Todt menciptakan lapangan kerja yang menurut propaganda Nazi, membantu memberantas pengangguran di Jerman. 

"Karena banyaknya jumlah pekerja yang dibutuhkan mereka kehabisan pekerja , terpaksa Todt membuat program kerja paksa yang tentunya dalam kondisi kerja yang sangat buruk."

Selama Perang Dingin,Jerman Barat dan Timur,  beberapa bagian jalan raya dirancang untuk berfungsi sebagai lapangan udara darurat bagi pasukan sekutu .

Sementara di Jerman Timur jalan raya terutama digunakan untuk lalu lintas militer dan kendaraan manufaktur milik negara.

Saat ini, Autobahn ada  sepanjang 8.080 mil (13.000 kilometer) dan ini menempatkan Jerman memiliki jalan terpanjang dan terpadat di dunia.

Sebagian besar ruas memiliki dua, tiga atau bahkan empat jalur di setiap arah, ditambah jalur darurat permanen.***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun