Mohon tunggu...
Ramdhani Pratama
Ramdhani Pratama Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Unesa Jurusan mesin Prodi teknik mesin Penjurusan manufaktur

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Pengalaman Magang di PT FIBBERBOAT INDONESIA

26 Juni 2024   11:00 Diperbarui: 26 Juni 2024   11:17 223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengalaman magang di PT FIBBERBOAT INDONESIA yang beralamat di Pergudangan dan Industri SAFE N LOCK Blok V1. No 3263 Raya Kecamatan Sidoarjo, Jl. Lkr. Timur, Rangkah Kidul, Bluru Kidul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61232, selama 4 bulan. Mulai 19 februari - 19 Juni 

PT FIBBERBOAT INDONESIA merupakan industri pembuatan kapal fibber dan kapal aluminium dan dermaga apung 

Saya magang di PT FIBBERBOAT INDONESIA mengikuti pembuatan kapal fibber mulai dari nol sampai jadi 

Disini saya akan membahas tentang pembuatan kapal fibber mulai dari nol sampai akhir 

Bahan kapal fiberglass" adalah material yang umum digunakan dalam pembuatan kapal. Ini adalah material komposit yang terbuat dari serat fiberglass mett 300 dan serat fibber wr 200 yang diperkuat dengan resin epoxy atau poliester. Bahan tersebut memiliki banyak kelebihan yaitu relatif lebih ringan, memiliki kekuatan tinggi, lebih tahan korosi , dan lebih mudah dalam proses pembuatanya. Fiberglass juga dapat dibentuk secara fleksibel sesuai dengan desain kapal yang diinginkan.

Dokumentasi pribadi 2024
Dokumentasi pribadi 2024

Tahap pertama adalah proses pendempulan pada cetakan lambung kapal dan dek kapal. Proses ini dilakukan untuk supaya permukaan pada body kapal halus dan rata proses tersebut memakan waktu kira-kira 2 hari

Dokumentasi pribadi 2024
Dokumentasi pribadi 2024

Berikut ini adalah proses pendempulan pada cetakan transom kapal fungsi pendempulan pada cetakan transom kapal ini juga untuk meratakan dan merapikan permukaan transom kapal

Setelah proses pendempulan adalah proses pengolesan wax pada cetakan kapal proses ini bertujuan supaya media cetak tidak lengket di cetakan pada saat pelepasan media pada cetakan 

Dokumentasi pribadi  2024
Dokumentasi pribadi  2024

Setelah proses wax adalah pelapisan gel coating gel coating berfungsi sebagai pelindung lapisan luar fibber supaya lebih tahan korosi, melindungi fibber dari sinar ultraviolet yang menyebabkan penuaan dan melindungi fibber dari goresan, selain untuk melindungi lapisan luar fibber gel coating berfungsi sebagai penghalus permukaan kapal agar lebih licin dan rapi

Dokumentasi pribadi 2024
Dokumentasi pribadi 2024

Setelah proses pelapisan gel coating adalah proses laminasi, untuk proses laminasi menggunakan serat fibber meet 300 dan wr 300 yang di rekatkan dengan campuran resin dan catalyst

Proses laminasi ini terdiri dari 7 lapis untuk lambung kapal yaitu 4 lapis menggunakan serat fibber meet 300 dan 3 lapis serat fibber wr 300. Dan untuk deck kapal dan transom kapal terdiri dari 5 lapis yaitu 3 lapis menggunakan serat fibber meet 300 dan 2 lapis menggunakan serat fibber wr 300

Dokumentasi 2024
Dokumentasi 2024

Setelah proses laminasi adalah proses pemasangan tulangan pada lambung kapal proses ini bertujuan untuk memperkokoh lambung kapal,sama halnya dengan pondasi rumah, pondasi ini terbuat dari foam keras dengan ketebalan 20 cm dan di lapisi serat fibber 3 lapis

Setelah membuat pondasi adalah proses pemasangan lantai kapal yang terbuat dari bahan serat fibber 3 lapis

Dokumentasi 2024
Dokumentasi 2024

Setelah melalui proses pemasangan lantai kapal adalah proses pelepasan fibber dari cetakan b.m Zfgsffz,,, dan 

Dokumentasi 2024
Dokumentasi 2024

Setelah fibber terlepas dari cetakan, proses berikutnya adalah proses penggabungan dari lambung,deck,dan transom kapal

Setelah bagian-bagian kapal sudah terbentuk proses selanjutnya adalah proses pendempulan pada sambungan kapal

Dokumentasi 2024
Dokumentasi 2024

Proses selanjutnya adalah proses epoxy proses ini bertujuan untuk daya rekat cat lebih kuat dan tidak mudah terkelupas 

Dokumentasi 2024
Dokumentasi 2024

Proses selanjutnya adalah proses pengecatan kapal cat kapal ini menggunakan cat dasar putih,setelah permukaan body kapal sudah tertutup cat putih selanjutnya adalah proses pengecatan hijau dan kuning 

Dokumentasi 2024
Dokumentasi 2024

Ini adalah proses pemasangan mesin kapal,mesin kapal ini ber merk YAMAHA 2tak yang memiliki tenaga masing-masing 85 pk, jadi total tenaga mesin kapal ini adalah 170 pk

Dokumentasi 2024
Dokumentasi 2024

Selanjutnya adalah proses perakitan listrik dan pemasangan interior kapal

Dokumentasi 2024
Dokumentasi 2024

Setelah proses yang cukup panjang kapal ini siap untuk di kirim dan di layarkam

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun