Pengalaman magang di PT FIBBERBOAT INDONESIA yang beralamat di Pergudangan dan Industri SAFE N LOCK Blok V1. No 3263 Raya Kecamatan Sidoarjo, Jl. Lkr. Timur, Rangkah Kidul, Bluru Kidul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61232, selama 4 bulan. Mulai 19 februari - 19 JuniÂ
PT FIBBERBOAT INDONESIA merupakan industri pembuatan kapal fibber dan kapal aluminium dan dermaga apungÂ
Saya magang di PT FIBBERBOAT INDONESIA mengikuti pembuatan kapal fibber mulai dari nol sampai jadiÂ
Disini saya akan membahas tentang pembuatan kapal fibber mulai dari nol sampai akhirÂ
Bahan kapal fiberglass" adalah material yang umum digunakan dalam pembuatan kapal. Ini adalah material komposit yang terbuat dari serat fiberglass mett 300 dan serat fibber wr 200 yang diperkuat dengan resin epoxy atau poliester. Bahan tersebut memiliki banyak kelebihan yaitu relatif lebih ringan, memiliki kekuatan tinggi, lebih tahan korosi , dan lebih mudah dalam proses pembuatanya. Fiberglass juga dapat dibentuk secara fleksibel sesuai dengan desain kapal yang diinginkan.
Tahap pertama adalah proses pendempulan pada cetakan lambung kapal dan dek kapal. Proses ini dilakukan untuk supaya permukaan pada body kapal halus dan rata proses tersebut memakan waktu kira-kira 2 hari
Berikut ini adalah proses pendempulan pada cetakan transom kapal fungsi pendempulan pada cetakan transom kapal ini juga untuk meratakan dan merapikan permukaan transom kapal
Setelah proses pendempulan adalah proses pengolesan wax pada cetakan kapal proses ini bertujuan supaya media cetak tidak lengket di cetakan pada saat pelepasan media pada cetakanÂ
Setelah proses wax adalah pelapisan gel coating gel coating berfungsi sebagai pelindung lapisan luar fibber supaya lebih tahan korosi, melindungi fibber dari sinar ultraviolet yang menyebabkan penuaan dan melindungi fibber dari goresan, selain untuk melindungi lapisan luar fibber gel coating berfungsi sebagai penghalus permukaan kapal agar lebih licin dan rapi
Setelah proses pelapisan gel coating adalah proses laminasi, untuk proses laminasi menggunakan serat fibber meet 300 dan wr 300 yang di rekatkan dengan campuran resin dan catalyst
Proses laminasi ini terdiri dari 7 lapis untuk lambung kapal yaitu 4 lapis menggunakan serat fibber meet 300 dan 3 lapis serat fibber wr 300. Dan untuk deck kapal dan transom kapal terdiri dari 5 lapis yaitu 3 lapis menggunakan serat fibber meet 300 dan 2 lapis menggunakan serat fibber wr 300
Setelah proses laminasi adalah proses pemasangan tulangan pada lambung kapal proses ini bertujuan untuk memperkokoh lambung kapal,sama halnya dengan pondasi rumah, pondasi ini terbuat dari foam keras dengan ketebalan 20 cm dan di lapisi serat fibber 3 lapis
Setelah membuat pondasi adalah proses pemasangan lantai kapal yang terbuat dari bahan serat fibber 3 lapis
Setelah melalui proses pemasangan lantai kapal adalah proses pelepasan fibber dari cetakan b.m Zfgsffz,,, danÂ
Setelah fibber terlepas dari cetakan, proses berikutnya adalah proses penggabungan dari lambung,deck,dan transom kapal
Setelah bagian-bagian kapal sudah terbentuk proses selanjutnya adalah proses pendempulan pada sambungan kapal
Proses selanjutnya adalah proses epoxy proses ini bertujuan untuk daya rekat cat lebih kuat dan tidak mudah terkelupasÂ
Proses selanjutnya adalah proses pengecatan kapal cat kapal ini menggunakan cat dasar putih,setelah permukaan body kapal sudah tertutup cat putih selanjutnya adalah proses pengecatan hijau dan kuningÂ
Ini adalah proses pemasangan mesin kapal,mesin kapal ini ber merk YAMAHA 2tak yang memiliki tenaga masing-masing 85 pk, jadi total tenaga mesin kapal ini adalah 170 pk
Selanjutnya adalah proses perakitan listrik dan pemasangan interior kapal
Setelah proses yang cukup panjang kapal ini siap untuk di kirim dan di layarkam
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI