Mohon tunggu...
Ramdan Basyarudin
Ramdan Basyarudin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pendidikan Seni Budaya UPI 2018

Mahasiswa Universitas Pendidkan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Membudayakan Literasi pada Masyarakat di Lingkungan Rumah dengan Program Kesenirupaan dan Edukasi

4 Oktober 2021   17:46 Diperbarui: 4 Oktober 2021   17:51 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ramdhan Basyarudin 

Prodi pendidikan Seni Rupa 

Universitas Pendidikan Indonesia 

Bandung 

Pendahuluan

Abstrak

Melihat tingkat literasi di Indonesia saat ini menjadi perhatian bagi kalangan terpelajar terhusus dalam lingkup pendidikan, terutama kalangan mahasiswa yang menjalani kegiatan terjun kedalam masyarkat untuk ikut serta andil dalam meningkatkan tingkat literasi, terhusus dalam menumbuhkan Kembali kesadaran akan budaya dan sejarah yang ada di Indonesia. 

Karena literasi merupakan hal terpennting yang harus di miliki oleh masyarakat, dengan literasi masyarakat menjadi banyak mengetahui hal-hal yang awalnya tidak di ketahui menjadi tahu. 

Terutama dalam menumbuhkan kesadaran nakan budaya dan sejarah di Indonesia. di awali denagan memotivasi masyarakat baik dari kalngan anak-anak ataupun dewasa, dan memberiakn edukasi sesuai dengan jenjang yang ada di dalam masyarakat terhusus kondisi masyarkat yang ada di lingkunagan rumah Cijaura Girang V. denagan memberikan kegiatan yang berhubunagan dengan keseni rupaan yaitu menggambar dan memberikan edukasi sebagai langakah dalam memunculkan sikap kesdaran akan budaya dan sejarah di Indonesia.

Kunci : Tingkat Literasi, literasi, membudayakan, pentingnya literasi, budaya, sejarah di indonesai, program keseni rupaan.

Indonesia merupakan negara yang memmiliki jumlah penduduk ke empat terbanyak di dunia yaitu denagan jumlah penduduk 270,20 juta jiwa berdasarkan BPS (Badan Pusat Statistika) hasil  dari SP2020, melihat potensi yang dimiliki oleh Indonesia ini yaitu denagan populasi penduduk terbanyak ke 4 di duania ini, 

seluruh masyarakt indonesia harus memliki keshejataraan sosial yang baik denagn cara pemerintah mengelola dan memberdayakan masyarkat nya denagan sesuai, dalam hal ini kiat menyadari bahwasan nya dalam ruanglinkup pendidikan baik formal atau pun non formal ini menjadi upaya untuk meningkatkan kesejahtaraan masyarakat secara luas baik sosial, ekonomi, budaya dll, dalam upaya ini kiata mengangkat mengenai tingkat literasi yang di miliki oleh masyarakat yang ada di Indonesia. 

Tinkat literasi di indoneasia menempati renking ke 62 dari 70 negara, yang berada 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. berdasarkan survai yang di lakukan Program for International Student Assesment (PISA) Yang di rilis Oraganitation for Economic Copration and Development (OECD) pada tahun 2019. "tingkat literasi Indonesia pada penelitian di 70 negara itu berada di nomor 60," ujar  Staf ahli Mentri dalam negri (Mendagri), Suhajar Diantoro pada rapat kordinasi nasional bidang perpustakaan tahun 2021. 

Dalam hal ini kita dapat mengetahui gambaran besar daripada kondisi tingkat literasi yang di miliki oleh Indonesia, dan kita pun sebagai masyarakat Indonesia harus tumbuh kesadaran akan semangat untuk meningkatkan Kembali tingkat literasi di Indonesia, karena dari literasilah kita dapat mengenal segala sesuatu yang ada baik dalam ilmu pengetahuan atau pun kondisi yang sedang di hadapi saat ini.

Sebelum kita membahas lebih jauh menganai judul besar ini, kita pun haruslah memahami apa yang dimaksud dengan literasi, literasi merupakan kedalaman pengetahuan seseorang terhadap suatu objek ilmu pengetahuan. dari sinilah dasar pemahaman literasi yang harus di pahami oleh setiap masyarakat, terhusus masyarakat yang mengenyam pendidikan

Karena dari setiap masyarakat atau orang yang mengenayam pendidikan inilah yang akan mengenalakan literasi sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Melihat kondisi minimnya literasi di negara Indonesia dan penyebab terjadinya minim literasi ini harusnya menimbulkan sebuah kepekaan dari pemerintah untuk mencari solusinya, dalam hal ini untuk bisa mncapai agar masyarakat Indonesia memiliki pemahaman dan pengaplikasian dalam hal literasi ini, serta  pemberian edukasi dari masyarkat yang paham dan mengarti akan pentingnya literasi dalam menunjang segala aspek kehidupan sehari hari, terhusus dalam hal menumbuhkan Kembali kesadaran akan budaya dan sejarah di Indonesia ini, kareana kita mengenala dan menyadari penting nya mengetahui budaya dan sejarah kita akan juga mengetahuai sikap kita untuk selalu mempertahankan budaya dan bersikap bagaimana kita untuk mengupayakan meningkatkan kemajuan Indonesia dalam hal literasi.  

Selain itu pesatnya perkembangan zaman dengan berbagai teknologi yang semakin canggih akan berpengaruh besar terhadap kemajuan bangsa. Dengan begitu, juga akan mempengaruhi kehidupan masyarakat. Seperti halnya dalam dunia pendidikan yang harus mencetak lulusan yang berkualitas. 

Dan selain ruang lingkup pendidikan dalam kehidupan masyarkat pun juga harus mendapatkan edukasi tersebut, baik melalui komunitas, organisasi masyarakat aatau pun juga tarang taruna, dalam pembahsan literasi ini saya mengangkat edukasi literasi dengan sasaran masyarakat yaitu pada komunitas yang ada di lingkungan rumah Jl Cijaura girang V, mengapa penulis menjadikan sasaran komunitas yang ada di lingkungan rumah karena melihat potensi yang ada yaitu komunitas yang dalam berkegiatan nya sangat berhubungan sekali dengan kegiatan literasi, 

di sini penulis mencoba untuk ikut serta dalam kegiatan komunitas tersebut, denagan mengkolaborasikan keseni rupaan dalam kegiatn ayang ada di komunitas, trutama dalam memberikan muatan yang penulis angakat yaitu budaya dan sejarah Indonesia, dari muatan ini penulis berharap dari ke ikut sertaan penulis dalam pelaksaanaan KKN  yang menjadi kan sasaran kegiatan yaitu komunitas yang ada di lingkungan rumah ini bisa termotivasi Kembali untuk memunculkan kreativitas dalm berkegiatan yang berhubungan dengan budaya.

Hasil Pembahasan

Dalam peroses kegiatan yang berlangsung salama KKN dengan sasaran komunitas yang berada di lingkungan rumah ini banyak sekali temuan-temuan yang didapat terutama dari potensi yang ada yaitu keberadaan komunitas ini yang bernama Taruna Coboy City, 

penulis mengamati adanya  komunitas ini yaitu sebagai wadah bagi anak-anak dan pemuda yang ada di lingkunagan rumah untuk bisa mengemabangkan kreativitas dan memunculkan sikap akan penting nya literasi, dari situlah penulis mencoba untuk ikut serata denagan mengkolaborasikan keseni rupaan dalam kegiatan nya dan bahkan mencoba untuk memberikan gagasan kegiatan pada komunitas tersebut yaitu denagan adanya kegiatan mewarnai yang sasaran nya adalah anak-anak di usia SD, dari kegiatan ini penulis mencoaba untuk memberikan media mewarnai ini untuk memotivasi agar anak-anak bisa lebih tertaraik akan penting nya literasi. Ada pun bentuk gamabar yang dijadikan sebagai media  mewarnai.

Dari gamabar di atas merupakan bentuk media yang penulis jadiakan sebagai bahan untuk kegiatan mewarnai yang di lakukan oleh anak-anak, dari kegiatan mewarnai yang telah dialaksanakan menjadi motivasi anak-anak untuk belajar dan tertarik akan keharusan nya literasi terutama dalam hal muatan yang penulis angakat yaitu tentang budaya dan sejarah indonesai, di sisilain penulis juga memberikan edukasi saat berlangsung nya kegiatan mewarnai kepada anak-anak ayang sedang mewarnai, sepertihal nya mengenalkan budaya daerah, 

mulai dari seperti apa karakteristik budaya-budaya yanga da di Indonesia mualai dari hal sederhana yaitu pakaian adat dan alain sebagai nya yang berhubungan denagan kebudayaan di Indonesia. 

Dari gambar di atas pun juga terdapat tulisan "memabaca itu cerdas" yang bermaksud agar anak-anak bisa lebih tertarik untuk ber literasi mulai dari membaca serata keinginan untuk membiasakan nya, dan ada pun bentuk hasil dokumentasi selama kegiatan berlangsung beserta hasil dari mewarnai yang di lakukan oleh anak-anak.

Dari terlaksanaya kegiatan ini penulis berharap bukan hanya dalam satu kesempatan saja akan tetapi kegiatan seperti penulis usungkan ini menjadi sebuah agenda buat kedepan nya nanti atau bisa menjadi psebuah program jangka Panjang, 

sekaligus juga mengenalkan lebih jauh juga terkait keseni rupaan yang bisa di jadikan media kreativitas untuk penguatan dalam hal literasi, jadi dari kegiatan program ini penulis punya harapan lebih untuk terus bisa mengembangkan dan memberikan hal hal yang menjadi penguat anak -nak di lingkungan rumah yaitu Jl Cijaura girang V ini terbangun semangat akan keharusan nya berliterasi serta memndalami nya, trutama dalam hal tentang budaya dan sejarah Indonesia agar memiliki sikap kepedulian dengan adanya kereativitas dalam membuat sebuah kegiatan

         

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun