1. Suplier, Suplier dan Suplier
Ritel sebagai bagian dari proses supply chain tak akan pernah bisa berdiri sendiri. Untuk melakukan penjualan tentunya harus ada vendor yang menyuplainya. Kita akan berbeda cara pandangnya Jika ternyata Anda sendiri sebagai manufaktur ataupun bagian dari perusahaan yang melakukan tanggung jawab sebagai distributor lalu mendirikan saluran ritel sebagai strategi penunjangnya.
Kita sedang bicara sebagai orang yang ada di ruang lingkup bisnis ritel modern. Dan jika sudah sepakat seperti ini maka pasti, mau tidak mau, menjadi bagian putaran dari suplai dan juga permintaan.Â
Untuk kisah dari suplai, pastinya supplier memiliki peranan besar bagi toko Anda, apalagi jika dalam keadaan perang harga. Bagaimana Anda menggunakan supplier sebagai pereda rasa sakit kepala dalam mengikuti perang harga?
Pertama, Anda jangan pernah ketergantungan dengan salah satu suplier saja. Keakraban kadang hanya menjadikan boomerang. Bangunlah hubungan profesional karena tidak semua sales dari perusahaan yang menyuplai Anda bisa dijadikan sebagai teman. Mereka secara relatif kadang menganggap Anda teman hanya atas nama kepentingan. Jika Anda memiliki banyak alternatif suplier di tiap kategorinya akan jauh lebih baik.
Kedua, lakukan negosiasi perihal harga beli dan juga jangka waktu pembayaran. Sejatinya dalam perang harga, Anda tertekan di harga jual, namun masih ada kesempatan mendapatkan angin segar tambahan gross margin dari suplier. Pahitnya jika Anda gagal di negosiasi perihal harga beli maka di variabel jangka waktu pembayaran Anda tidak boleh kalah. Tarik ulur dengan baik dan tetap profesional.
Jika Anda menemukan besaran penjualan atau pembelian dari suplier terlihat tinggi maka ajukan kepada suplier untuk bisa mendapatkan insentif atas pencapaian tersebut.
2. Bangun Keunggulan
Ada 3 kata kunci pada saat Anda memikirkan ini. Apa saja itu; buying easy, fun, And memorable. Kesemuanya adalah kemampuan Anda dalam menyajikan pelayanan terbaik untuk semua pelanggan Anda.
- Buying Easy
Point ini mengarah seberapa besar Anda menyajikan fasilitas yang menunjang kemudahan dalam tumbuhnya konversi atau dalam hal ini adalah pembelian. Fasilitas adalah pelayanan yang nampak bentuknya seperti seberapa nyaman parkiran, seberapa bersih toilet, seberapa cepat pengiriman, seberapa canggih teknologi, seberapa bagus gedung, dan sejenisnya.
Kesemua fasilitas ini harus Anda rancang untuk memudahkan pelanggan Anda dalam melakukan kunjungan hingga ke pembelian. Tingkatkan kualitas fasilitas Anda semaksimal mungkin karena taruhannya adalah imej dari toko Anda sendiri.
 Semakin baik fasilitas yang Anda miliki akan berbanding lurus dengan mudahnya target konversi yang ingin Anda capai. Percaya atau tidak percaya, masyarakat terkadang memilih toko karena toko tersebut bisa meningkatkan value diri mereka sendiri. Mereka butuh pembuktian, berada di kelas mana mereka berada.
Perihal barang jualan pun punya peran yang begitu besar dalam suksesnya poin ini. Ingatlah kata kunci ini, pastikan yang mereka cari tersedia ditoko, dan yang terpajang di toko pastikan memiliki stok yang memadai. Artinya Anda memiliki tugas untuk selalu menemukan apa yang pelanggan Anda butuhkan serta pastikan semua stoknya bisa memenuhi semua permintaan mereka.
- Fun
Sebaliknya dari fasilitas yang nampak bentuknya maka poin ini kadang hanya bisa dirasakan saja. Artinya bagaimana Anda menciptakan rasa nyaman, aman dan suasana asyik di tiap langkah pelanggan saat mengunjungi toko Anda. Best Ambiance menjadi konsentrasi pekerjaan ini. Jangan sampai toko Anda terjadi bau kurang sedap, gelap, dan membingungkan apalagi jika ternyata kotor dan kurang rapih.
Toko yang sejuk menjadi sangat penting dalam pekerjaan ini, karena semakin lama pelanggan Anda berada didalam toko Anda maka potensi tingginya konversi menjadi lebih tinggi. Gantilah secara rutin lampu penerangan Anda yang sudah kusam begitupun signage yang ada jangan sampai terlupakan untuk mencegah bingungnya pelanggan Anda seolah terjebak di dalam labirin.
Pastikan pula tim operations berada dikondisi yang prima. Salah satu penilaian yang patut ada adalah seberapa sumringah senyum yang bisa mereka berikan kepada pelanggan Anda. Kadang membuatnya dari hati tergantung bagaimana Anda menghandel mereka. Semakin mereka merasa dihargai maka semakin tumbuh kebahagiaan. Yang efeknya nanti tim operations Anda dapat menyajikan pelayanan secara tulus kepada pelanggan Anda.
- Memorable
Inilah puncaknya. Saat Anda mulai memikirkan bagaimana caranya membangun keunggulan. Bisa saja terjadi kedua poin diatas adalah strategi yang generik. Dan di poin ini Anda bisa menjadi sangat ekslusif karena telah memiliki strategi paling unik dalam membuat pelanggan Anda selalu terngiang-ngiang dengan pelayanan Anda.
Jadilah lebih dekat dengan pelanggan Anda, dengan melakukannya secara random. Serap data apa saja yang mereka paling butuhkan dan temukan apa yang membuat mereka merasa sangat dihargai. Anda tidak bisa secara asal menentukan apa yang paling pas membuat pelanggan Anda terngiang-ngiang tanpa turun menemukan faktanya langsung dari mulut pelanggan Anda. Sesekali boleh pikirkan untuk melakukan focus group discussion (FGD) guna mendapatkan semuanya ini.
Untuk menjadi berbeda dan pastinya menjadi jauh lebih baik dari kompetitor Anda memang membutuhkan usaha yang yang lebih pintar dan bisa saja menjadi lebih keras dari pekerjaan sebelumnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H