Kendaraan dari mobil, motor dan angkutan umum melewati depan tubuh ku. Suara klakson tak hentinya memekakkan telinga. Malam itu (04/11/2018) pukul 19.00 WIB jalan begitu macet didepan pom bensin Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Pada waktu perpisahaan sang surya merupakan jam padat kendaraan dimana manusia-manusia pinggiran Jakarta waktunya pulang menuju kediaman.Â
Saya melihat puluhan ojek online berjaket hijau memarkir kendaraaan motor nya disekitaran pom bensin. Kalau bahasa angkutan umum menyebutnya ngetem. Tempat ini menjadi lokasi favorit para pengendara ojek online. Tempat dimana transit Bus TransJakarta dan angkutan umum lainnya.
Melihat kepadatan jalan dan kebutuhan untuk lekas sampai ke rumah untuk leyeh-leyeh, jari jemari ini pun bergerak merogoh saku depan celana dan kemudian mengambil smartphone. Telepon pintar ini daku (saya) gunakan untuk layanan elektronik money ojek online agar bisa mengorder pengendara ojek online. Namun apa yang terjadi, saldo elektronik money ojek online tercatat tiga ratus rupiah dan quota internet pun sudah habis.Â
Tanpa pikir panjang ku rogoh saku belakang mengambil dompet berwarna merah pudar. Ternyata eehh ternyata, uang tunai didompet hanya sepuluh ribu rupiah tidak cukup untuk membayar biaya tagihan pengendara ojek online.Â
Daku termasuk individu yang rutin menggunakan layanan ride sharing ini dari Bumi Perkemahan Cibubur menuju Cikeas. Otak daku langsung mengkalkulasi sendiri biaya ojek online yakni sekitar dua puluh tiga ribu rupiah, sedangkan uang didompet tinggal sepuluh ribu rupiah.Â
Daku pun mencoba melakukan aktivitas transfer virtual dengan layanan KLIK BCA via internet banking di smartphone. Apa daya ternyata daku tidak membawa token KEYBCA yang berujung tidak dapat menggunakan layanan transfer virtual ke rekening ojek online. Akhirnya daku hanya bisa gigit jari.Â
Daku pun terpaksa ke pusat perbelanjaan di sekitar Bumi Perkemahan untuk melakukan aktivitas tarik tunai dan pembelian pulsa di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk membayar ojek online dan pembelian pulsa untuk nantinya top up paket internet. Daku terselamatkan membawa kartu ATM dan terdapat Store dengan ATM, bagaimana bila tidak !!!..
Dari kejadian ini daku tersadar harus memiliki layanan yang membuat daku keluar rumah tanpa dompet namun dapat melakukan tindakan finansial seperti pembelian, pembayaran, transfer dan lain-lain. Karena kesialan bisa terjadi disuatu waktu dan tempat yang tidak kita harapkan. Menurut daku sepertinya setiap individu pernah merasakan kejadian kesialan.
Sebagai nasabah BCA, daku pun mencari tau layanan yang daku pikirkan itu di bank tempat uang ku tersimpan. Sebagai manusia yang lahir di era digital, daku pun mencari di search engine Google dengan kata kunci uang elektronik BCA. Sakuku & BCA Mobile tampil dilayar laptop daku (DI SINI). Setelah membaca, daku mendapatkan kesimpulan "Pentingnya 'SAKUKU' menghadapi kelangkaan Uang Tunai".
Mendaftar Menjadi Pengguna SAKUKU
Waktu terus berjalan, kegiatan harian pun berlanjut. Segala aktivitas finansial untuk pembelian pulsa, men Top Up saldo ojek online, membayar tagihan provider, dan lainnya masih tetap daku lakukan melalui internet banking BCA yang daku akses melalui laptopku di rumah. Kejadian Kesialan belum menimpa lagi.
Entah kenapa, Sabtu, 8 Desember 2018 pada saat kegiatan Kompasianival 2018, daku teringat kembali kejadian yang menimpa daku tanggal 4 november 2018. Pemicunya karena saldo elektronik money ojek online terpampang seribu rupiah. Untungnya daku membawa uang tunai recehan di dompet berwarna merah pudar.
Kemudian daku membuat PIN Sakuku dengan cara menginput 6 (enam) digit numerik. Daku pun tidak memikirkan urutan nomer yang susah dan jelimet sehingga dapat membuat diri daku tidak lupa urutan nomer tersebut. Urutan nomer di kepala ini pun akhirnya dipilih dan di input.
Mengakses BCA Mobile
Sebagai pengguna setia KlikBCA via internet banking apakah menggunakan desktop/laptop ataupun smartphone pastinya daku menyadari Top Up Sakuku menggunakan fasilitas layanan tersebut. Perubahan merupakan keniscayaan, untuk itu daku akan merubah kebiasaan dari layar lebar (desktop/laptop) menuju layar yang lebih kecil yakni smartphone.
Bagi daku yang merupakan penggemar KlikBCA hadirnya BCA Mobile merupakan solusi kekinian bagi generasi digital yang menyukai kepraktisan. Tiga layanan dalam satu aplikasi yang ditawarkan oleh BCA Mobile bukti sohih BCA berupaya melayani masyarakat era digital.Â
Setiap nasabah BCA pastinya memiliki kenyamanan dalam menggunakan layanan BCA apakah memilih m-BCA atau KlikBCA. Diberinya pilihan layanan merupakan cara yang tepat, manusia di kehidupan nyata saja contohnya seorang Blogger ada yang menyukai menulis dengan smartphone dan adapula yang lebih nyaman menggunakan laptop.
KlikBCA yang daku rasakan merupakan platform internet banking yang begitu aman untuk saat ini. Untuk itu Sakuku pertama kali daku coba terlebih dahulu menggunakan KlikBCA dengan akses yang disediakan oleh BCA Mobile. Pertamakali yang dilakukan dengan menggunakan BCA Mobile lalu mengakses KlikBCA melalui shortcut.
Dilanjutkan dengan memasukkan 8 (delapan) digit nomer keamanan dari KEYBCA kedalam device token BCA. Ternyata tidak hanya sampai langkah itu saja, KlikBCA akan mengklarifikasi identitas kita sebagai pemilik nomer Sakuku.Â
Mencoba 'Sakuku' Biar Tidak Ribet
Bila kita berada di rumah atau dikantor, kita dapat menerima situasi yang ribet. Kebutuhan akan uang baik cash atau melalui internet banking tidak akan begitu mengganggu psikologis kita. Bagaimana bila daku berada dijalan atau di lokasi yang memiliki keterbatasan fasilitas publik seperti ATM Â ?...pastinya ingin yang simpel dan tidak ribet.
Setelah melalui proses pengisian saldo Sakuku, daku pun mencoba aplikasi ini. Saldo Rp.200.000,- (dua ratus ribu rupiah) yang telah tertanam daku gunakan untuk membeli pulsa provider telekomunikasi sejumlah Rp.25.000. Sebagai manusia milenial menggunakan aplikasi sudah merupakan makanan harian.
Pertama yang dilakukan masuk ke aplikasi Sakuku dengan input 6 (enam) digit nomer password. Setelah masuk kedalam aplikasi, daku dihadapkan pada fitur info (mutasi & news). Untuk mengisi pulsa, daku klik fitur menu lalu klik Isi Pulsa. Terdapat 3 pilihan yaitu nomor saya, nomor lain dan permintaan.
Sakuku yang tidak ribet akan mempermudah daku ketika kejadian tanggal 4 november 2018 itu berulang. Dengan Sakuku daku dapat dengan mudah mengisi pulsa lalu hasil pengisiannya mengisi Top Up internet sesuai kode provider, ngojek online menjadi tanpa kendala.
Selain isi pulsa adapula fitur Split Bill bila diartikan sebagai berbagi tagihan. Manusia milenial baik anak kantoran, anak kuliahan, traveler, blogger dan pecinta kuliner pastinya seneng konkow bareng. Dalam budaya konkow pastinya kalau sehabis selesai makan bareng atau nonton bareng ada budaya patungan. Bila dilihat fitur nya terbilang mudah dengan memasukkan jumlah tagihan kemudian input daftar kontak yang terlibat cost sharing.
Saat ini dengan perkembangan teknologi digital kita dapat melakukan transaksi tarik tunai di ATM tanpa menggunakan kartu ATM atau kartu debit cukup dengan Sakuku. Saat berada di halaman utama Sakuku, daku dapat melihat jumlah saldo yang tersisa pada sakuku. Untuk penarikan tunai, daku pilih fitur tarik tunai.
Lalu, daku pun diarahkan ke halaman yang berisi pilihan jumlah uang yang akan ditarik tunai dengan kelipatan 50.000. Pilih sesuai dengan yang kamu butuhkan. Setelahnya, daku mendapatkan kode tarik tunai. Kode inilah yang akan digunakan untuk melakukan tarik tunai di ATM terdekat. Bila daku perhatikan kode ini hanya berlaku selama 2 jam. Carilah ATM BCA yang memberikan fasilitas tarik tunai.
Dengan QR kode kita tidak perlu ribet menghafal nomer rekening. Yang ribet jadi mudah dimana transferan #DibikinSimpel dengan QR kode, kode transfer anti ribet dari BCA mobile dan Sakuku. Tinggal scan, transferan beres.
___________________________________________________
Salam hangat Blogger Udik dari Cikeas - Andri Mastiyanto
Email : mastiyan@gmail.com
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H