Mohon tunggu...
Rakha Nurfauzi Abdillah
Rakha Nurfauzi Abdillah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Untirta

Satu gagasan terlalu banyak untuk tidak diterjemahkan ke dalam sebuah tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Korupsi ala Penumpang Commuter Line Merak

14 Desember 2023   12:27 Diperbarui: 14 Desember 2023   12:41 324
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Foto diambil oleh Vita pada perjalanan kami (11/12/2023)

Selama ini pelaku korupsi identik dengan orang-orang berdasi. Modusnya seperti suap, penggelapan, atau perampasan harta yang bukan haknya dan nilainya fantastis. Tapi tahukah anda, rakyat biasa pun secara tidak sadar kerap melakukan tindakan korupsi? Seperti yang sering terjadi di rangkaian Commuter Line Merak, relasi stasiun Rangkasbitung-Merak.

Kereta yang semula bernama KA Lokal Merak, acap kali menjadi tempat praktik korupsi. Korupsi yang dimaksud bukanlah seperti yang dewasa ini dilakukan oleh para tokoh penting, tetapi yang terjadi di Commuter Line Merak adalah: penumpang menempati kursi milik orang lain.

Kereta dengan jadwal keberangkatan masing-masing 7 kali dari stasiun Rangkasbitung dan Merak, memiliki 2 jenis tiket yang berbeda, yakni jenis tiket dengan kursi dan tiket tanpa kursi. Jenis tiket dengan kursi tentulah dilengkapi nomor kursi yang berbeda pada setiap tiket. Akan tetapi, penumpang yang memiliki tiket dengan kursi, tidak jarang mendapati kursi yang menjadi haknya sudah terisi. Entah oleh penumpang dengan jenis tiket yang sama, entah oleh penumpang yang memiliki tiket tanpa kursi.

Senin (11/12/2023) saya dan 6 orang teman merasa dirugikan oleh praktik korupsi seperti di atas. Saat itu kami naik dari stasiun Serang menuju Merak. Begitu kami tiba di kursi yang menjadi hak kami, betapa menyebalkannya—kursi kami sudah terisi. Hak kami dirampas oleh sebuah keluarga yang kami tidak tahu jenis tiket apa yang mereka miliki.

Sadar bahwa kursi itu milik kami, beberapa teman mencoba menegur. Tetapi usahanya sia-sia. Saya yang penasaran, mencoba menegur kembali, "Pak, punten. Ini kursi kami." Si kepala keluarga dengan santai menyaut, "emangnya gak ada kursi kosong lagi?" Saya jawab, "tetapi ini kursi kami, Pak." Dengan santainya dia berujar, "duduk di situ dulu, saya turun di Cilegon." Sambil menunjuk kursi kosong di sebelahnya. Bisa dibayangkan betapa menyebalkannya bapak dengan dua orang anak itu.

Kami yang tidak mau ada drama, manut pada si bapak. Namun, yang menjadi masalah adalah: kami duduk di tempat yang bukan menjadi hak kami. Berdosakah kami? Atau si bapak yang akan menanggung dosa kami?

Fenomena seperti di atas tidaklah terjadi sekali-dua kali. Kasus semacam ini sering terjadi dan dianggap normal oleh oknum penumpang yang tidak bertanggung jawab.

Saya ingat ketika tahun lalu menumpang kereta yang sama. Saat itu saya mengalami hal serupa dengan yang terjadi baru-baru ini. Saya diperintahkan untuk duduk di sembarang kursi kosong. Akan tetapi, saat itu apesnya saya ditegur oleh petugas karena duduk di kursi yang bukan menjadi hak saya.

Menjadi korban dalam kasus seperti ini memanglah menyebalkan. Vita, salah satu teman yang sering menggunakan layanan Commuter Line Merak mengaku kesal karena untuk pertama kalinya mengalami kejadian semacam ini. "Kesal lah, ngebuat bete. Walaupun beliau (si bapak pelaku) lebih tua, tapi kan karena sistem KA harus beli tiket dulu, jadi beda dari KRL yang sistemnya harus ngalah sama yang lebih tua. Kecuali kalau beliau ngomong (izin untuk menggunakan kursi) baik-baik." Kata Vita saat dihubungi melalui WhatsApp.

Berbeda dengan Vita, Rizki dan seorang teman yang tidak ingin disebutkan namanya mengaku sudah sering mengalami kejadian kursi diambil orang. Tetapi selama ini, penumpang yang mengambil kursi mereka langsung sadar dan mencari kursi kosong lain ketika ditegur. "Pernah (mengalami kursi diambil orang), tapi orangnya masih bilang 'maaf'. Beda dengan yang kemarin (11/12/2023/)." Kata teman yang tidak ingin disebutkan namanya.

Rizki berbagi pengalaman ketika dihubungi melalui WhatsApp. "Gue pernah ketika tempat duduk gue udah diisi orang, terus gue tegur orangnya, orangnya malah nyuruh gue duduk di sebelahnya. Padahal kursinya udah penuh, jadi gue duduk bertiga di kursi yang kapasitasnya 2 penumpang." Ujarnya. "Baru kali ini gue lihat orang yang gak punya tempat duduk terus gak mau pindah (setelah ditegur). Biasanya, orang yang gak punya tempat duduk, kalau ada orangnya (pemilik kursi) pasti pindah nyari tempat duduk lain (yang masih kosong)." Tambah Rizki si pengguna tetap Commuter Line Merak.

Kejadian semacam ini tentulah membuat kesal penumpang. Walaupun harga kedua jenis tiketnya sama, tetap saja penumpang yang memiliki tiket dengan kursi lebih berhak untuk duduk. Penumpang dengan tiket tanpa kursi tidak berhak untuk duduk di kursi, salah sendiri tidak memesan tiket dari jauh-jauh hari.

Petugas on board seharusnya tegas dalam menangani kasus seperti ini. Mereka harus memastikan setiap penumpng duduk pada kursinya masing-masing. "Baiknya (tiket) dicek satu-persatu seperti KA antarkota." Kata seorang teman.

Para penumpang juga semestinya memiliki kesadaran. Boleh saja menduduki kursi yang kosong, tetapi jika ada si pemilik kursi segeralah berpindah tempat. Jangan sebaliknya, si pemilik kursi yang harus mengalah.

Semua penumpang ingin menikmati perjalananya. Oleh karena itu, kita sebagai penumpang mesti tertib dan menaati peraturan yang berlaku. Kita harus menghargai hak penumpang lain. Begitulah harapan saya, Vita, Rizki, seorang teman yang tidak ingin disebut namanya, juga tentunya harapan seluruh pengguna layanan Commuter Line Merak. Semoga tidak ada lagi kejadian maling kursi di Commuter Line Merak dan di kereta lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun