riset keyword (kata kunci) merupakan bagian penting dari pekerjaan SEO (Search Engine Optimization). Riset keyword adalah proses mencari dan menganalisis kata atau frasa yang digunakan oleh pengguna mesin pencarian seperti Google.
MelakukanPada umumnya, pengguna mencari keyword tertentu karena ingin menemukan informasi, produk, atau layanan yang mereka butuhkan. Sebagai spesialis SEO, tujuan kita melakukan riset keyword adalah untuk menilai keyword mana yang relevan dan berpotensi mendatangkan traffic ke website kita.Â
Dengan melakukan riset keyword, kita juga bisa mendapatkan ide-ide untuk konten baru yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Sehingga website kita bisa terus menyediakan konten yang update dan dibutuhkan oleh pengguna.Â
Berikut ini panduan mudah untuk memahami proses riset keyword:
Menentukan Topik
Sebelum melakukan riset keyword, kita harus menentukan terlebih dahulu topik/tema besar yang relevan dengan bisnis atau website kita. Tema besar ini akan menjadi panduan pembuatan konten di halaman web kita.
Contoh: Website kita utamanya ditunjukkan untuk menjual produk pakaian wanita.Â
Maka topik atau tema besar yang yang bisa dipilih untuk pembuatan konten adalah seputar fashion wanita.
Buat List Seed keywords
Seed keywords adalah sekumpulan keyword yang berkaitan dengan tema yang kita pilih dan memiliki cakupan yang luas.
Contoh: Untuk tema fashion maka seed keywordnya bisa seperti berikut ini.
Tren fashion | Gaya fashion | Fashion wanita | Outfit of the day (OOTD) | Aksesori fashion | Tren warna pakaian | Tips berpakaian
Seed keywords ini dapat digunakan sebagai dasar untuk menemukan keyword yang lebih spesifik dan terkait dengan tema website kita.Â
Kamu bisa memasukkan seed keywords ini ke dalam riset tools untuk mendapatkan saran keyword tambahan serta mengetahui search volume, tingkat kesulitan, dan data lainnya terkait keyword tersebut.
Lakukan Riset Keyword dengan Bantuan SEO Tools
Kita bisa menggunakan SEO tools seperti Google Keyword Planner, Moz, Ubersuggest, Ahrefs, SEMrush dalam proses riset keyword.
Pada intinya riset keyword dilakukan untuk memilih keyword apa saja yang worth it untuk ditarget.Â
Cara memilih keyword tersebut adalah dengan mempertimbangkan 5A berikut.
Apakah keyword itu memiliki search demand yang tinggi?
Search demand menunjukkan banyaknya pencarian bulanan untuk keyword tersebut.Â
Bisa diukur dengan mengetahui search volume-nya misalnya menggunakan Ahrefs Keywords Explorer.
Apakah keyword itu punya potensi traffic yang tinggi?
Traffic potential adalah perkiraan total traffic yang akan kita dapat jika berada di peringkat teratas hasil pencarian untuk suatu keyword.Â
Perkiraan traffic ini muncul karena bisa saja halaman web kita mendapatkan traffic dari keyword lain, selain dari keyword yang ditargetkan. Mengukur perkiraan trafic bisa menggunakan Ahrefs SERP Checker Tool.
Apakah keyword itu bisa membawa potensi bisnis ke website kita?
Kita harus menilai sendiri value yang dimiliki suatu keyword dalam mendatangkan potensi bisnis ke website.Â
Misalnya website kita menjual produk pakaian, maka jika keyword "tips ootd" bisa menambah peluang pengunjung melihat produk-produk pakaian yang kita jual, keyword itu memiliki value bisnis yang tinggi.Â
Apakah kita bisa mencocokan konten kita dengan search intent?
Pada dasarnya, kita membuat konten untuk memenuhi tujuan pencarian pengguna (searcher's intent). Maka penting untuk mengetahui apa tujuan pengguna ketika mencari suatu keyword lalu menyesuaikan konten kita untuk memenuhi tujuan tersebut.
Cara menganalisis search intent adalah dengan melihat hasil penelusuran untuk suatu keyword dan menentukan 3 C's (Content Type, Content Format, Content Angle) dari beberapa halaman web yang menempati peringkat teratas.Â
Misalnya jika menargetkan keyword "tren fashion wanita 2024", lalu hasil penelusurannya menunjukkan konten yang menempati peringkat teratas adalah tipe blog dengan format list yang menyebutkan jenis-jenis fashion wanita yang nge-tren di tahun 2024, maka konten kita harus dibuat seperti itu untuk meraih peringkat atas di keyword tersebut.
Apakah kita bisa meraih top ranking untuk keyword tersebut?
Semua riset tentang keyword tadi bisa menjadi sia-sia kalau ternyata peluang kita untuk meraih peringkat atas di keyword itu kecil.Â
Hal ini berkaitan dengan kemampuan kita untuk bersaing dengan competitor yang sudah menempati peringkat teratas untuk keyword tersebut.Â
Sekian penjelasan tentang cara melakukan riset keyword. Secara keseluruhan, riset keyword adalah dasar dari setiap strategi SEO yang sukses. Dengan riset yang benar, kita bisa meningkatkan traffic dari audiens yang tepat, sehingga meningkatkan potensi bisnis ke website kita.
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H