INFORMASI UMUMÂ
Identitas ModulÂ
           Nama Penyusun      : Rahmat   Alvin   Tarwanto
           Nama Sekolah       : SMP Negeri 1 Karangpandan
           Tahun Penyusunan    : 2023
           Jenjang Sekolah      : SMP
           Alokasi Waktu       : 4 Jam Pelajaran @ 45 menit
(2 Pertemuan x 2 JP)
Jumlah Peserta Didik   : 34 Siswa
           Target Peserta Didik  : Reguler
           Model Pembelajaran : Problem Based Learning (PBL)
           Elemen            : Teks Laporan Hasil Observasi
Â
Kompetensi AwalÂ
Peserta didik telah memiliki pengetahuan awal tentang:
Peserta didik mampu menulis dan memiliki pengetahuan dasar tentang struktur teks laporan hasil observasi.
Peserta didik mampu memahami dasar-dasar penulisan sesuai dengan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi
Â
Profil Pelajar PancasilaÂ
Setelah mengikuti pembelajaran ini, Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik adalah:
Gotong Royong, siswa saling membantu dan tolong menolong dalam proses pembelajaran bersama kelompok. Masing-masing siswa dapat saling peduli, berinteraksi, dan berkolaborasi.
Mandiri, siswa melakukan proses brainstorming pada kegiatan awal pembelajaran.
Berpikir kritis, siswa dapat mengembangkan dan mengaitkan materi dalam kehidupan sehari- hari serta mampu menganalisis dan mengungkapkan opininya terhadap suatu topik/objek yang diamati.
Kreatif, siswa dapat mengerjakan tugas yang diberikan dan ditambah dengan ide menarik.
Â
Sarana & PrasaranaÂ
Sarana & Prasarana yang dibutuhkan pada saat belajar dengan modul ini antara lain:
Sarana :
Ruang kelas / Laboratorium komputer
Buku tulis
Alat tulis
Laptop / LCD Proyektor
Papan tulis
Prasarana :
Modul ajar
Buku Paket Bahasa Indonesia
Power pointÂ
Quizizz
Google Classroom
Akses internet
Lembar kerja peserta didik
Â
Target Peserta DidikÂ
Peserta didik reguler kelas VII
Â
Model Pembelajaran yang DigunakanÂ
Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran materi Menulis Teks Laporan Hasil Observasi  adalah Problem Base Learning (PBL) dan terdapat diskusi serta tanya jawab dalam pelaksanaan pembelajaran.
Â
      II.  KOMPONEN INTIÂ
ElemenÂ
Teks Laporan Hasil Observasi
Â
Capaian PembelajaranÂ
Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Peserta didik juga menuliskan hasil penelitian menggunakan metodologi sederhana dengan mengutip sumber rujukan secara etis.
Â
Tujuan PembelajaranÂ
Peserta didik diharapkan mampu:
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian teks laporan hasil observasi.
Peserta didik mampu mengidentifikasi topik dan gagasan utama yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi.
Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi.
Peserta didik mampu mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi.
Peserta didik dapat menyimpulkan isi teks dari teks laporan hasil observasi
Â
AsesmenÂ
Â
PenilaianÂ
Bentuk PenilaianÂ
Penilaian Pretest : tes formatif
Tes Subyektif / Tes Obyektif
Penilaian Sikap : observasi
Lembar Jurnal
Penilaian Pengetahuan : tes tulis
Pilihan Ganda / Penugasan
Penilaian Keterampilan : tes keterampilan
Lembar Kegiatan (proses) / Kelompok
Â
Pemahaman BermaknaÂ
Meningkatkan pemahaman peserta didik terkait pengunaan bahasa yang tepat, kemampuan mengumpulkan dan menganalisis data, menyusun laporan, evaluasi, berpikir kritis dan berkomunikasi untuk kemudian dapat diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan serupa dalam kehidupan sehari-hari.
Â
Pertanyaan PemantikÂ
Apa yang dimaksud dengan teks laporan hasil observasi?
Apa langkah-langkah yang perlu dilalui dalam menulis teks laporan hasil observasi?
Bagaimana tahapan dalam mengumpulkan data selama observasi?
Mengapa objektivitas dan keakuratan penting dalam penulisan teks laporan hasil observasi?
Apa unsur-unsur yang harus ada dalam teks laporan hasil observasi?
Â
Persiapan PembelajaranÂ
Membaca materi pembelajaran, menyiapkan perangkat, materi dan modul ajar
Menyiapkan lembar kerja peserta didik (LKPD)
Menyiapkan alat, bahan, dan media pembelajaran yang akan digunakan
Penganyaan dan RemidialÂ
1. Pengayaan : Â
Diberikan untuk menambah wawasan  kepada diberikan kepada peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar (KKM 75) untuk memperluas dan mendalami materi pembelajaran.
Peserta didik dapat memilih untuk mendapatkan pengayaan atau tidak.
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta diidk yang telah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk memperluas dan memperdalam materi (kompetensi).
2. Remidial:Â
Diberikan untuk memberikan dukungan dan bantuan tambahan agar peserta didik dapat mengatasi kesulitan belajar dan mencapai standar kompetensi yang ditetapkan kepada peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar (KKM 75).Â
Guru memberikan semangat dan dukungan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dan menjelaskan bahwa remidial merupakan peluang untuk memperbaiki pemahaman.
Guru memberikan tugas tambahan kepada peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar yang  dirancang untuk membantu mereka memahami konsepkonsep yang sulit dan memperdalam pemahaman tentang teks laporan hasil observasi dengan belajar kelompok dan pemanfaatan tutor sebaya.
Guru memantau perkembangan peserta didik yang sedang menjalani remidial melalui evaluasi tugas dan sesi tanya jawab tambahan.
Â
Refleksi Peserta Didik dan GuruÂ
Refleksi Peserta Didik
Apa yang kamu ketahui tentang teks laporan hasil observasi sebelum mengikuti kegiatan?
Bagaimana cara untuk menerapkan keterampilan penulisan laporan ini dalam konteks selain sekolah?
Apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas laporan observasi berikutnya?
Apa yang menjadi tantangan terbesar dalam analisis data selama observasi?
Pelajaran berharga apa yang dapat kamu ambil dari kegiatan pembelajaran ini?
Â
Refleksi Guru
Apakah peserta didik mampu menjelaskan konsep dan langkah-langkah penulisan laporan secara memadai?
Apakah peserta didik aktif dalam diskusi dan latihan terkait laporan hasil observasi?
Apakah asesmen yang digunakan memberikan gambaran yang akurat tentang pemahaman peserta didik?
Apakah seluruh peserta didik dapat tuntas dalam pelaksanaan pembelajaran?
Apa yang bisa guru lakukan untuk membuat pembelajaran tentang laporan hasil observasi lebih efektif di masa mendatang?
Â
Â
GlosariumÂ
Problem Based Learning (PBL) : Metode pembelajaran di mana siswa dilatih untuk menghadapi masalah untuk menumbuhkan pengetahuan, keterampilan, pemikiran kritis, dan sikap yang berpusat pada siswa.
Apersepsi : Kegiatan yang dimaksudkan untuk membuat siswa siap mental dan memperhatikan pembelajaran guru..
Eksplorasi : Proses menemukan dan mengaktifkan pengetahuan awal selama proses pembelajaran
Elaborasi : metode struktural untuk mengurutkan dan mensintesis materi pembelajaran sebelum diberikan kepada siswa.
Kritis : kemampuan untuk menganalisis informasi, mengidentifikasi asumsi-asumsi, mengajukan pertanyaan kritis, dan merumuskan argumen yang kuat.
Data : Informasi yang diperoleh melalui pengamatan langsung atau rekaman dari fenomena atau peristiwa yang diamati.
Observasi: Proses pengamatan dan pencatatan informasi yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data atau informasi tertentu.
Evaluasi : proses sistematis untuk menilai, mengukur, dan mengevaluasi sesuatu, seperti program, proyek, produk, atau kinerja individu, dengan tujuan untuk mengevaluasi keefektifan, keberhasilan, atau kualitasnya
Logis : merujuk pada sesuatu yang rasional, masuk akal, atau sesuai dengan prinsipprinsip penalaran yang benar
Kreatif : kemampuan untuk menghasilkan atau menghasilkan ide-ide, konsep, atau karya yang baru, orisinal, dan inovatif.
Quizizz : Platform pembuatan game interaktif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan soal berupa kuis kepada peserta didik.
Google Classroom adalah platform pembelajaran daring yang dikembangkan oleh Google
Â
Daftar PustakaÂ
Â
Hakim, L., & Marzuki, I. (t.t.). PENDIDIKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIF DALAM KISAH MUSA DAN KHIDIR. Tadarus Tarbawy,
1(2).
Atmazaki. (2013). Penilaian alternatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Padang: UNP Press.
Barus, V, dkk. (2010). Keanekaragaman flora Indonesia: seri tanaman hias. Jakarta: PT Lestari Kiranatama.
Wahono, dkk. (2016). Mahir berbahasa Indonesia jilid 1 kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Erlangga.
Kemendikbud. (2018). Materi penyegaran instruktur kurikulum 2013 SMP mata pelajaran bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Sanjaya, W. (2014). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran
Barus, V, dkk. (2010). Keanekaragaman flora Indonesia: seri tanaman komoditas. Jakarta: PT Lestari Kiranatama.
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.
Aras, I. (2019). TEORI ELABORASI SEBAGAI STRATEGI PENGORGANISASIAN ISI MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Mathematic Education And Aplication Journal, 1(1), 26.
Najoan, RAO, Tahiru, YS, Kumolontang, DF, & ... (2023). Penerapan Model Problem based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif:
      Jurnal                 Ilmu        ...,               edukatif.org,Â
https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/5005 Â
 Zulfa, T, Tursinawati, T, & Darnius, S (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, jbasic.org, https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/5451 Â
Nasution, S, & Nurbaiti, A (2021). Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Tingkat SMP kelas VII., books.google.com,
https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=Ro1LEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=t eks+laporan+hasil+observasi&ots=SPk-fAfPXa&sig=amGvPbhGkrrOMNAYsM2BWBWOvc Â
Martin, SE, & Emidar, E (2019). Korelasi Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra ..., ejournal.unp.ac.id, https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/104519 Â
Nurtanto, M, Fawaid, M, & Sofyan, H (2020). Problem based learning (PBL) in Industry 4.0:
Improving learning quality through character-based literacy learning and life career skill
(LL-LCS).  Journal       of     Physics:     Conference    ...,    iopscience.iop.org, https://doi.org/10.1088/1742-6596/1573/1/012006 Â
Â
Â
Â
Mengetahui,
Surakarta, 1 Oktober 2023
Kepala Sekolah,
Guru Pengajar,
Suharno, S.Pd., M.Pd.
Rahmat Alvin Tarwanto
Â
Â
Â
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi
Â
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Materi             : Teks Laporan Hasil Observasi
Kelas / Semester     : VII / Ganjil
Tahun Ajaran        : 2023 / 2024
Nama Kelompok :
Anggota :
1 ..................................
2. .................................
3. .................................
4. .................................
5. .................................
- TUJUAN PEMBELAJARAN
- Peserta didik diharapkan mampu:
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian teks laporan hasil observasi.
- Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi.
- Peserta didik dapat menyimpulkan isi teks dari teks laporan hasil observasi
- LANGKAH KEGIATAN
- Bentuklah kelompok yang terdiri dari 3-4 orang. Pastikan setiap anggota kelompok aktif berpartisipasi dalam observasi dan analisis
- Akseslah video dokumenter melalui tautan yang disediakan (https://youtu.be/yiLt5Y43Jwc?si=tnFcY9gnVBu6z6HR) dan perhatikan detail dan konten video dengan seksama
- Identifikasi dan catatlah pokok-pokok isi dari video tersebut. Fokus pada tema utama, narasi, dan informasi kunci yang disajikan.
- Diskusikan bersama kelompok mengenai hasil identifikasi. Apakah ada pesan utama yang ingin disampaikan? Apakah ada aspek visual atau audio yang memperkuat pesan tersebut?
- Tuliskan hasil identifikasi dan analisis dalam bentuk laporan atau catatan yang terstruktur. Sertakan poin-poin kunci yang dianggap penting oleh kelompok.
- Buatlah pertanyaan yang bersifat reflektif atau mendorong diskusi lebih lanjut berdasarkan hasil analisis. Misalnya, pertanyaan mengenai dampak emosional, implikasi sosial, atau relevansi topik dalam konteks saat ini.
- Setelah menyelesaikan analisis, kelompok dapat mempresentasikan temuan mereka kepada seluruh kelas atau kelompok lainnya. Diskusikan hasil analisis secara terbuka untuk mendapatkan berbagai perspektif.
- Kemudian kerjakan pertanyaan yang terdapat dalam hasil analisis dan pertanyaan dibawah!
- HASIL ANALISIS DAN PERTANYAAN
- 1. Â Apa objek utama yang kalian temukan dalam video tersebut?
Jawab: .......................................................
.................................................................
.................................................................
- Apa ciri khas objek yang kalian temukan tersebut?
Jawab: .......................................................
.................................................................
.................................................................
- Buatlah kerangka teks laporan hasil observasi berupa hasil rangkuman dari video dokumenter yang telah kalian amati tadi!
Jawab: .......................................................
.................................................................
.................................................................
- Kembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi teks laporan hasil observasi yang utuh dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaannya!
Jawab: .......................................................
.................................................................
.................................................................
~ Selamat Mengerjakan ~
ASESMEN
 INSTRUMEN DAN RUBIK PENILAIANÂ
Â
Penilaian Sikap Â
Instrumen Penilaian Sikap
NoÂ
NamaÂ
KelasÂ
Aspek PenilaianÂ
Gotong RoyongÂ
MandiriÂ
Berpikir KritisÂ
KreatifÂ
1
Â
Â
Â
Â
Â
Â
2
Â
Â
Â
Â
Â
Â
3
Â
Â
Â
Â
Â
Â
4
Â
Â
Â
Â
Â
Â
5
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Rubrik Penilaian Sikap
NoÂ
Aspek yang dinilaiÂ
DeskripsiÂ
 NilaiÂ
1
Gotong Royong
Tidak terlibat aktif, tidak memberikan kontribusi, dan tidak bekerja sama dalam kegiatan gotong royong dalam menyelesaikan tugas kelompoknya
1
Terlibat dengan keterbatasan, memberikan kontribusi yang terbatas, dan memiliki kendala dalam bekerja sama saat kegiatan gotong royong dalam menyelesaikan tugas kelompoknya
2
Terlibat cukup, memberikan kontribusi yang memadai, dan mampu bekerja sama saat kegiatan dalam menyelesaikan tugas kelompoknya
3
Aktif berpartisipasi, memberikan kontribusi maksimal, dan bekerja sama dengan baik saat kegiatan gotong royong dalam menyelesaikan tugas kelompoknya
4
2
Mandiri
Tidak mampu menyelesaikan tugas secara mandiri dan selalu bergantung pada orang lain.
1
Kesulitan menyelesaikan tugas tanpa bantuan eksternal dan bergantung pada orang lain secara berlebihan.
2
Mampu menyelesaikan tugas dengan bantuan minimal dan menunjukkan kemandirian yang cukup. Â
3
Mampu menyelesaikan tugas secara mandiri dengan efisien dan efektif.
4
3
Berpikir Kritis
Tidak mampu melakukan analisis, tidak menyusun argumen dengan baik, dan mengambil keputusan tanpa pemikiran kritis.
1
Kesulitan dalam menganalisis informasi dan menyusun argumen, dan seringkali mengambil keputusan tanpa pemikiran yang matang.
2
Mampu melakukan analisis dan menyusun argumen, tetapi terdapat kekurangan dalam kedalaman atau konsistensi.
3
Menunjukkan kemampuan menganalisis informasi, menyusun argumen dengan baik, dan mengambil keputusan secara bijaksana.
4
4
Kreatif
Tidak menunjukkan kemampuan berpikir kreatif dan tidak menghasilkan ide atau solusi yang inovatif dalam pembuatan bahan presentasi dari penyajian jawaban atas soal-soal penugasan
1
Terbatas dalam kemampuan berpikir kreatif, dan kurangnya inovasi dalam menyajikan ide atau solusi dalam pembuatan bahan presentasi dari penyajian jawaban atas soal-soal penugasan
2
Kadang-kadang menunjukkan kemampuan berpikir kreatif, tetapi ide-ide mungkin tidak selalu inovatif dalam pembuatan bahan presentasi dari penyajian jawaban atas soal-soal penugasan
3
Menunjukkan kemampuan berpikir kreatif dengan menghasilkan ide-ide baru dan solusi yang inovatif dalam pembuatan bahan presentasi dari penyajian jawaban atas soal-soal penugasan
4
Â
Petunjuk Penilaian:
1. Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
2. Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Â
= Â 100
Â
3. Peserta didik memperoleh nilai:
NilaiÂ
Rentang NilaiÂ
Sangat Baik
3.20 -- 4.00 (80-100)
Baik
2.8 -- 3.19 (70-79
Cukup
2.4 -- 2.79 (60-69)
Kurang
Kurang dari 2.4 (60)
Â
Penilaian PengetahuanÂ
      -   Soal Assesment
Kerjakan Soal di bawah ini dengan benar!
1. Pernyataan yang menyampaikan hal-hal secara umum disebut...
Pernyataan umumÂ
ArgumentasiÂ
Pernyataan pendapatÂ
Aspek yang dilaporka
Â
2. Berikut yang merupakan struktur laporan observasi adalah..
Abstraksi, orentasi, krisis, reaksi, dan koda
Pernyataan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang pendapat
Definisi umum, deskripsi bagian dansimpulanÂ
Definisi umum dan argumentasi
Â
- 3. Hasil observasi dinyatakan dalam kalimat ...
DeskripsiÂ
PerbandinganÂ
Definisi
Imperatif
Â
Bacalah 2 kutpan teks laporan hasil observasi berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5Â
Â
Teks 1
Buah pepaya berbentuk oval, berkulit halus, dan berwarna jingga kehijauan. Buah ini dikenalbanyak mengandung vitamin C juga memiliki kandungan zat antoksidan yang baik. Kandungan vitamin C dan karoten dalam pepaya dapat mencegah dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit kanker, misalnya kanker paru-paru, kanker kolon, dan kanker payudara. Kandungan serat buahpepaya juga halus, sehingga baik dikonsumsi oleh kalangan balita sampai usia lanjut.
Â
Teks 2
Sirsak adalah salah satu buah ajaib yang banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan kanker.Hasil riset beberapa universitas itu membuktkan jika pohon ajaib dan buahnya ini bisa menyerangsel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, sepert yang terjadi pada terapi kemo. Terutama daun sirsak memiliki daya kerjamemperlambat pertumbuhan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan.
Â
Persaaman isi teks laporan hasil observasi di atas adalah ....
Kedua teks tersebut menjelaskan manfaat buah dapat mengobat penyakit kanke pemberitahuan Â
Kedua teks menjelaskan ciri-ciri buahÂ
Kedua teks tersebut menjelaskan kandungan gizi yang terdapat dalam buah
Kedua teks tersebut menginformasikan zat antoksidan yang dapat mencegah kanker
Â
Kalimat pertama yang digunakan dalam kedua teks di atas memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut adalah ...
Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat definisi sedangkan pada teks ke-
2 berupa kalimat deskripsi
Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat definisi sedangkan pada teks ke-
2 berupa kalimat kompleks
Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat deskripsi sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat kompleks
Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat deskripsi sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat definisiÂ
Â
Teks laporan hasil observasi memuat informasi yang disajikan harus sesuai dengan yangdidapatkandari hasil penelitian. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas asdalah ....
Argumentasi
Pendapat
Opini
FaktaÂ
Â
Perhatikan kutipan teks laporan hasil observasi berikut ini!
Museum merupakan salah satu tempat paling penting dalam upaya pelestarian sejarah (1). Museum adalahlembaga yang berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budayamasyarakat untuk tujuan studi, penelitian, dan kesenangan atau hiburan (2). Fungsi museum yang utamaadalah menyimpan, merawat, mengamankan, dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya (3). Dengan demikian, museum memiliki fungsi besar yaitu sebagai tempat pelestarian (4).
Objek yang sedang dibahas dalam teks di atas adalah ....
a. Â Tempat museum
MuseumÂ
Fungsi museum
Wisata museum
Â
Perhatikan teks berikut!
Lingkungan RT 03 kurang bersih, karena kurangnya kesadaran masyrakatnya untuk menjagakebersihan dan kurangnya keberadaaan fasilitas kebersihan, seperti tong sampah. Menjagakebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh masysrakat RT 03. Kerja sama antarapengurus RT dan masyarakat akan lebih meningkatkan upaya kebersihan lingkungan tersebut.Pengurus RT berperan dalam penyediaan fasiitas kebersihan bersinergi dengan kesadaranmasyarakat dalam menjaga keberishan lingkungan.
Dari teks tersebut yang termasuk dalam definisi umum hasil analisis laporan adalah ...
Menjaga     kebersihan    lingkungan       merupakan    tanggung     jawab seluruh masyarakatRT 03
Kurangnya kesadaran masyarakatnya untuk menjaga kebersihan
Lingkungan RT 03 kurang bersihÂ
Kerja sama antara pengurus RT dan masyarakat akan lebih meningkatkan upayakebersihan lingkungan tersebut
Â
Bacalah kutipan teks laporan observasi berikut!
Bahan yang digunakan adalah 100 g daun kemangi dan 200 ml air panas. Caranya hancurkandaun kemangi, campurkan dengan air panas. Dalam air panas, aduk-aduk kemangi sehinggasarinya keluar. Lalu dinginkan.
Aspek yang dilaporkan pada paragraf di atas adalah...
- Berupa deskripsi bahan dan daun kemangi
- Berupa deskripsi bahan dan cara pembuatanÂ
- Berupa deskripsi kemangi
- Berupa deskripsi bahan pembuatan
Â
Di bawah ini yang bukan merupakan kata-kata pendeskripsian hewan adalah...
Halaman, gersang, dan kering
Gemuk, besar, dan rakusÂ
Daging, ringan, dan bergizi
Sakit, pintar, dan beran
Â
- Â Â Rubrik Penilaian Pengetahuan Skor Maksimal = 10 x 10 = 100
Â
= Â 100
Â
Rentangan Nilai :
NilaiÂ
Rentang NilaiÂ
Sangat Baik
91 -- 100
Baik
83 -- 90
Cukup
75 -- 82
Kurang
< 75
Â
3. Penilaian KetrampilanÂ
Instrumen Penilaian Keterampilan Pada Pengerjaan LKPD
NoÂ
NamaÂ
Aspek PenilaianÂ
Deskripsi ObjekÂ
ObservasiÂ
Analisis dan InterpretasiÂ
Kritis dan EvaluatifÂ
Gaya Penulisan danÂ
KeterbacaanÂ
1
Â
Â
Â
Â
Â
2
Â
Â
Â
Â
Â
3
Â
Â
Â
Â
Â
4
Â
Â
Â
Â
Â
5
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Rubrik Penilaian Keterampilan
No
Aspek
Keterangan
Nilai
1
Deskripsi Objek Observas
Tidak jelas dan tidak mendetail dalam menjelaskan objek observasi serta tidak ada dukungan data atau contoh konkret.
1
Menjelaskan objek observasi, tetapi kurang rinci namun beberapa data atau contoh konkret disertakan.
2
Rinci dalam menjelaskan objek observas tetapi data dan contoh konkret mendukung deskripsi.
3
Sangat rinci dan mendalam dalam menjelaskan objek observasi dan data serta contoh konkret sangat mendukung deskripsi.
4
2
Analisis dan Interpretasi
Tidak ada analisis atau interpretasi yang terlihat dan tidak ada keterkaitan dengan teori atau konteks lebih luas.
1
Memberikan analisis yang sederhana tetapi beberapa keterkaitan dengan teori atau konteks lebih luas.
2
Analisis mendalam dan relevan dan menunjukkan pemahaman yang baik terhadap teori atau konteks lebih luas.
3
Analisis yang sangat mendalam dan cerdas serta keterkaitan dengan teori atau konteks sangat jelas.
4
3
Kritis dan Evaluatif
Tidak memberikan pandangan kritis dan tidak ada evaluasi terhadap aspek positif/negatif.
1
Memberikan beberapa pandangan kritis, tetapi kurang mendalam dan evaluasi terhadap aspek positif/negatif ada, tetapi terbatas.
2
Memberikan pandangan kritis yang mendalam dan evaluasi terhadap aspek positif/negatif cukup komprehensif.
3
Memberikan pandangan kritis yang sangat mendalam dan tajam serta evaluasi terhadap aspek positif/negatif sangat komprehensif.
4
4
Gaya Penulisan dan Keterbacaan
Tidak terstruktur, sulit dipahami dan banyak kesalahan tata bahasa dan ejaan.
1
Terdapat struktur, tetapi masih sulit dipahami dan  beberapa kesalahan tata bahasa dan ejaan.
2
Terstruktur dengan baik, mudah dipahami dan kesalahan tata bahasa dan ejaan minimal.
3
Sangat terstruktur, sangat mudah dipahami dan tidak ada atau hanya sedikit kesalahan tata bahasa dan ejaan.
4
Â
Petunjuk Penilaian:
1. Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
2. Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Â
= Â 100
Â
3. Peserta didik memperoleh nilai:
NilaiÂ
Rentang NilaiÂ
Sangat Baik
3.20 -- 4.00 (80-100)
Baik
2.8 -- 3.19 (70-79
Cukup
2.4 -- 2.79 (60-69)
Kurang
Kurang dari 2.4 (60)
Â
REFLEKSI KEGIATAN PEMBELAJARANÂ
- Refleksi Peserta Didik
- Nama Siswa      : ..........................................................
- Absen           : ..........................................................
- Kelas           : ..........................................................
- Mata Pelajaran    : ..........................................................
- Sekolah         : ..........................................................
- Waktu          : Hari ............, Tanggal ............................
- Petunjuk :
- Berikut ini adalah daftar pertanyaan mengenai Bapak/Ibu guru yang mengajar di kelas. Pertanyaan ini buka ujian dan tidak akan berpengaruh apa-apa kepada kalian. Jawablah dengan jujur karena ini akan sangat membantu Bapak/Ibu guru dalam proses pembelajaran yang lebih baik lagi. Kamu hanya perlu menjawab sesuai ekspresi yang ada di lembar ini yang menggambarkan perasaan kamu sangat sedih, sedih, senang atau sangat senang dengan memberi tanda ceklis ().
- No
- Pertanyaan
- Tidak Senang
- Senang
- Sangat Senang
1
- Saya merasa penilaian dari guru terhadap kinerjaku sangat membantu dan adil
- 2
- Materi pembelajaran yang diajarkan guru membuat saya tertarik dan lebih memahami topik tersebut
- 3
- Metode pengajaran yang digunakan guru memberikan variasi dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik
- 4
- Tantangan pembelajaran membantu meningkatkan kemampuan saya dalam memahami konsep-konsep sulit
- 5
- Suasana kelas dan interaksi dengan guru menciptakan lingkungan belajar yang positif dan menyenangkan
- 6
- Guru memberikan respon yang cepat dan membantu saat saya memiliki pertanyaan
- 7
- Guru responsif terhadap saran atau masukan yang ada, dan hal itu membuat saya merasa dihargai
- 8
- Guru memahami kebutuhan belajar saya dengan baik dan memberikan dukungan yang diperlukan
- 9
- Pembagian tugas atau proyek kelompok memberikan kesempatan untuk belajar dari teman sekelas
- 10
- Guru memberikan dukungan yang signifikan dalam mencapai tujuan belajar saya
- Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan!
- Materi apa yang sudah kamu pelajari pada pembelajaran hari ini?
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- Apakah materi yang disampaikan, didiskusikan, dan dipresentasikan dalam pembelajaran dapat kamu pahami? Jika belum, bagian apa yang belum kamu pahami?
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- Kesulitan apa yang kamu alami dalam pembelajaran?
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- Manfaat apa yang kamu peroleh pada pembelajaran hari ini?
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- Cara belajar apa dan bagaimana yang membantu dalam memahami materi pembelajaran?
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- Refleksi Guru
- Nama                 : .........................................................
- Kelas yang diampu      : .........................................................
- Waktu                 : Hari ............, Tanggal ...........................
- Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Apakah ada permasalahan baik dalam persiapan maupun pada saat proses pembelajaran terkait dengan sarana dan prasarana?
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- b. Â Apa hal menarik yang saya temukan selama proses pembelajaran?
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- c. Â Apakah siswa telah menunjukkan antusiasme selama pembelajaran?
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- d. Â Apa yang belum dicapai oleh siswa dalam proses pembelajaran ini?
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- e. Â Bagaimana cara mengukur keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran?
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- Bagaimana merespon tantangan atau hambatan yang mungkin dihadapi peserta didik dalam proses pembelajaran?
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- Apakah penggunaan teknologi atau media dalam pengajaran telah mendukung efektivitas pembelajaran?
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- Bagaimana  mengelola dan mendukung kerjasama antarpeserta didik dalam kegiatan kelompok?
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- Bagaimana cara memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kelas?
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- Apa yang perlu diperbaiki dari pembelajaran yang sudah dilakukan?
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- ......................................................................................................
- Refleksi Guru Senior
- Sekolah         :
- Nama Observer   :
- Waktu           : Hari ............, Tanggal ............................
- Petunjuk Pengisian Lembar Observasi
- Berilah tanda () pada setiap kolom di bawah ini sesuai dengan pengamatan yang anda
- lakukan pada proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :
- Ya  :      Apabila hasil pengamatan yang dilakukan memenuhi aspek
- Tidak     : Apabila hasil pengamatan yang dilakukan tidak memenuhi aspek
- Penilaian Observasi keterlaksanaan pembelajaran
Aspek yang diamati
Penilaian keterlaksanaan
pembelajaran
Catatan
Ya
Tidak
Kegiatan Pendahuluan
1
Menyiapkan media pembelajaran
2
Mengucapkan salam pembuka dan berdoa
3
Mengkondisikan suasana belajar dan memberikan motivasi dan
menanyakan kondisi peserta didik
4
Melakukan presensi kehadiran peserta didik
5
Memberikan apersepsi materi yang lalu
6
Menyampaikan Capaian Pembelajaran
7
Menjelaskan Tujuan Pembelajaran
8
Menjelaskan bentuk penilaian
9
Memberi motivasi belajar peserta
didik secara kontekstual sesuai
dengan manfaat dan aplikasi materi
ajar dalam kehidupan sehari-hari
10
Memberikan pertanyaan pemantik
Kegiatan Inti
Membimbing Peserta Didik Menghadapi Masalah
1
Peserta didik dibantu guru mengamati beberapa permasalahan terkait teks laporan hasil observasi melalui media pembelajaran
2
Guru mendorong peserta didik untuk mengamati permasalahan yang disajikan melalui media pembelajaran.
3
Peserta didik diberi waktu untuk bertanya beberapa permasalahan terkait materi yang disajikan
Mengelola Keterlibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran
1
Membagi kelompok peserta didik
(jika dilaksanakan secara
berkelompok)
2
Memberikan LKP terkait dengan materi atau tujuan pembelajaran yang akan dicapai kepada kepada peserta didik
3
Membimbing peserta didik untuk memahami petunjuk yang terdapat pada LKPD
4
Membuat kesepakatan bahwa diskusi kelompok harus selesai dalam waktu 30 menit
Mengarahkan dan Membimbing PenyelidikanÂ
secara Individu dan Kelompok
1
Membimbing peserta didik dalam merencanakan dan melaksanakan penyelidikan terkait permasalahan yang disajikan pada media pembelajaran dan LKPD
2
Membantu peserta didik dalam menghasilkan solusi pemecahan masalah dan mengembangkan solusi berdasarkan temuan dari kegiatan penyelidikan.
3
Peserta didik menghasilkan solusi yang telah mereka temukan
         Mendesain dan Menampilkan Karya yang Telah Diciptakan
1
Mempresentasikan hasil pekerjaan LKPD dengan menuliskan jawabannya pada papan tulis dan menjelaskan bagaimana cara pemecahan masalah dapat diperoleh oleh peserta didik
2
Memperhatikan presentasi kelompok yang sedang maju dan diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan, baik berupa saran, komentar, atau pertanyaan terkait presentasi tersebut.
3
Mendampingi setiap presentasi dan melakukan penilaian terhadap kualitas presentasi, pemahaman materi, dan kemampuan menjelaskan cara pemecahan masalah
4
Melakukan evaluasi terhadap keseluruhan diskusi setelah semua kelompok telah mempresentasikan hasil diskusi.
5
Memberikan apresiasi berupa tepuk tangan dari teman-teman sekelas
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
1
Memberikan peserta didik untuk bertanya dan memberikan pendapat terkait pemecahan masalah yang telah mereka diskusikan
2
Melakukan penilaian terhadap pertanyaan dan pendapat yang diajukan peserta didik
3
Menyimpulkan pemecahan masalah yang telah dilakukan
Penutupan
1
Melakukan refleksi  pembelajaran yang telah dilakukan
2
Menyimpulkan atau mengevaluasi
mengenai materi yang telah
disampaikan
3
Menyampaikan materi atau
kegiatan yang akan dilakukan pada
pertemuan berikutnya
4
Memberikan motivasi kepada peserta didik
5
Meminta peserta didik Bersama- sama berdoa dan engucapkan salam penutup
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H