Mohon tunggu...
Rahmat Fauzi
Rahmat Fauzi Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Sistem Informasi Manajemen dalam Manajemen Pemasaran

20 April 2016   10:56 Diperbarui: 20 April 2016   11:22 2943
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sistem Informasi Manajemen Dalam Manajemen Pemasaran

Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. Secara umum fungsi pemasaran mempunyai 4 (empat) komponen utama (marketing mix) dalam melakukan perannnya, yaitu:

1. Produk (Product)

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan atau dikonsumsi dan yang dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan.

2. Struktur Harga (Price)

Harga adalah sejumlah uang sebagai alat tukar untuk memperoleh produk atau jasa.

3. Distribusi (Place)

Saluran pemasaran / saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan semua kegiatan (fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status kepemilikannya dari produsen ke konsumen.

4. Promosi (Promotion)

Promosi adalah suatu komunikasi informasi penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut.

Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran, yaitu kegiatan yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

Tujuan promosi di antaranya adalah:

1.      Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial

2.      Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba

3.      Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan

4.      Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar

5.      Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing

6.      Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

7.      Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.

Beberapa cara untuk melakukan promosi adalah:

1.      Melalui e-mail

2.      Melalui sms

3.      Melalui pembicaraan

4.      Melalui iklan

5.      Media sosial

6.      dll

Media-media promosi antara lain :

1.      Media cetak

2.      Media elektronik

3.      Media internet

4.      Media produk

Yang begitu dekat kaitannya dengan system informasi manajemen disini yaitu promosi media internet. Promosi menggunakan media internet ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya pengguna internet di jaman sekarang ini. Perkembangan teknologi telah merubah segalanya termasuk dalam bidang bisnis. Namun ini sangat menjadi kemudahan untuk melancarkan dan memperluas jangkauan promosi barang ataupun jasa, disamping itu dengan promosi media internet pengusaha dapat memperkecil biaya produksi yang berkaitan dengan biaya promosi sehingga mereka bisa mendapat keuntungan yang lebih banyak. Beriklan melalui media internet ini biasanya melalui media social seperti facebook, instagram, dll.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun