Sistem Informasi Manajemen Dalam Manajemen Pemasaran
Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. Secara umum fungsi pemasaran mempunyai 4 (empat) komponen utama (marketing mix) dalam melakukan perannnya, yaitu:
1. Produk (Product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan atau dikonsumsi dan yang dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan.
2. Struktur Harga (Price)
Harga adalah sejumlah uang sebagai alat tukar untuk memperoleh produk atau jasa.
3. Distribusi (Place)
Saluran pemasaran / saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan semua kegiatan (fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status kepemilikannya dari produsen ke konsumen.
4. Promosi (Promotion)
Promosi adalah suatu komunikasi informasi penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut.
Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran, yaitu kegiatan yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Tujuan promosi di antaranya adalah:
1. Â Â Â Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
2. Â Â Â Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
3. Â Â Â Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
4. Â Â Â Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
5. Â Â Â Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
6. Â Â Â Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
7. Â Â Â Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.
Beberapa cara untuk melakukan promosi adalah:
1. Â Â Â Melalui e-mail
2. Â Â Â Melalui sms
3. Â Â Â Melalui pembicaraan
4. Â Â Â Melalui iklan
5. Â Â Â Media sosial
6. Â Â Â dll
Media-media promosi antara lain :
1. Â Â Â Media cetak
2. Â Â Â Media elektronik
3. Â Â Â Media internet
4. Â Â Â Media produk
Yang begitu dekat kaitannya dengan system informasi manajemen disini yaitu promosi media internet. Promosi menggunakan media internet ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya pengguna internet di jaman sekarang ini. Perkembangan teknologi telah merubah segalanya termasuk dalam bidang bisnis. Namun ini sangat menjadi kemudahan untuk melancarkan dan memperluas jangkauan promosi barang ataupun jasa, disamping itu dengan promosi media internet pengusaha dapat memperkecil biaya produksi yang berkaitan dengan biaya promosi sehingga mereka bisa mendapat keuntungan yang lebih banyak. Beriklan melalui media internet ini biasanya melalui media social seperti facebook, instagram, dll.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H