Mohon tunggu...
Rahman Insan
Rahman Insan Mohon Tunggu... Lainnya - Siswa SMKN 37 Jakarta

Selamat membaca

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Cara Menggunakan Motor Kopling

12 November 2020   20:17 Diperbarui: 12 November 2020   20:25 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama saya Rahman Insan
Dan pada kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara menggunakan motor kopling

Saya terkadang mendapat pertanyaan dari teman - teman saya, dia berkata kepada saya setiap ganti gigi, mesinnya langsung mati. Mengapa demikian?

Saya akan menjelaskan

Motor kopling hampir sama dengan motor bebek, bedanya ada handle kopling di bagian kiri stang motor.

Lalu cara mengganti giginya juga berbeda sahabat....

Menaikkan gigi motor bebek injak kedepan semua, jika ingin diturunkan injak kebelakang semua. Sedangkan menaikkan gigi motor kopling 1 N 2 3 4 5 6.

Saat ingin memindahkan gigi dari netral ke 1 caranya:
1. Tarik tuas kopling
2. Injak gigi ke depan
3. Lepas tuas kopling perlahan dibarengi gas.

Lalu jika ingin memindahkan dari gigi 1 ke 2 dan seterusnya caranya:
1. Tarik tuas kopling
2. Injak gigi ke belakang
3. Lepas tuas kopling perlahan dibarengi gas.

Bagaimana cara menetralkan gigi motor kopling?

Dari yang saya beritahu sebelumnya
1 N 2 3 4 5 6

Caranya injak (pakai perasaan) antara gigi 1 dan 2. Jangan injak terlalu keras.
Misal dari gigi 1 mau ke N, tarik tuas kopling lalu injak gigi ke belakang tidak terlalu keras, jika terlalu keras menjadi gigi 2.

Intinya kalau ke netral antara gigi 1 dan 2.

Lalu teman saya ada yang bertanya lagi:

"kok saat berhenti tidak bisa netral dengan mesin menyala?"

Saya beritahu sahabat, mengubah ke netral saat motor masih melaju. Jika berhenti tarik tuas rem tangan lalu lepas tuas kopling agar motor tidak lompat.

Motor langsung mati, saat itu sangatlah mudah mengubah ke gigi N (netral). Tapi menurut saya lebih baik gantinya saat masih melaju.

Demikian pengalaman dari Saya

Semoga bermanfaat

Selamat mencoba

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun