Mohon tunggu...
Rahmah Rahmah
Rahmah Rahmah Mohon Tunggu... Freelancer - Pendidik yang terus berkembang mencari jati diri

Pendidik yang memiliki hobi membaca, bekrja di balik layar. Prinsip : La tahzan, Innallaha Ma'ana

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

8 Oktober 2023   20:12 Diperbarui: 8 Oktober 2023   20:13 533
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal  Refleksi Dwi Mingguan Modul  1.3 CGP Angkatan 9

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Guru Pengerak, Guru hebat yang tergerak, bergerak dan menggerakkan.

Apa Kabar? Semoga dalam keadaan sehat dan kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas yang direncanakan. Salam semangat bersama saya Rahmah Calon Guru Penggerak Angkatan 9. Pada pertemuan ini, saya akan berbagi pengalaman yang saya pelajari dari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Dalam menyusun jurnal refleksi ini, saya menggunakan model 1 yaitu model 4F : 1. Facts (Peristiwa); 2. Feelings (Perasaaan); 3. Findings (Pembelajaran); dan 4. Future (Penerapan), yang dikemukakan oleh Dr. Roger Greenaway. Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 1.3 Visi Guru Penggerak. 

1.      Facts (Peristiwa)

Saya memulai modul 1.3 menggunakan alur MERDEKA, yakni

a.         Mulai dari Diri

Pada Tanggal 15 September 2023 dimulailah modul 1.3 tentang visi guru penggerak, CGP melakukan refleksi mandiri yang ada pada lms yang terdiri dari refleksi mandiri 1 mengenai gambaran imajiku tentang murid impian di masa depan. Saya menggambarkan murid impian yang saya harapkan ada di lingkungan sekolah dalam jangka waktu 5-10 tahun lagi. Refleksi mandiri 2 mengenai melengkapi kalimat rumpang yang disediakan agar tersusun paragraf yang utuh yang menggambarkan tentang Visi murid dan sekolah yang diidamkan, Sedangkan Refleksi mandiri 3 tentang menyusun rumusan Visi dalam kalimat yang menekankan potensi yang ada dan tergambar jelas pada murid dan sekolah yang sesuai dengan kenyataan dan profil pelajar pancasila.

b.        Eksplorasi Konsep

Pada kegiatan ini, saya belajar memahami pentingnya penyusunan visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan san manajemen perubahan dengan pola pikir positif sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan dengan pendekatan inkuiri apresiatif. Pada Tahap ini saya mempelajari tahapan BAGJA yang terdiri dari Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi bersama, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi.

c.         Ruang Kolaborasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun