Laporan Implementasi Project Based LearningÂ
Dosen Pengampu : Dr. Setiyo Utoyo, M. Pd
Disusun Oleh:
Rahmah Nur Assyura   19022114
Loren Pujana Agustin   20022160
Media Kantong Misteri Sebagai Alat Asesmen Anak Usia DiniÂ
Media kantong misteri merupakan inovasi pembelajaran yang menggabungkan unsur permainan dengan proses asesmen untuk anak usia dini. Melalui pendekatan Project Based Learning (PBL), penggunaan kantong misteri telah menunjukkan efektivitas dalam mengukur perkembangan anak sekaligus menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
A. Deskripsi Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan tiga kantong berbeda yang masing-masing berisi kartu pertanyaan, kartu konsekuensi (hukuman ringan), dan kartu apresiasi. Setiap tim berkesempatan untuk mengambil kartu dari kantong-kantong tersebut secara bergantian. Kantong dibuat dengan warna-warni menarik dan dihias dengan gambar yang sesuai dengan tema pembelajaran.
B. Implementasi Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi beberapa tahap:
a) Tahap Persiapan: Guru menyiapkan media yang telah diberi label dan kartu-kartu yang sesuai dengan indikator penilaian. Kartu pertanyaan disesuaikan dengan tema pembelajaran dan tingkat perkembangan anak.